Minggu, 19 Juni 2011

Manusia dan Kegelisahan

Eiiiiiiittssss!!! Apa siih kegelisahan itu???
Hmmm.. Kegelisahan itu berasal dari kata gelisah (bukan geli geli basah yaaaa –khusus buat cowok piktor-), yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Atau kalau anak muda zaman sekarang, biasanya sih bilangnya galau gitu deeeh cyiiiiiiin.... ~(-__-)~
Penyebab gelisah, apa yaaaa??? Apa yaaaa??
Biasanya siih yaaaa... orang yang mengalami kegelisahan itu adalah orang yang takut akan kehilangan hak-hak ataupun segala sesuatu yang dimiliki oleh orang tersebut. Contohnya, seorang Ibu begitu gelisah ketika anak perempuannya belum pulang padahal jam dinding sudah menunjukkan pukul 11.00 malam. Kenapa si Ibu bisa gelisah?? Yaaa iyaa dong so pasti si Ibu bakalan ngerasa gelisah, karena eh karena si Ibu merasa takut atau cemas seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan hingga si Ibu harus kehilangan si anak perempuannya.
Tingkah orang yang gelisah \[>_____<]/
Orang yang gelisah biasanya kaya apa siih tingkah-tingkahnya?? Hmmmm.... kalau dari sepenglihatan saya selama melihat beberapa orang yang gelisah, biasanya orang gelisah itu tuh kerjaannya mundar mandir ga jelas (persis kaya setrikaan), duduknya ga tenang (kadang suka geser sana geser sini), mukanya itu ga banget (harap harap cemas gitu deeeh), kadang ada juga yang garuk-garuk kepala (bukan ketombean lho yaaa!!), malas bicara, keringat dingin juga bisa, terus yang lebih parah kadang sampai ada yang paranoid alias kegelisahan atau kecemasan yang berlebihan sampai memikirkan hal-hal yang diluar batas kemungkinan. Dan masih banyak lagi tingkah pola orang yang lagi gelisah. Kalau kamu sendiri kaya gimana kalau lagi gelisah?? ~(^-^~) (~^-^)~
Akibat dari si gelisah ini apa siiiih???
Kegelisahan itu menggambarkan seseorang tidak tenteram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Naaaaaaaaahh, jadi si gelisah ini bisa bikin si yang mengalami gelisah jadi ga tenang banget dalam hal apapun, terus bertingkah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dan yang paling sering terjadi adalah si gelisah ini bisa bikin frustasi juga lho!! So, jangan kebanyakan gelisah deeh teman-teman!!
Cara mengatasi kegelisahan
Sebenarnya, semua itu kembali lagi terhadap pribadi dari masing-masing orang. Tapi yang paling utama untuk menghilangkan rasa gelisah itu sendiri adalah ketenangan. Orang yang gelisah harus menenangkan dirinya bagaimanapun caranya. Kebanyakan orang menghilangkan rasa gelisahnya dengan cara berlibur. Tapi yang lebih efektif adalah beribadah dan berdoa memohon ketenangan batiniah dari sang pencipta  (‘’’’)^__^(‘’’’).
Setelah tenang (tapi masih ada gelisahnya sedikit), orang itu harus berfikir realistis. Bukan berfikir secara paranoid. Berfikir bahwa semua akan baik-baik saja. Jika fikiran masih terlalu sulit untuk dikendalikan, bacalah buku-buku yang banyak mengandung kalimat-kalimat positif. Bisa juga dengan bercerita kepada orang yang tepat dan dipercaya untuk mendengarkan segala kegelisahan yang ada, dan si orang yang mendengarkan cerita tersebut harus memberikan masukan-masukan yang positif kepada orang yang gelisah itu.

Hmmmmmmm... Cuma segini aja nih yang bisa el bahas tentang manusia dan kegelisahan, kurang lebihnya mohon maap yaaaaa ~(^_______^)~ 



Sumber: 
Buku Ilmu Budaya Dasar 
Pengalaman pribadi 
Mbah google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^