Senin, 31 Januari 2011

Curhat colongan aaahh (1)

duuuuhh.. sebenernya lagi bingung niih pengen posting apaan di blog. tapi dari pada kelamaan bingungnya, mending curhat aja deh. hahaha
sob, rasanya ga enak banget yak klo kita suka sama orang tapi orang itu ga balik suka sama kita. menyedihkan banget gitu kayanya. tapi ya mau gimana lagi yaa. cinta itu ga bisa dipaksakan. cinta itu biarkan tumbuh dengan sendirinya. ehh tapi cinta itu ga mudah juga lho buat tumbuh. ga kaya rumput yang kian lama kian tinggi dengan cepatnya.
tumbuhnya cinta itu butuh proses sob. tiap orang berbeda beda lho proses bertumbuh kembangnya cinta. klo el sendiri yaa sob, biasanya bisa jatuh cinta sama lelaki tuh klo udah ngerasa nyaman banget sama orang itu, trus paling ga nii ya el udah lumayan tau tentang sii lelaki itu. tapi beda lagi sama temen el. dia jatuh cinta sama orang itu karena terbiasa. terus ada lagi temen el yang laen, proses dia jatuh cinta tuh lama banget coz kudu bener bener mpe kenal banget dah sama itu cowo. ya tapi semua itu balik lagi kya yang el bilang sebelumnya, beda orang ya pasti beda proses gimana dia jatuh cintanya
terus, biasanya ya sob, orang klo udah jatuh cinta tuh apa aja pasti dilakuin buat orang yang dicinta. ehhmmm... kadang el juga gitu sih, tapi hasilnya ga selalu baik sob coz sering banget malah jadi tambah dicuekin. kasian banget siih yaaa saya ini.. tapi tetep aja ya ada orang yang klo dicuekin malah tambah semangat buat ngedapetin cintanya itu. maju terus dah pantang mundur. klo el siih keseringan nyerahnya sob. hehehe. padahal ga boleh tuh putus asa gitu!

o,iya, o, iya, el pernah niih ngomong ke seorang lelaki kaya gini 'jadilah cowo yang hebat ya, karena aku akan berusaha untuk jadi cewe yang hebat juga'. refleks banget tuh el ngomong kaya gitu. tapi ga tau ya itu laki masih inget apa ga sama kata-kata el yang tadi. berharapnya sih masih inget. amin ya Allah..
el kenal sama lelaki itu dari fb, dan ternyata dia temen SMPnya orang yang sekarang jadi temen SMA ku. terus awal rencananya, aku mau dicomblangin sama lelaki itu, tapi ternyata ga jadi. ehh, tapi tanpa sepengetahuan temen el itu, el sempet jadian sama lelaki itu dan cuma sminggu sih. dan selama pacaran, el belum pernah ketemu sama dia. mpe udah putus juga masih belum ketemu.
tapi kita tetep sms'an klo emang lagi ada waktu, coz si lelaki itu kan kerja sekarang. teruuuuuuus...
terus appa yaaaaaa? hehehe..
dilanjut besok besok lagi dah sob. jadi bingung niih mau ngelanjutinnya, habisnya kaya udah ngelantur gini sih bahasanya. bikin mumet.
besok lagi dah y sob... daaaaaaaaahh...

Sabtu, 29 Januari 2011

Diary cintaku 3

Terbiasa denganmu membuat aku berbeda
Terbiasa denganmu membuat aku merasakan cinta
Seperti layaknya lagu,
“Kau yang kuinginkan meski tak ku ungkapkan”
Aku ingin kau merasakannya
Dan aku ingin kau juga punya rasa yang sama
Berusaha memahami perasaanku walau aku tak pernah tau
Dan aku pun berbalas cinta saat aku merasakannya darimu
Aku ingin dirimu
Dan aku mau, kau juga inginkan aku
Tanpa ada rasa egois yang saling menyertai
Hanya sebuah perasaan kecil yang kian lama kian berkembang
Menjadi perasaan cinta yang sebenar-benarnya cinta

Masakan Keasinan??

heeeemm.. buat masakan yang keasinan pas kita masak, bisa niih kita pake kentang atau pepaya mengkal untuk mengurangi rasa asin tersebut. Potong-potong kentang atau pepaya lalu masukkan kedalam masakan, biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, kentang atau pepaya dapat dibuang, atau bisa juga ikut dimakan bersama masakan tersebut.
gampang kaaan cara mengatasinya ^_^

Liat yuukk keistimewaannya wanita!!

