Rabu, 09 November 2011

Mari Membangun Organisasi yang Baik

A.     LATAR BELAKANG

Apa itu organisasi? Organisasi berasal dari bahasa Yunani (organon – alat), yaitu suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Terdapat pula beberapa definisi lain tentang organisasi, diantaranya:
·       James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·            Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·      Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
·            Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .
        
Dalam organisasi, ada yang disebut dengan organisasi formal dan organisasi nonformal. Organisasi formal adalah suatu system kerjasaa yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dikoordinir untuk mencapai suatu tujuan yang ditetapkan secara rasional. Sedangkan organisasi informal adalah suatu system kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang tidak dikoordinir untuk mencapai tujuan yang disadari tapi akhirnya mempunyai tujuan bersama, dimana kedudukan dan fungsi-fungsi yang dilakukan tampak kabur.
       
Bicara mengenai organisasi, pasti tak akan lepas juga dari bagaimana karakteristik organisasi yang baik dan bagaimana karakteristik organisasi yang tidak baik. Dan dalam kehidupan sehari-hari pun, kita sudah termasuk kedalam suatu organisasi. Karakteristik organisasi yang baik itu umumnya setiap orang melihatnya pertama kali dari bagaimana cara pemimpin suatu organisasi dapat me-manage anggota-anggota organisasinya dan bagaimana juga tujuan pasti dari organisasi yang didirikan tersebut. Baik atau tidaknya organisasi juga dipengaruhi oleh keadaan masyarakat dari sekitar organisasi tersebut didirikan. Untuk itulah betapa pentingnya peran semua bagian dari organisasi dan masyarakat sekitar untuk menciptakan organisasi yang baik.


B.      MASALAH 
Dari latar belakang diatas dapat diambil permasalahan yaitu bagaimanakah karakteristiknya suatu organisasi yang baik secara utuh untuk suatu organisasi baik formal maupun informal. Karena untuk mewujudkan tujuan bersama dalam suatu organisasi, hal yang paling utamanya adalah bagaimana membentuk organisasi tersebut menjadi organisasi yang baik terlebih dahulu. Setelah tercipta organisasi yang baik, berbagai macam tujuan yang ingin dicapai pasti akan lebih mudah untuk direalisasikan untuk kesejahteraan para anggota organisasi tersebut. Kemudian bagaimanakah karakteristik organisasi yang tidak baik dan harus dihindari oleh para pendiri suatu organisasi, terutama organisasi formal.


C.      LANDASAN TEORI

Dalam membangun suatu organisasi yang baik, sangat dibutuhkan kepemimpinan atau kepemerintahan yang baik juga. Menurut PP No. 101 / 2000 berikut ini adalah prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik:
1.       Profesionalitas
2.       Akuntabilitas
3.       Transparansi
4.       Pelayanan Prima
5.       Demokrasi
6.       Efisiensi
7.       Efektivitas
8.       Supremasi Hukum 

Kemudian Menurut UNDP ( 1997 ) prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik itu harus:
1.       Partisipasi
2.       Rule of Law
3.       Transparansi
4.       Daya Tanggap
5.       Berorientasi Konsensus
6.       Berkeadilan
7.       Efektif dan Efisien
8.       Akuntabilitas
9.       Berorientasi Strategis
10.     Saling Keterkaitan

Secara umum berikut ini adalah karakteristik organisasi yang baik:
1.       Appropriate
2.       Adequate
3.       Effective
4.       Efficient
        
        Kemudian berikut ini adalah karakteristik organisasi yang tidak baik dan harus dihindari:
1.       Pengambilan keputusan seringkali terlambat ataupun seringkali kurang baik.
2.       Organisasi tidak mampu bereaksi dengan baik terhadap perubahan kondisi lingkungan.
3.       Dalam organisasi seringkali terjadi pertentangan.


