Minggu, 21 Oktober 2012

MANAJEMEN FILE

ABSTRAK

MANAJEMEN FILE DI SEMUA SISTEM OPERASI RELATIF HAMPIR SAMA, BAIK SECARA PENGOPERASIANNYA ATAUPUN SECARA FUNGSI. PERBEDAAN YANG PALING NAMPAK SECARA UMUM HANYA TERLETAK PADA LETAK DAN TAMPILAN MENU FILE MANAGERNYA SAJA.

PENDAHULUAN

Mengenal sistem operasi dan program aplikasi, mengelola data pada komputer yang tersimpan dalam sistem file, dan melakukan konfigurasi hardware dan periferal komputer merupakan hal-hal yang harus diketahui oleh pemakai komputer karena kegiatan tersebut bakal sering ditemui saat berinteraksi dengan komputer. Diawali dengan pengenalan pada komputer personal (personal computer/PC) kemudian melangkah pada komputer jaringan (networking), sampai teknologi internet yang saat ini mengalami perkembangan yang semakin pesat.
Dalam tugas ini, saya akan membahas manajemen file pada sistem operasi windows 7 yang biasa saya pergunakan.

ISI BAHASAN

Manajemen file dalam OS keluaran dari Microsoft Windows dapat dilakukan dengan memanfaatkan fungsi dan faslitas yang ada pada file manager Windows Explorer. Berikut ini merupakan cara-cara untuk membuka windows explorer pada windows 7 :

tampilan windows explorer pada windows 7
Cara 1 : klik kanan pada start menu, kemudian pilih open windows explorer.

Cara 2 : klik icon windows explorer yang terdapat pada task bar

Cara 3 : klik start menu pada task bar, klik all program, klik accessories, klik windows explorer.

Cara 4 : klik start menu pada task bar, tuliskan windows explorer pada kotak search, kemudian akan muncul hasil pencarian untuk windows explorer, klik windows explorer.

>> MENU

Menu berisi kumpulan fungsi yang ada pada tampilan graphical user interface (GUI). Dengan menu ini akan memudahkan kita melakukan operasi pada objek file maupun folder.

Pada windows 7, menu bar tidak muncul. Untuk memunculkannya ketika windows explorer sudah terbuka, kita harus menekan tombol alt pada keyboard. Maka munculah menu bar berupa menu file, edit, view, tools, dan help.

Jika menu yang terdapat pada menu bar tersebut di klik, maka akan keluar (menu pull-down) item-item menu lainnya yang menunjukkan fungsi lebih spesifik. Misalnya pada menu edit terdapat menu item seperti undo, redo, cut, copy, paste, paste shortcut, dan lainnya.

Menu-menu untuk mempermudah dalam pengelolaan ataupun perubahan file tersebut sebenarnya tidak hanya terdapat pada file manager windows explorer, melainkan pada aplikasi seperti internet explorer, microsoft office (word, excel, power point, dll), open office.org, adobe collection (photoshop, reader, dll) serta aplikasi lainnya.


>> FOLDER DAN FILE

Folder adalah tempat disimpannya satu satu lebih file komputer. Jika diibaratkan, folder ini sama seperti map, dan file komputer sebagai berkas yang ada dalam map tersebut. Dengan adanya folder dengan nama yang telah ditentukan sendiri yang berisi sekumpulan file diharapkan manajemen penyimpanan untuk data komputer dapat lebih teratur dan tidak berceceran, serta terlihat lebih rapi.

File adalah elemen data pada penyimpanan sistem file. File identik dengan sebuah arsip atau catatan atau berkas yang disimpan dalam format digital pada komputer. Karakteristik file antara lain :
-         Besaran yang digunakan untuk penyimpanan adalah bytes
-         Memiliki kapasitas terbatas
-  Tidak hilang saat komputer dimatikan karena disimpan dalam sistem penyimpanan yang tidak mudah hilang (permanen).
-  Tersimpan dalam sebuah direktori (ruang atau space pada sistem penyimpanan komputer)
-         Memiliki nama

>> TIPE DATA FILE

Tipe data file pada komputer itu berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya. Tipe data file tersebut dapat berupa file image (gambar), audio (suara), audio-video (suara dan gambar hidup), text, file program, dan sebagainya.

Dalam penulisan nama file, perbedaan tipe data tersebut di bedakan pada penamaan ekstensi dari nama file yang bersangkutan. Dengan adanya ekstensi ini, sebuah file di baca oleh OS serta di asosiasikan dengan program yang sesuai. Ekstensi pada sebuah file di tunjukkan dengan 3 digit abjad atau angka dibelakang nama file yang sebelumnya dipisahkan dengan sebuah tanda titik. Sebuah ekstensi file diberikan berdasarkan jenis file yang bersangkutan.