Heyy para wanita, mau tau ga siih keistimewaannya kalian sebagai wanita??
Yukk kita liat yuukk bebearapa diantaranya!!

Ø                        Pertama niih Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa pernah ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah, siapa orang yang paling berhak bagi aku untuk berlaku bajik kepadanya?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ayahmu.” (HR. Bukhari, Kitab al-Adab no. 5971 juga Muslim, Kitab al-Birr wa ash-Shilah no. 2548). Nah dari hadist ini kita tau niih, klo wanita terutama seorang ibu lebih diutamakan. Kalo ada ayah dan ibumu yang memanggil secara bersamaan, jawablah panggilan ibumu dulu ya sob! J
Ø                        Barang siapa yang menggembirakan anak perempuannya, derajatnya seumpama orang yang sentiasa menangis kerana takutkan Allah S.W.T. dan orang yang takutkan Allah S.W.T. akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya. Dan kalian tau ga sob? Para orang tua yang tidak menghendaki anak perempuan, itu sama aja lho dengan perilakunya orang jahiliyah yang terkandung sikap tasakhuth (tidak menerima) terhadap apa yang telah menjadi ketetapan dan takdir Allah. Ga mau kan disamain kaya orang jahiliyah???

Sabtu, 22 Januari 2011

Contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi

Contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam aktivitas kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.

*    Bidang pendidikan
  1. Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran yang dikenal dengan sebutan CBE (Computer Based Education), contohnya yaitu CAI (Computer Assisted Instruction) yang digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran.
  2. digunakan untuk menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal latihan maupun ujian.
  3. dapat digunakan untuk proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning).
  4. Komputer digunakan untuk membrowsing materi-materi tugas dengan menggunakan internet, dan menulis serta mengedit tulisan-tulisan dengan menggunakan aplikasi yang tersedia didalam komputer itu sendiri.
  5. Dapat menghemat waktu dan tenaga dalam hal proses pengumpulan dan pengiriman informasi serta yang terkait dengan tugas dari guru ke murid atau sebaliknya, dengan menggunakan e-mail.

*    Bidang Perbankan
  1. Untuk proses Transfer uang
  2. Untuk pengecekan saldo
  3. Untuk pemindahbukuan
  4. Untuk pembayaran tagihan
  5. Sebagai informasi rekening
  6. Sebagai tempat untuk menyimpan data keuangan dari para nasabah, serta data-data dari para staff bank itu sendiri
  7. Dapat digunakan pula untuk system uang elektronik (ATM, kartu kredit, Debit Card, dll)

*    Bidang Kedokteran
1.      Digunakan dokter untuk mendiagnosis penyakit
2.      Untuk menghasilkan sinar-x bergerak (CAT- computer axial tomography)
3.      Dapat membantu orang cacat, seperti menghasilkan alat membaca dengan teks khusus bagi orang tuna netra
4.      Digunakan untuk menyimpan riwayat penyakit pasian, penggajian para karyawan rs, dan mengelola persediaan stock obat-obatan
5.      Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan

*    Bidang Rekreasi
1.      Digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang canggih
2.      dapat digunakan juga untuk permainan computer, permainak arked, permainan video, dll

*    Bidang Penelitian Ilmu pengetahuan
1.      Digunakan untuk mengambil gambar awan dan dikirim kebumi
2.      Digunakan untuk alat-alat yang biasa ada pada laboraturium, seperti mikroskop, timbangan, dll.
3.      Digunakan untuk meneliti angkasa luar
4.      Dan dapat digunakan untuk menyelediki asas dalam sains dan matematik.

*    Bidang Transportasi
1.      Digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas
2.      Digunakan juga pada saat membayar karcis di tol
3.      Di Negara maju, beberapa transportasi sudah dikendalikan oleh computer
4.      Digunakan juga sebagai sensor yang akan memberikan pesan kepada computer pusat

*    Bidang Pemerintahan
1.      Digunakan untuk Pembuatan surat‑surat dan dokumen penting
2.      Digunakan untuk Pencatatan kompetensi penduduk.
3.      Sebagai Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.
4.      Digunakan juga untuk Pelacakan data dan informasi seseorang

Main uno yuukk!!