 D.      PEMBAHASAN MASALAH

Sebuah organisasi yang baik dimulai di bagian atas dan bekerja jalan ke bawah. Sebuah organisasi yang baik akan memiliki manajemen yang kuat yang tahu tujuan dan bagaimana menuju ke sana. Manajemen akan menjadi pemimpin besar yang dapat siap untuk setiap rintangan yang akan datang jalan dan dapat memimpin orang lain meskipun perbedaan dalam kepribadian dan pendapat. Di bawah mereka, mereka harus memiliki tenaga kerja bersatu yang menghormati atasan mereka dan menikmati apa yang mereka lakukan dan berpendidikan, baik oleh sekolah dan majikan, sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Sebelumnya, kita jabarkan terlebih dahulu apa saja ciri-ciri dari organisasi itu, yaitu:
1.       Adanya komponen ( atasan dan bawahan).
2.       Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
3.       Adanya tujuan.
4.       Adanya sasaran.
5.       Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
6.       Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Telah disinggung sebelumnya tentang karakteristik umum dari suatu organisasi yang baik, yang pertama adalah appropriate yang berarti layak. Maksudnya layak disini adalah apakah organisasi tersebut sah atau tidak sah dalam berdirinya. Suatu organisasi yang baik harus memiliki izin atas pendiriannya, dan hal ini biasanya dilakukan oleh suatu organisasi formal.  Namun sudah banyak pula organisasi non formal yang juga telah memiliki izin dalam pendiriannya.

Kemudian yang kedua adalah adequate, yaitu memadai atau mampu. Dalam hal ini organisasi harus memadai dalam berbagai hal, dimulai dari tempat yang memadai sebagai tempat berkumpulnya suatu organisasi, anggota yang memadai untuk dikatakan sebagai suatu organisasi, kemampuan pemimpin serta para anggotanya yang memadai untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan dalam organisasi yang didirikannya. Organisasi ini juga harus mampu untuk mencapai tujuan bersama dengan bekerjasama antar atasan hingga bawahan dalam organisasi tersebut.

Yang ketiga dan keempat adalah effective dan efficient, yaitu efektifitas dan efisien atau ketepatan. Setiap organisasi harus memiliki tujuan yang jelas dengan komponen atau atasan serta bawahan yang baik dalam me-manage segala hal yang bersangkutan dengan tujuan dari organisasi tersebut. Suatu organisasi yang baik harus memiliki sasaran yang tepat. Bentuk organisasi yang berdasarkan sasarannya ada beberapa macam menurut J. Winardi , yaitu:
1.   Organisasi berorientasi pada pelayanan (service organizations), yaitu organisasi yang berupaya memberikan pelayanan yang profesional kepada anggotanya maupun pada kliennya. Selain itu siap membantu orang tanpa menuntut pembayaran penuh dari penerima servis.
2.  Organisasi yang berorientasi pada aspek ekonomi (economic organizations), yaitu organisasi yang menyediakan barang dan jasa sebagai imbalan dalam pembayaran dalam bentuk tertentu.
3.       Organisasi yang berorientasi pada aspek religius (religious organizations)
4.       Organisasi-organisasi perlindungan (protective organizations)
5.       Organisasi-organisasi pemerintah (government organizations)
6.       Organisasi-organisasi sosial (social organizations)

Selain dari keempat karakterisik umum tentang bagaimana organisasi yang baik tadi, ada juga pendapat lain yang mengatakan tentang ciri-ciri organisasi yang baik, yaitu:
1.       Terdapat tujuan yang jelas, tanpa adanya tujuan yang jelas pelaksanaan tugas tidak akan mempunyai arah
2.      Tujuan organsiasi dipahami oleh seluruh anggota apabila anggota tidak atau kurang paham akan tujan organisasi, partisipasi dari anggota akan sulit dilaksanakan
3.       Tujuan organisasi harus dapat diterima oleh anggota, apabila tujuan orgranissi tidak atau kurang dapat diterima anggota , rasa keterikatan anggota akan hilang sehingga anggota sulit untuk digerakkan
4.       Pembagian tugas yang seimbang agar tidak menumbulkan frustasi
5.       Struktur organisasi disederhanakan sesuai dengan beban tugas organisasi

      Dari penjabaran tentang karakteristik atau ciri-ciri suatu organisasi yang baik dapat kita ambil pendapat bahwa untuk membangun organisasi yang baik harus memiliki pemimpin yang baik pula dengan karakter sebagai berikut:
1.       CHARACTER, yaitu pemimpin yang memiliki Akhlak yang baik
2.       CONCEPT, seorang pemimpin harus Memiliki wawasan dan program organisasi yang baik
3.       COMPETENCE, pemimpin juga harus punya Kemampuan untuk mengembangkan organisasi
4.       CONNECTION, Mampu menciptakan jejaring kerja internal dan eksternal
5.   COMITMENT, yang paling penting adalah Kemauan yang kuat untuk mengembangkan organisasi

Selain pemimpin, untuk membangun organisasi yang baik juga diperlukan hubungan kerja sama yang baik antar pemimpin dengan para anggotanya (atasan dengan bawahannya) dengan saling menjalin komunikasi yang baik pula. Dengan komunikasi ini dapat mencerminkan kejelasan berita/perintah yang diberikan dari atasan kepada masing-masing anggota. Komunikasi ini sangat berguna dalam menciptakan suasana kerja sama antara atasan dan bawahan yang dilandasi dengan saling pengertian karena adanya komunikasi informal yang efektif.