File Type
Extention
Fungsi
executable
.exe, .com, .bin
Program yang siap dijalankan
Object
.obj, .o
Bahasa mesin, kode terkompilasi
Source code
.c, .cc, .pas, .java, .asm
Kode asal dari berbagai bahasa
Batch
.bat, .sh
Perintah pada shell
Text
.txt, .doc, .docx
Data text, dokumen
Word processor
.wp, .tex, .rtf, .doc, .docx
Format jenis pengolah data
Library
.lib, .a, .dll
Library untuk rutin program
Print or view
.ps, .dvi, .gif, .jpeg
Format ASCII atau biner untuk dicetak
Archive
.arc, .zip, .rar
Beberapa file yang dikumpulkan
Multimedia
.mpeg, .mov, .avi
Berisi informasi audio atau audio-video


>> OPERASI FILE DAN FOLDER

Operasi file dan folder relatif mudah jika dilakukan pada file manager seperti Windows Explorer yang telah menggunakan graphical user interface.

Berikut ini beberapa operasi yang sering kali dilakukan pengguna untuk OS Windows 7.

Membuat folder baru :

Pada windows explorer dalam wimdows 7, berikut beberapa cara untuk membuat folder baru.

Cara 1 : Pilih tempat atau drive yang diinginkan untuk menempatkan folder baru – klik new folder pada menu – muncul folder baru  - tuliskan nama folder yang diinginkan – untuk selesai dapat mengklik folder tersebut atau tekan enter pada keyboard.

Cara 2 : Pilih tempat atau drive yang diinginkan untuk menempatkan folder baru – klik kanan pada tempat kosong di drive tersebut – sorot new  - klik folder – muncul folder baru - tuliskan nama folder yang diinginkan – untuk selesai dapat mengklik folder tersebut atau tekan enter pada keyboard.

Cara 3 : Klik kanan pada drive yang ingin ditempatkan folder baru – sorot new – klik folder – muncul folder baru – uliskan nama folder yang diinginkan – untuk selesai dapat mengklik folder tersebut atau tekan enter pada keyboard.

Drag and drop :

Drag and drop adalah memindahkan item pada layar monitor dengan menekan terus tombol pada mouse atau laptop selama mouse atau tombol pada laptop itu di gerakkan pada posisi item tersebut akan disimpan.

Tombol mouse atau laptop yang ditekan terus dapat menggunakan tombol bagian kiri ataupun kanan. Bedanya, jika tombol kanan yang ditekan, saat melepas tombol tersebut akan muncul pilihan apakah item tersebut akan di copy, dipindah, buat shortcut baru, atau cancel untuk membatalkan proses tersebut. Tetapi jika tombol kiri yang kita pergunakan, item tersebut akan langsung berpindah ke posisi barunya.

Rename :

Rename yaitu mengganti nama file atau folder yang sudah diberi nama sebelumnya dengan nama baru yang kita inginkan.

Cara untuk me-rename sebuah file atau folder adalah dengan mengklik kanan pada file atau folder yang kita ingin rubah namanya, kemudian klik rename, tuliskan nama baru yang diinginkan untuk merubah nama file atau folder lama tersebut, terakhir untuk selesai dapat menekan enter pada keyboard atau mengklik pada folder tersebut.

Copy :

Copy adalah menyalin file atau folder tertentu ke tempat atau drive lain yang kita inginkan. Berikut ini cara untuk meng-copy.

Menggunakan drag and drop, yaitu dengan mengklik kanan tombol mouse atau laptop pada file atau folder yang ingin di salin - gerakan pada tempat yang ingin ditempatkan salinan file atau folder tersebut – muncul menu pilihan, klik copy here – file atau folder akan tersalin pada tempat yang baru.

Kita juga dapat meng-copy file atau folder yang kita ingin salin tersebut pada hardware di luar komputer yang kita gunakan, seperti flashdisk, CD, DVD, harddisk eksternal, dan slot card memory.

Untuk meng-copy pada CD atau DVD dapat menggunakan aplikasi tertentu, contohnya Nero. Namun bisa juga mempergunakan menu burn to disc yang terdapat pada menu di Windows Explorer.

Sedangkan pada flashdisk, harddisk eksternal dan slot card memory, cara yang dipergunakan untuk mengcopy file dapat menggunakan cara drag and drop, atau dengan mengklik kanan pada folder atau file yang ingin di copy, sorot send to, pilih drive yang ingin di jadikan tempat hasil copy.

Delete :

Delete ialah menghapus file atau folder. Ada beberapa untuk menghapus file atau folder yang kita inginkan. Berikut merupakan cara untuk menghapus file atau folder

Cara 1 : Tekan tombol del yang terletak pada pojok atas sebelah kanan pada keyboard – klik yes pada tampilan yang muncul.

Cara 2 : Klik kanan pada file atau folder yang ingin di hapus – pilih delete – klik yes pada tampilan yang muncul – file atau folder pun terhapus.


PENUTUP

KESIMPULAN

Manajemen file dalam OS keluaran Microsoft Windows dapa kita lakukan dengan memanfaatkan fungsi dan fasilitas yang ada pada file manager Windows Explorer.

Untuk manajemen file itu sendiri kita dapat melakukan operasi pada file tersebut, seperti membuat file atau folder baru, menyalin (copy), mengubah nama file atau folder (rename), hingga menghapus file atau folder tersebut (delete).

3 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama :)
      salam kenal juga yaaa...

      Hapus
  2. Wajib dikuasai kemampuan ini oleh semua pengguna komputer.

    BalasHapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^