 Heeeeemm.. udah pada tau kan pastinya dengan permainan yang namanya kartu UNO. Kalo ada yang belum tau, heeeemm gimana yaaaa?? Kartu UNO ini mirip permainannya seperti kartu remi. Tapi jangan salah lho! Kartu UNO yang dimainkan ini, punya keunikan tersendiri. Kartu UNO ini bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih dengan usia minimal pemain adalah 7 tahun. Cara bermainnya ini lho yang bikin unik. Tapi sebelumnya, kita bahas dulu yuk kartu-kartu yang digunakan pada permainan UNO.
Jumlah kartu UNO ini klo  kita hitung sebenarnya ada 110 buah, yang terdiri dari:
Þ    Angka 0 sebanyak 4 buah (merah, kuning, hijau, biru)
Þ    Angka 1-9 sebanyak  72 buah, dengan setiap masing-masing angka memiliki jumlah 2 kartu untuk setiap warnanya (2merah, 2kuning, 2hijau, 2biru)
Þ    2 buah kartu tanpa nomor (Blank Card). Jika ada pemain yang mengeluarkan kartu ini, pemain tersebut berhak meminta nomor yang ia inginkan. Dan pemain berikutnya harus mengeluarkan kartu yang diinginkan oleh pemain yang meminta angka tersebut hingga kartu yang diinginkan keluar.

Rabu, 05 Januari 2011

sekedar info 2

Menghilangkan noda darah:

Untuk pakaian yang terkena darah, sebaiknya jangan direndam dengan air hangat. Rendam saja menggunakan air dingin. Ditambah garam juga boleh. Sebelum direndam, olesi sabun atau detergen pada pakaian yang terkena darah. Rendam beberapa saat. Kemudian kucek, dan bilas dengan air bersih.

Diary cintaku 2

Sebelumnya aku tak merasakannya
Sebelumnya aku tak mengerti apa ini
Tapi…
Setelahnya aku mulai mengerti
Setelahnya aku mulai bisa menafsirkannya
Ini cintaku
Cinta yang aku rasakan padanya
Tanpa dia dan kalian tahu
Tanpa bibirku yang bisa berbicara langsung
Hanya hatiku yang mampu berbicara
Meresapi setiap cinta yang kini terhiasi bunga-bunga
Aku cinta kau…

Tugas ISD_3

HUBUNGAN PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

Penduduk adalah orang-orang yang bertempat tinggal dan menetap disuatu wilayah Negara. Seseorang yang diakui sebagai penduduk akan dicatat secara resmi oleh pemerintah Negara dan diberi tanda pengenal bahwa ia sebagai penduduk. Ada pula yang disebut dengan bukan penduduk, yaitu orang-orang yang berada disuatu wilayah Negara hanya untuk sementara waktu, misalnya wisatawan mancanegara.
Kemudian ekonomi, ekonomi adalah suatu kegiatan manusia dalam usahanya memenuhi kebutuhan guna mencapai kemakmuran. Prinsip ekonomi sendiri adalah asas bertindak yang memakai perhitungan (rasional).
Manusia disebut juga dengan sebutan homo economicus (makhluk ekonomi). Kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya. Makin dewasa kebutuhan manusia akan semakin bertambah. Selain itu jenis kebutuhan pun akan semakin berbeda sesuai dengan perkembangan usia. Manusia sebagai makhluk ekonomi memerlukan beraneka ragam kebutuhan yang harus dipenuhi, yaitu: kebutuhan sandang (pakaian), kebutuhan pangan (makanan dan minuman), kebutuhan papan (rumah), kebutuhan rohani, kebutuhan kesehatan, kebutuhan pendidikan, dan lain sebagainya.
Sebagai makhluk hidup, dalam perkembangannya, manuisa senantiasa mengalami perubahan baik jasmani maupun rohani. Dari sisi jasmani manusia berubah dari bayi menjadi dewasa. Perkembangan ini berpengaruh terhadap jenis-jenis kebutuhan yang dikonsumsi manusia tersebut. Barang-barang yang diperlukan oleh bayi pasti berbeda dengan yang dibutuhkan oleh manusia dewasa.
Perkembangan penduduk dipengaruhi oleh factor kematian, kelahiran, serta migrasi. Dalam perkembangannya, penduduk merupakan salah satu unsur dalam perkembangan perekonomian, bukan merupakan suatu masalah dalam perekonomian. Peran penduduk dalam perekonomian adalah sebagai pasar potensial dan merupakan sumber pasokan tenaga kerja.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yaitu:
Þ           Jumlah dan kualitas penduduk
Þ           Sumber daya modal dan teknologi
Þ           Sistem sosial dan sikap masyarakat 
Þ           Sumber daya alam 
Þ           Luas pasar atau pangsa pasar

