Minggu, 29 Juli 2012

Uang..



Memang uang bisa bikin orang senang bukan kepalang uh...
Namun uang bisa juga bikin orang mabuk kepayang uh...
Lupa sahabat, lupa kerabat, lupa saudara, mungkin juga lupa ingatan
oh...uang... oh...lagi-lagi uang

Itulah sepenggal syair lagu yang menggambarkan tentang uang. Nah ngomong-ngomong tentang uang, kali ini el mau ngebahas sedikit tentang uang.
Pasti udah pada tau kan uang itu kayak gimana?? Tau kaaan?? Tau kaaan?? Ada yang berbentuk persegi panjang berupa lembaran kertas, ada juga yang berbentuk lingkaran berupa uang logam. Biar lebih jelas, el kasih gambarnya aja deeeh.. cekidoooot...

uang kertas dan uang logam


Dalam ilmu ekonomi tradisional nih yaaak, uang itu di definisikan setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Hmmm... alat tukar?? Yapz, alat tukar yang berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Tapi kalo di ilmu ekonomi modern nih yaak, uang itu didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.

Jadi kalo di sistem ekonomi tradisional lebih tepat dikatakan sebagai barter. Sementara di sistem ekonomi modern uang yaa uang...

SEJARAH UANG

Cerita pada awalnya nih yaak manusia itu belum mengenal yang namanya uang. Nah, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, manusia itu berusaha sendiri. Kalo lapar ya berburu, membuat pakaian pun dari bahan-bahan yang sederhana, ya intinya apa yang didapat itulah yang dimanfaatkan sendiri. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata manusia itu merasa bahwa apa yang diproduksi sendiri ternyata ga cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhannya. Berpikirlah para manusia. Dan muncullah sistem barter, barang yang ditukar dengan barang. Sayangnya meskipun udah ada sistem barter, manusia masih mengalami kesulitan buat memperoleh barang yang diinginkan dari orang lain, belum lagi nilai barang yang akan ditukar terkadang belum tentu sebanding dengan barang yang ingin di dapatkan.

Naaaah beripikir lagi lah itu manusia. Dapatlah ide untuk menetapkan benda-benda yang dijadikan barang tukar. Benda-benda itu adalah benda-benda yang diterima oleh umum yaitu yang bernilai tinggi atau benda-benda yang merupakan kebutuhan primer sehari-hari. Hmmm... tapi tetap aja nih ada kesulitannya. Kesulitan-kesulitan itu antara lain karena benda-benda yang dijadikan alat tukar belum mempunyai pecahan sehingga penentuan nilai uang, penyimpanan (storage), dan pengangkutan (transportation) menjadi sulit dilakukan serta timbul pula kesulitan akibat kurangnya daya tahan benda-benda tersebut sehingga mudah hancur atau ga tahan lama. Kemudian muncul deh uang logam. Kenapa logam? Logam dipilih sebagai alat tukar karena memiliki nilai yang tinggi, tahan lama dan ga mudah rusak, mudah dipecah tanpa mengurangi nilai, dan mudah dipindah-pindahkan. Logam yang dipakai adalah emas dan perak, yang disebut juga sebagai uang penuh (full bodied money) yang artinya nilai intrinsik uang sama dengan nilai nominalnya. Sejalan dengan perkembangan perekonomian, timbul lagi kesulitan ketika perkembangan tukar-menukar dengan uang logam bertambah sementara jumlah logamnya sangat terbatas. Penggunaan uang logam juga sulit dilakukan untuk transaksi dalam jumlah besar, daaaaaaaaaaan...  diciptakanlah uang kertas. Awalnya uang yang beredar merupakan bukti-bukti pemilikan emas dan perak atau dengan kata lain, uang kertas itu merupakan uang yang dijamin 100% dengan emas atau perak yang disimpan di pandai emas atau perak dan sewaktu-waktu dapat ditukarkan penuh dengan jaminannya. Naaaaaaaaah... Perkembangan selanjutnya, masyarakat ga lagi menggunakan emas (secara langsung) sebagai alat pertukaran. Sebagai gantinya, mereka menjadikan 'kertas-bukti' tersebut sebagai alat tukar.

Setelah berkutat dengan sejarah uang, sekarang mari kita cuuuus bahas tentang fungsi uang.

FUNGSI UANG

FUNGSI ASLI :
>> sebagai alat tukar (medium of exchange)
>> sebagai satuan hitung (unit of account)
>> sebagai penyimpan nilai (valuta)

FUNGSI TURUNAN :
            ** sebagai alat pembayaran yang sah
            ** sebagai alat pebayaran hutang
            ** sebagai alat penimbun kekayaan
            ** sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi

Sejarah udah, fungsi udah, yang belum apalagi yaaa??? Emmmm... o, iya, syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan sebagai uang. Cuuuuuuuuuuuus...

SYARAT-SYARAT :
.. harus diterima secara umum (acceptability)
.. memiliki nilai yang cenderung stabil dari waktu ke waktu (stability of value)
.. dijamin keberadaannya oleh pemerintah yang berkuasa
.. bahan yang dijadikan uang harus tahan lama (durability)
.. kualitasnya cenderung sama (uniformity)
.. jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan masyrakat
.. tidak mudah dipalsukan (scarcity)
.. harus mudah dibawa
.. mudah dibagi tanpa mengurangi nilai (divivibility)

Naaaah, tadi kan diatas udah ada gambar uang itu kayak gimana, sekarang dijelasin deh nih tentang jenis uang itu sendiri..

JENIS UANG

MENURUT BAHAN PEMBUATAN :
-          Uang LOGAM : uang yang terbuat dari bahan logam. Uang logam memiliki 3 macam nilai, yaitu nilai intrinsik (nilai bahan untuk membuat mata uang), nilai nominal (nilai yang tercantum pada mata uang), dan nilai tukar (kemampuan uang untuk dapat ditukarkan dengan suatu barang).
-    Uang KERTAS : uang yang terbuat dari keras dengan gambar dan cap tertentu, dan merupakan alat pembayaran yang sah.

MENURUT NILAI :
  • Uang penuh (full bodied money) : apabila uang tersebut sama nilainya dengan bahan yang digunakan.
  • Uang tanda (token money) : apabila nilai yang tertera diatas uang lebih tinggi dari nilai bahan yang digunakan untuk membuat uang.

Selama ini kan kita selalu berkutat sama yang namanya uang, masa iya sih kita ga ngerti sama pengertian dari uang itu sendiri. So, udah pada lebih ngerti kan sekarang tentang uang. Oke deeeh... kayaknya cukup segitu aja yang el bahas tentang uang. Kurang lebihnya mohon maaf yaaak.
See you di postingan selanjutnyaaaa *dadah dadah kayak miss universe*



sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Uang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^