Jumat, 06 Mei 2011

Manusia Yang Pertama kali Mengerjakan Shalat

Assalamu’alaikum. . . . .
(tolong dijawab yaaaa ^_^)


Hmmm… kali ini saya mau nulis tentang shalat niih. Para umat muslim sekalian pasti kan mengerjakan shalat wajib 5 waktu. Nah, disini pengen ngupas sedikit niih tentang siapa siih yang pertama kali mengerjakan sahalat lima waktu itu. Oke deeeh..

Check this out!!!


Subuh
Manusia pertama yang mengerjakan shalat shubuh adalah Nabi Adam a.s. yaitu ketika beliau keluar dari surga lalu diturunkan ke bumi. Hal pertama yang dilihat oleh Nabi Adam a.s. adalah kegelapan, dan beliau merasa takut yang teramat sangat. Nah. Apabila fajar subuh telah keluar, Nabi Adam a.s. pun bersembahyang dua rakaat.


Zuhur
Nabi Ibrahim a.s. adalah nabi pertama yang mengerjakan shalat zuhur, yaitu tatkala Allah swt memerintahkan pada Nabi Ibrahim a.s. untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail a.s. seruan itu datang pada waktu tergelincirnya mataharo, dan sujudlah Nabi Ibrahim a.s. sebanyak empat rakaat.

Ashar
Kemudian ada Nabi Yunus a.s. yang pertama kali mengerjakan shalat ashar ketika beliau dikeluarkan oleh Allah swt dari perut ikan Nun. Saat itu ikan Nun memuntahkan Nabi Yunus a.s. di tepi pantai dan bertepatan dengan waktu ashar. Maka bersyukurlah Nabi Yunus a.s. dengan bersembahyang empat rakaat karena telah diselamatkan oleh Allah swt.

Maghrib
Nabi Isa a.s. adalah manusia yang menjalankan shalat maghrib pertama kali. Beliau mengerjakan shalat maghrib ketika Allah swt mengeluarkannya dari kejahilan dan kebodohan kaumnya, dan pada saat itu tepat sekali dengan waktu terbenamnya matahari. Lalu bersembahyanglah Nabi Isa a.s. tiga rakaat sebagai tanda syukur karena telah diselamatkan dari kejahilan tersebut.

Isya’
Siapa yang tak kenal dengan Nabi Musa a.s.? nah beliau inilah manusia pertama yang mengerjakan shalat isya’. Ketika itu Nabi Musa a.s. tersesat dalam mencari jalan keluar dari negeri Madyan, sedang dalam dadanya penuh dengan perasaan dukacita. Lalu Allah swt. Menghilangkan perasaan dukacita tersebut pada waktu isya’ yang akhir. Dan sebagai tanda syukur kepada Allah swt., sembahyanglah Nabi Musa empat rakaat.

Nah… udah pada tau kaaaan jadinya siapa siih manusia yang pertama kali menerjakan shalat. Dan ternyata, pada awalnya shalat itu ga dilaksanan sekaligus 5 waktu oleh satu orang, melainkan sendiri-sendiri dahulu dengan masa yang berbeda-beda pula. Dan akhirnya, pada masa Rasulullah shalat menjadi satu yaitu 5 waktu, Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya’. So, jangan pada males-males shalat yaaak!!
*xixixixi jadi inget sama diri sendiri deeh suka males shalat*
Pokoknya saling instrospeksi diri aja deeh yaaa teman-teman (termasuk saya sendiri!), karena shalat itu sudah menjadi kewajiban kita para umat muslim yang beriman.

Wassalamu'alaikum. . . .



sumber:
Majalah Hidayah Tahun 5 - Edisi 56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^