Senin, 19 Maret 2012

permintaan, penawaran, keseimbangan_softskill part 2

Back to blog el *eaaaaa..eaaaa...*

Setelah beberapa minggu yang lalu el upload untuk tugas pertama mata kuliah Teori Organisasi Umum, sekarang el upload tugas lagi nih. Tugas yang kedua. Okeee ga usah banyak basa basi lagi deh yaaa, cekidot yuuuuuuuuuks!!!

Untuk tugas yang kedua ini el dapet 4 pertanyaan yang terdiri dari 3 nomer untuk tema pertama tentang permintaan, penawaran, dan keseimbangan keduanya, sementara 1 nomer lagi untuk tema kedua tentang biaya produksi. Tapi yang el posting ini yang tema pertama aja yaaa. Tema keduanya menyusul..

Langsung deh yuks kita bahas!!!


Permintaan >> permintaan adalah keseluruhan jumlah barang atau jasa yang bersedia diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.

Hukum permintaan :
Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang bersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia di minta.

Nah.. pada hukum permintaan ini berlaku asumsi ceteris paribus yang artinya hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah atau dianggap tetap.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
Sebelum dikasih tau nih yaa apa aja faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, el mau kasih contoh dulu nih tentang permintaan. Begini contohnya:












“Berdasarkan daftar belanjaan Desi di atas menunjukkan bahwa pada saat harga jeruk sebesar Rp4.500,00, Desi akan membeli jeruk sebanyak 140 kg. Ketika harga Rp6.000,00, maka Desi hanya akan membeli jeruk sebanyak 20 kg. Kesediaan Desi untuk membeli jeruk dalam berbagai jumlah pada tingkat harga tertentu merupakan contoh permintaan. Pada saat Desi menyusun daftar permintaan jeruk, apakah hanya mempertimbangkan harga saja? Tentunya tidak, bukan? Desi juga harus mempertimbangkan uang yang dimilikinya. Jika uang yang tersedia dapat digunakan untuk memenuhi keinginan Desi untuk membeli jeruk maka permintaan jeruk dapat terjadi.”

Naaaaaaaaah, dari contoh di atas, kita bisa tau nih apa aja sih faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan. *tadaaaaa....* ini dia faktor-faktornya:
1.Harga barang itu sendiri > jika harga naik jumlah permintaan akan meningkat, sedangkan jika harga turun maka jumlah permintaan barang akan menurun.
2.Harga barang subtitusi (pengganti) > jika harga barang subtitusi lebih murah, maka orang akan beralih pada barang tersebut. Namun jika harga barang subtitusi lebih mahal, maka orang akan tetap menggunakan barang yang semula.
3.Harga barang komplementer (pelengkap) > contohnya sepeda motor, barang komplementernya adalah bensin. Jika harga bensin naik, maka kecenderungan untuk membeli motor akan berkurang, begitu juga sebaliknya.
4.Selera konsumen > jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat.
5.Intensitas kebutuhan konsumen >> jika kebutuhan terhadap barang atau jasa sangat mendesak maka permintaan konsumen terhadap barang atau jasa tersebut menjadi meningkat, begitupun sebaliknya.
6.Perkiraan harga di masa depan > jika memperkirakan suatu saat harga akan naik, maka konsumen akan cenderung menambah jumlah barang yang dibeli saat ini. Sedangkan jika memperkirakan suatu saat harga akan turun, maka konsumen akan mengurangi jumlah barang yang dibeli saat ini.
7.Jumlah penduduk > jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta akan meningkat.
8.Pendapatan atau penghasilan konsumen > jika pendapatan besar maka konsumen akan membeli banyak barang yang diinginkan, sedangkan jika pendapatan kecil maka konsumen hanya akan membeli sedikit barang yang diinginkan.

Eh iyaaaa, ternyata permintaan juga dibagi menjadi 2 lhooo..
  1. Permintaan menurut daya beli:
-                 Permintaan efektif
-                 Permintaan potensial
-                 Permintaan absolut
  1. Permintaan menurut jumlah subjek pendukungnya:
-                 Permintaan individu
-                 Permintaan kolektif

Finish dengan pembahasan tentang permintaan, yuks kita bahas tentang penawaran!!

Penawaran >> Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang yang bersedia ditawarkan pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.

Hukum penawaran
Semakin tingi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
1.Harga barang itu sendiri > jika harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat, begitupun sebaliknya.
2.Harga barang pengganti > jika harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan.
3.Biaya produksi > jika biaya produksi meningkat, maka harga barang yang diproduksi akan tinggi dan menawarkan jumlah barang produksi dalam jumlah yang sedikit.
4.Kemajuan teknologi > adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa.
5.Pajak > merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk yang sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika harga suatu barang menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.
6.Perkiraan harga di masa depan >> jika produsen memperkirakan harga barang dan jasa naik suatu saat nanti, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka produsen akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.

Naaaaaaahh.. sama dengan permintaan, penawaran juga terbagi menjadi beberapa macam lhooo...
-          Penawaran individu, dan
-          Penawaran kolektif

Permintaan dan penawaran kelaaaaaaar. *yeeeeeeyy...* eh iya, tapi masih ada satu pembahasan lagi nih, yaitu tentang keseimbangan antara permintaan dan penawaran.
Permintaan itu selalu berhubungan dengan pembeli, sementara penawaran berhubungan dengan penjual. Apabila penjual dan pembeli bertemu dan berinteraksi maka terjadilah kegiatan jual beli yang akan melalukan tawar menawar untuk mencapai kesepakatan harga. Harga yang kemudian disepakati oleh kedua belah pihak disebut dengan harga pasar. Pada harga tersebut jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang diminta, naaaah jadilah harga keseimbangan atau ekuilibrium. Jadi, permintaan dan penawaran akan berada dalam keseimbangan pada harga pasar jika jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.
Berikut ini merupakan gambar dari keseimbangan antara permintaan dan penawaran:


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^