Sabtu, 07 April 2012

MODIFIKASI Rok SMP

Heeeeyy.. sodara sodara pembaca blog tercinta #ecieeehh..
Back to my blog, Serba Curat Curet El..

Welcome yaaa buat yang pada baru baca blognya mbak el #hehhee... *berasa laku banget blognya*

Kali ini mbak el mau berbagi tips untuk mendesain ulang rok SMP yang masih bisa dipake tapi ga keliatan banget SMP-nya. Gimana caranya?? Yuuuks kita cekidoooot!!!
Bagi kalian yang punya rok SMP yang tipe roknya itu rok panjang, kalo ada yang masih muat lebih baik jangan dibuang karena kita bisa mendekor ulangnya lhooo. 

Nah, bahan-bahan serta perlatan yang digunakan itu ada apa aja sih?? Yuuuks mareeee...


Bahan-bahan:
-          Rok SMP biru yang panjang
-          Pita berwarna putih
-          Renda berwarna putih dengan campuran warna emas

Peralatan:
-          Jarum jahit
-          Gunting
-          Benang berwarna putih
-          Jarum pentul
-          Mesin jahit

Bahan sama peralatan udah siap, sekarang kita mulai mendekor ulang. Yeaaaaayy..

Dekor versi mesin jahit:

Buat temen-temen yang ada mesin jahit dirumah dan bisa menggunakannya ato bisa juga ke tukang vermak , mungkin bisa teman-teman pakai dan laksanakan segera agar lebih menghemat waktu dan mengurangi beban kecapekan #hihhii...

Pertama, temen-temen jahitkan secara melingkar renda-nya terlebih dahulu. Setelah itu, untuk menutupi bekas jahitan pada renda, temen-temen bisa timpa dengan pita yang senada dengan warna renda. Pitanya juga dijahit lhooo yaa.. karena pake mesin jahit, jahitan pada pita pasti akan terlihat rapi jika dibandingkan dengan jahit menggunakan tangan.

Nah, kedua, kalo udah selesai, temen-temen bisa memberi jeda atau jarak pada rok untuk menjahitkan kembali renda seperti pada tahap yang pertama.

Ulangi langkah pertama dan kedua lagi kalo temen-temen mau menjahitkan renda dan pitanya itu sampai beberapa tahap.

Dekor versi jahit menggunakan tangan:

Nah buat temen-temen yang ga ada mesin jahit dan malas ke tukang jahit misalnya, temen-temen juga bisa jahit menggunakan cara biasa pake tangan. Tapi dengan tangan ini temen-temen harus ounya waktu luang lebih banyak, karena ini memakan waktu yang lebih lama, tenaga ekstra, dan ketelitian yang tinggi #azzzzz...

Okeee, pertama, temen-temen pasang rendanya terlebih dahulu secara melingkar pada rok, dan sematkan jarum pentul agar rendanya ga lari kemana-mana *kayak lagi dikejar satpol pp aja*

Kedua, temen-temen jahit renda tersebut dengan menggunakan tusuk jelujur. Itu lhooo yang jahitan benangnya itu jarang-jarang.. ehhmmmm... kayak gini nih gambarnya:



Kalo udah kelar itu jarum pentulnya jangan lupa dicopot yaaak.

Ketiga, temen-temen timpa bekas jahitan pada renda itu pake pita warna putih *sama kayak proses menggunakan mesin jahit*

Nah, kalo dengan jahit tangan ini, temen-temen jangan menggunakan tusuk jahitan yang sama kayak mesin jahit. Kenapa?? Karena hasil tangan sama mesin jahit untuk tusuk jahitan sejenis ini sangatlah beda lhoooo. Kalo pake tangan malah keliatan banget ga rapi. Terus gimana doooongs?

Ahaaaa!!! *muncul lampu tiba-tiba di atas kepala*

Temen-temen bisa menggunakan jenis tusuk yang lain. Contohnya kayak yang mbak el pake ini. Tapi maap yaa temen-temen sekalian, mbak el lupa apa nama tusuk jahitnya. #hehhee... eeehh tenang sodara-sodara sekalian! Biarpun lupa nama tusuknya tusuk apa, mbak el akan kasih liat gambarnya biar temen-temen ga bingung:



Kalo udah kelar nih ngejahit renda sama pita periode 1-nya *udah kayak pemilu aja*, sama tahapannya lagi kayak yang menggunakan mesin jahit, yaitu temen-temen kasih jarak ato jeda untuk ngejahit renda dan pita di periode selanjutnya. Eeehh... tapi kalo temen-temen udah lumayan capek, istirahat dulu yaaaa coz lumayan bisa bikin pegel tangan, kesemutan, dll.. #hohhooo...

Dan ini laaaah hasil akhir setelah selesai. Tadaaaaa.....




















Wuidiiiiiih manteb yaaa.. lumayan kan, pakaian yang bisa dipakai jadi nambah. Ga sia-sia juga jadinya temen-temen masih simpen pakaian lama yang sebenarnya masih bisa dipake.

Sekian dulu deh tips mbak el kali ini. Semoga bermanfaat yaa buat temen-temen sekalian. Jangan bosen-bosen baca blognya mbak el yaaa. See you...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^