Berikut ini merupakan beberapa teori yang berhubungan dengan bagaimana keterkaitannya pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi:

  1. Teori Walt Whitermint Rostow
Membagi tingkat pertumbuhan ekonomi menjadi 5 tahap dan setiap Negara di dunia ini pasti akan mengalami salah satu dari tahapan tersebut.
  1. Masyarakat Tradisional: Masyarakat hidup berpegang pada adat istiadat dan tradisi. Kegiatan ekonominya dilakukan secara turun temurun dan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupya sendiri dan kelompok. Sifat kehidupan sosialnya berdasarkan turun-temurun.
  2. Masa Transisi (The Precondition for Take Off): Ada perubahan nilai-nilai seperti perubahan dalam kegiatan social ekonomi, system politik dan kelembagaan. Masyarakat mulai terbuka terhadap pembaharuan. Adat istiadat mulai bergesar dan terjadi perubahan perekonomian masyarakat dari pertanian ke industri dan perdagangan. Pentingnya pembangunan ekonomi yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan untuk mencapai kemajuan hidup.
  3. Lepas Landas (Take Off): Kehidupan masyarakat telah mengalami perubahan-perubahan yang begitu cepat, baik di bidang politik maupun social ekonomi.Terjadi pembaharuan-pembaharuan, terbentuk pasar-pasar baru, kegiatan ekonomi berlangsung teratur serta terjadi peningkatan penanaman modal produktif 5%-10% dari produk nasional netto. Sektor industri mengalami peningkatan dan tercipta kestabilan polititk dan social sehingga pertumbuhan ekonomi akan terus berlanjut dan keberhasilan tidak lagi harus tergantung pada dunia luar.
  4. Gerakan ke arah Kedewasaan (The Driver to Maturity of Economic): Masyarakat sudah mampu menguasai teknologi produksi yang modern dalam memanfaatkan factor-faktor produksi dan sumber kekayaan alam. Lembaga-lembaga yang bergerak di segala sector kegiatan sudah menjalankan fungsinya dan kegiatan ekopnomi terjadi secara otomatis dan berjkalan sesuai yang direncanakan. Ciri-ciri masyarakat pada tahap ini yaitu:
Þ     Pergeseran peran sector pertanian yg digantikan dengan sector industri yang semakin penting. Pengambil kebijakan di sector produksi adalah orang-orang professional dan jabatannya beralih dari pemilik kepada orang-orang yang professional.
Þ     Masyarakat semakin mencintai lingkungan karena bosan dengan dampak negatif yang selalu tercipta dari industrialisasi.
  1. Masa Konsumsi Tinggi (The Age of High Mass Consumption): Masyarakat tidak disibukkan lagi pada masalah produksi. Mereka lebih tertuju pada bagaimana mengkonsumsi dan meningkatkan kesejahteraan karena tingkat pendapatan per kapita yang begitu tinggi akan diikuti dengan peningkatan konsumsi terhadap barang tahan lama dan barang mewah. Masyarakat tidak lagi memikirkan kebutuhan primer dan sekunder.