Organisasi juga harus memiliki tujuan yang jelas dengan sasaran yang jelas seperti yang telah disinggung sebelumnya. Setiap organisasi juga harus memiliki aturan-aturan yang digunakan untuk menghindari terjadinya kesemena-menaan antara atasan dan bawahan. Sekalipun atasan yang membuat peraturan tersebut, tetap atasan harus mengikuti tata tertib yang ada. Bukan malah mengabaikannya dan merasa bahwa atasanlah yang paling berkuasa. Dalam hal ini jugalah diperlukan adanya koordinasi. Koordinasi adalah fungsi yang harus dijalankan oleh seorang atasan agar terdapat suatu komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan sehingga tercapai tujuan organisasinya. Untuk mendorong terlaksananya koordinasi, atasan dapat memberikan latihan dan training pada bawahannya, kemudian menciptakan suasana kerja yang nyaman dan sebagainya.

Diperlukan management yang baik pula untuk mengatur dan mengolah sumber daya dari suatu organisasi agar dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kepentingan anggotanya. Ada juga system, yang dapat menunjang berjalannya operasional organisasi. Dan diantara semua yang diperlukan untuk membangun organisasi yang baik, satu inilah yang paling menentukan, yaitu human resource atau sumber daya manusia. Management atau system tidak akan berjalan dengan baik jika sumber daya manusia tidak dapat mendukungnya. Untuk itu diperlukan tenaga professional yang dapat mendukung berjalannya sebuah organisasi melaui proses penyeleksian.

Untuk membangun organisasi yang baik juga memerlukan teknologi informasi yang mendukung. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi informasi sudah menjadi salah satu komponen penting dalam organisasi. Baik itu dalam menunjang operasional ataupun sebagai lembaga pembelajaran anggotanya yang mungkin kita kenal sekarang dengan istilah e-learning organization atau bahkan knowledge-based organization. Agar dapat menggunakan teknologi informasi ini dengan baik dan benar, biasanya para atasan akan memberikan pelatihan dan pengembangan bagi para bawahannya.

Faktor dari lingkungan sekitar tempat suatu organisasi itu berdiri juga akan mempengaruhi perkembangan organisasi teresebut akan menjadi lebih baik atau lebih buruk.


E.      PENUTUP

E.1. KESIMPULAN

Dari materi yang telah dibahas sebelumnya dapat kita tarik kesimpulan bahwa untuk membangun organisasi yang baik itu diperlukan pemimpin yang baik, management serta system yang baik, koordinasi yang baik antar atasan serta bawahan, teknologi informasi, tujuan dan sasaran yang jelas, serta kerjasama antara tiap anggota dengan anggota, atasan dengan atasan, dan atasan dengan bawahan. Ditambah juga dengan keadaan disekitar tempat organisasi tersebut berdiri juga akan mempengaruhi perkembangan dari organisasi tersebut. Dan sumber daya manusia menjadi hal yang paling utama dalam penentuan baik atau tidaknya suatu organisasi akan berdiri, karena dari sumber daya manusia inilah yang nantinya akan menjalankan suatu organisasi.


E.2. SARAN

Bagi para pendiri suatu organisasi sangat diharapkan agar bisa bertanggungjawab atas nama organisasi yang didirikannya. Saat organisasi yang didirikan telah menjadi suatu organisasi yang meresahkan masyarakat sekitar, wajib bagi para keanggotan termasuk atasan dari organisasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang menyebabkan resahnya masyarakat sekitar. Bukan malah semakin menambah anarkisme yang menyebabkan perkelahian dengan masyarakat sekitar. Organisasi yang baik pasti akan membangun hubungan yang baik juga dengan masyarakat disekitarnya, bukan semakin memperkeruh keadaan masyarakatnya atau lari dari setiap permasalahan yang terjadi.





sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^