Kamis, 28 Juli 2011

Pascal_Intro part 1

Implementasi program :











 Saat di compile :











Hasil output :













Logika:

USES CRT: USES digunakan untuk memanggil unit library pascal. Sementara itu, pada unit CRT terdapat implementasi fungsi BIOS untuk screen (layer) dan interface keyboard.  

VAR: Merupakan suatu deklarasi variabel yang memiliki nilai yang dapat berubah-ubah. Pada program ini, variable yang digunakan adalah a dan b.

STRING: Nilai data string merupakan urut-urutan dari karakter yang terletak di antara tanda petik tunggal. Nilai data string akan menempati memori sebesar banyaknya karakter stringnya ditambah 1 byte. Bila panjang dari suatu string di dalam deklarasi variable tidak disebutkan, maka di anggap panjangnya adalah 255 karakter.  

BEGIN: Suatu perintah untuk memulai program.

CLRSCR: Berfungsi untuk membersihkan layar dari data sebelumnya agar tampilan output tidak bertumpuk-tumpuk. 

WRITELN: Merupakan perintah untuk mencetak output yang telah di input secara langsung maupun secara manual. Setelah menampilkan data atau teks, kursor akan berada tepat disamping kanan data yang ditampilkan. Writeln akan menampilkan hasil dengan berganti baris dan tampilan berikutnya tidak akan disambung dalam baris yang sama. Bentuk umum: Writeln (nama variable); . Pada program ini WRITELN digunakan untuk mencetak Masukkan Nama, Masukkan NPM, Nama saya, dan NPM saya.  

READLN: Merupakan perintah output dalam pascal yang digunakan untuk membaca input dengan berganti baris. Ketika tombol enter ditekan, maka akan berganti baris.  Dengan bentuk umum: Readln (nama variable); . Pada program ini READLN digunakan untuk membaca input pada variable a dan b.

END. : Suatu perintah yang menandakan bahwa program telah berakhir atau selesai dibuat. END ditulis pada akhir pembuatan program dengan menggunakan titik setelah penulisan kata tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^