  1. Teori Werner Sombart
Dibagi atas tiga tahap berdasarkan susunan organisasi dan ideology masyarakat.
1.       Masa Perekonomian Tertutup: Perekonomian masyarakat masih tertutup hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Kegiatan ekonomi bersifat feudal dikuasai oleh tuan tanah dalam suatu wilayah kekuasaan tertentu, sedangkan perekonomian desa hanya berlaku untuk satu desa tertentu.
2.       Masa Perekonomian Kerajinan dan Pertukangan: Masyarakat tidak hanya berproduksi untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Sudah ada pembagian kerja dan pertukaran. Spesialisasi pekerjaan berdasarkan kemampuan yang dimiliki.
3.       Masa Perekonomian Kapitalis: Para pemilik modal memegang peranan penting dan perekonomian dibagi menjadi 4 tahap:
Þ     Masa kapitalis purba: kehidupan masyarakat masih statis, bertumpu pd sector pertanian, belum mengenal uang, bekerja utk memenuhi kebutuhan sendiri.
Þ     Masa kapitalis madya: kehidupan masyarakat sudah dinamis, ada pembagian kerja, ada pertukaran, sudah mengenal uang.
Þ     Masa kapitalis raya: individualisme menonjol, struktur ekonomi cenderung ke industri dan perkotaan, produksi secara missal dengan alat modern, perdagangan mengarah ke monopoli, usaha semata-mata mencari keuntungan, kelompok masyarakat dibagi 2 yaitu majikan dan buruh.
Þ     Masa kapitalisme akhir / sosialisme: munculnya aliran sosialisme, ada campur tangan pemerintah dlm kegiatan ekonomi, hilangnya kelompok majikan, mengutamakan kepentingan bersama.

  1. Teori Friedrich List
Membagi pertumbuhan ekonomi dengan melihat cara manusia memenuhi kebutuhannya dan jenis pekerjaan yang dilakukannya yang terbagi dalam beberapa tahap. 
1.       Masa Berburu dan Mengembara: Kehidupan manusia masih sangat sederhana, mereka berpindah dari suatu tempat ke tempat lain secara berkelompok. Mereka hanya berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri dengan berburu dan mengambil hasil alam. Belum terjadi pertukaran dan pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin.
2.       Masa Beternak dan Bertani: Mereka mulai berpikir untuk hidup menetap karena makin sedikitnya makanan yang ditemui saat mengembara. Mereka mulai beternak dan bercocok tanam, mereka juga mulai menghasilkan karya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Mereka mulai memikirkan system keamanan dan membangun tempat tinggal secara berkelompok yang lambat laun berubah menjadi desa.
3.       Masa Bertani dan Kerajinan: Manusia tak hanya bertani namun juga membuat berbagai macam kerajinan yang menunjang pertanian, seperti pandai besi dan pertukangan. Sudah terjadi pertukaran barang, terjadi system pembagian kerja dan daerah pemasaran secara meluas.
4.       Masa Kerajinan, Industri dan Perniagaan: Akibat pesatnya kemajuan pada sektor pertanian dan kerajinan sehingga hasilnya dapat dierjualbelikan ke daerah yang lebih luas lagi. Muncul kota-kota sebagai pusat industri dan perdagangan, namun karena banyaknya hasil produksi dan daerah pemasaran yang makin meluas maka timbullah perantara perdagangan dari produsen ke konsumen. Perniagaan tidak lagi antara kota dan desa tetapi sudah meluas dan bersifat nasional dan internasional yang berarti perlu adanya spesialisasi di segala bidang. Hal-hal tersebut terjadi karena kemajuan teknologi, juga makin meluasnya pembagian kerja dan lalu lintas perdagangan.

sumber:

http://www.ziddu.com/download/2374082/EkonomiALFIremidiulangan.doc.html.
- buku Pengetahuan Sosial Ekonomi SMP kelas 1, penerbit Piranti
- buku Pengenalan Sosiologi 3 untuk SMP kelas IX, penerbit Yudhistira

Hanya sekedar

Terkadang, orang yg mencintai itu tidak tau apa yg telah membuatnya mencintai orang lain.
Cinta itu datang tanpa qta tau kapan waktunya, dan cinta itu mulai terasa saat terbiasa dengan sebuah hati.
Manakala cinta tak memilih untuk jadi kekasih, haruskah cinta itu pupus?
Tidak.

Karena cinta akan memilih lebih daripada sebagai kekasih yang hanya didunia.
Cinta akan menetap dihati dan mencari pasangan hatinya yang akan ia tuju hingga akhirat nanti.