Sabtu, 12 Mei 2012

Pembangunan Ekonomi di Indonesia - softskill part 4

Back to blog el di Serba Curat Curet eL...

Kali ini el akan sedikit membahas tentang pembangunan ekonomi di Indonesia. Sebelum membahas lebih jauh tentang pembangunan ekonomi di indonesia, mari kita bahas sejenak tentang pengertian dari pembangunan ekonomi itu sendiri. Yuuuks...

Apa sih pembangunan ekonomi??

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Nah, pembangunan ekonomi ini ga lepas dari yang namanya pertumbuhan ekonomi, karena pertumbuhan ekonomi ini memperlancar proses pembangunan ekonomi lhooo. Lalu apa sih pertumbuhan ekonomi itu???


Pertumbuhan ekonomi adalah...

pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

O iya, si pertumbuhan ekonomi ini merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi. Ad a 3 tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahtera, yaitu:

  • pembangunan sebagai suatu proses
  • pembangunan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita
  • peningkatan pendapatan perkapita harus berlangsung dalm jangka panjang

Berikut ini merupakan perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Yuuuks!!

Perbedaan...

Pembangunan ekonomi
  • Merupakan proses perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan produk per kapita.
  • Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
  • Memperhatikan pertambahan penduduk.
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
  • Setiap input selain menghasilkan output yang lebih banyak juga terjadi perubahan – perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.
Pertumbuhan ekonomi
  • Merupakan proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang.
  • Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan.
  • Tidak memperhatikan pertambahan penduduk
  • Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi
  • Setiap input dapat menghasilkan output yang lebih banyak

Oke, setelah sebelumnya kita sedikit membahas tentang apa itu pembangunan ekonomi beserta pertumbuhan ekonomi, sekarang saatnya kita membahas tentang bagaimana dengan pembangunan ekonomi di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Pandangan positif tentang pembangunan ekonomi di Indonesia :

Dalam 10 tahun terakhir (1998-2008), pembangunan di Indonesia mengalami kemajuan yang signifikan. Untuk pertumbuhan ekonomi dan cadangan devisa mengalami peningkatan. Tingkat kemiskinan pun juga terus berkurang. Utang kepada Dana Moneter International (IMF) berhasil di lunasi pada tahun 2008 atau 2 tahun setelah Pak SBY mulai memerintah Indonesia.



Pandangan negatif tentang pembangunan ekonomi di Indonesia :

Menurut sebagian orang dalam 10 tahun terakhir ini, Pembangunan ekonomi di Indonesia tidak mengalami perubahan. Untuk struktur PBD relatif tidak banyak perubahan. Kemudian untuk investasi baik PMA maupun PMDN memang mengalami pertumbuhan yang menggembirakan, namun investasi tersebut terkonsentrasi sebagian besar di Jawa (55%) dan Sumatera (17%). Akibat investasi yang tidak tersebar dengan merata di wilayah Indonesia tersebut hanya akan menyisakan disparitas wilayah sehingga target pemerataan pembangunan semakin terlambat untuk beberapa wilayah.


Sumber:

2 komentar:

  1. Untuk tambahan informasi terkait postingan di atas bisa juga lihat di link : http://pena.gunadarma.ac.id/sudahkan-asuransi-jiwa-berperan-dalam-perkembangan-ekonomi/

    BalasHapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^