Sabtu, 22 Januari 2011

Main uno yuukk!!

 Heeeeemm.. udah pada tau kan pastinya dengan permainan yang namanya kartu UNO. Kalo ada yang belum tau, heeeemm gimana yaaaa?? Kartu UNO ini mirip permainannya seperti kartu remi. Tapi jangan salah lho! Kartu UNO yang dimainkan ini, punya keunikan tersendiri. Kartu UNO ini bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih dengan usia minimal pemain adalah 7 tahun. Cara bermainnya ini lho yang bikin unik. Tapi sebelumnya, kita bahas dulu yuk kartu-kartu yang digunakan pada permainan UNO.
Jumlah kartu UNO ini klo  kita hitung sebenarnya ada 110 buah, yang terdiri dari:
Þ    Angka 0 sebanyak 4 buah (merah, kuning, hijau, biru)
Þ    Angka 1-9 sebanyak  72 buah, dengan setiap masing-masing angka memiliki jumlah 2 kartu untuk setiap warnanya (2merah, 2kuning, 2hijau, 2biru)
Þ    2 buah kartu tanpa nomor (Blank Card). Jika ada pemain yang mengeluarkan kartu ini, pemain tersebut berhak meminta nomor yang ia inginkan. Dan pemain berikutnya harus mengeluarkan kartu yang diinginkan oleh pemain yang meminta angka tersebut hingga kartu yang diinginkan keluar.
Þ    Draw to card (+2) sebanyak 8 buah kartu (2merah, 2kuning, 2hijau, 2biru). Kartu ini hanya bisa dilawan dengan kartu yang sama atau menggunakan kartu +4 (Wild Draw Four). Jika pemain berikutnya tidak memiliki kartu-kartu tersebut, maka pemain itu harus mengambil kartu yang ditumpuk sesuai dengan akumulasi kartu sebelumnya. Contoh: pemain 1 mengeluarkan +2, pemain 2 mengeluarkan +4, pemain 3 mengeluarkan +2, pemain 4 tidak memiliki kartu +2 atau +4. maka si pemain 4 ini harus mengambil kartu dengan jumlah 8, dari 2+4+2=8
Þ    Reserve Card sebanyak 8 buah kartu (2merah, 2kuning, 2hijau, 2biru). Kartu ini digunakan untuk memutar arah urutan main.
Þ    Skip Card sebanyak 8 buah kartu (2merah, 2kuning, 2hijau, 2biru). Kartu ini berfungsi untuk melewati giliran main pemain berikutnya. Jika hanya 1 skip card yang dikeluarkan, maka hanya 1 pemain yang dilewati. Tetapi jika lebih, maka pemain yang dilewati disesuaikan dengan jumlah skip yang dikeluarkan.

Þ    Wild Card Four (+4) sebanyak 4 buah kartu dengan ketentuan bebas memilih warna apa saja bagi si pemain yang mengeluarkan kartu ini. Kartu ini hanya bisa dibalas dengan kartu sejenisnya.
Þ    Wild Card (kartu berubah warna) sebanyak 4 buah. Kartu ini memang tidak memiliki angka, tetapi kartu ini digunakan bukan untuk meminta angka, melainkan untuk meminta warna kartu yang si pemain inginkan. Pemain yang mengeluarkan kartu ini berhak meminta warna, dan pemain berikutnya harus mengeluarkan warna yang diinginkan oleh si pemain yang meminta.

Nah, kartu-kartunya udah dibahas. Sekarang kita bahas tentang bagaimana sih cara bermain UNO.

Setelah kartu UNO dikocok (acak), setiap pemain akan diberikan 7 kartu. Sisa kartu yang masih banyak diletakkan telungkup. Ambil satu kartu dari kartu yang telungkup tersebut sebagai patokan warna apa yang akan dikeluarkan terlebih dahulu oleh si pemain pertama. Pemain berikutnya harus mengeluarkan kartu dengan warna yang sama seperti warna kartu yang dikeluarkan oleh pemain sebelumnya. Tetapi jika si pemain berikutnya ini tidak memiliki warna kartu yang sama, pemain ini dapat mengeluarkan kartu dengan angka yang yang sama pada kartu sebelumnya walau dengan warna kartu yang berbeda. Kalo ga ada juga, si pemain harus mengambil kartu yang tertutup (nyangkul gitu deh istilahnya). Begitu seterusnya. Jika tidak bisa mengeluarkan kartu yang berangka, pemain juga bisa mengeluarkan kartu lain yang memiliki warna yang sama, contohnya seperti Skip card, Reverse card, Draw Two, Wild Draw Four, Wild Card, atau kartu tanpa angka sekalipun untuk meminta angka.
Disarankan, lebih baik mengeluarkan kartu yang hanya ada 1 jumlahnya di deretan kartu kamu. Jika memiliki kartu dengan angka yang sama tapi dengan warna yang berbeda, serta berjumlah lebih dari 1, lebih baik dikeluarkan secara bersamaan. Kemudian jika kartu kamu sudah tinggal 1 yang kamu pegang, kamu sebagai pemain wajib bilang “UNO!!” yang artinya satu dalam bahasa Spanyol. Jika pemain yang kartunya tinggal 1 tetapi tidak bilang “UNO!!”, malah pemain lain yang mengatakan “UNO!!” serta menunjuk kartu pemain yang tinggal satu, maka si pemain yang  kartunya tinggal 1 ini harus mengambil 2 kartu dari kartu tumpukan yang telungkup. Khusus untuk kartu Draw Two dan Wild Draw Four, biasanya digunakan ketika salah seorang pemain ada yang hanya tinggal memiliki satu kartu saja.
Pemain yang menang adalah pemain yang kartunya habis duluan. Kalau diaturan permainan aslinya, pemain yang menang itu harus memiliki jumlah skor yang lebih tinggi dari pemain lainnya yaitu 500 point. Tapi, berhubung yang kartunya habis terlebih dahulu itu lebih mudah dianggap menangnya, jadi kebanyakan para pemain UNO yang habis duluan adalah yang menang pertama. Dan biasanya, biar tambah seru, setiap yang kalah dalam permainan ini akan dikenakan hukuman. Bukan hukuman yang berat lho! Paling Cuma sekedar dicoret-coret mukanya pake bedak atau tepung. Hihhiiihi…

Menyenangkan ya main UNO

2 komentar:

  1. Bagaimana cara memainkan blank card? Tanpa angka tanpa warna warni

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara memainkan blank card? Tanpa angka tanpa warna warni

    BalasHapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^