Selasa, 02 Oktober 2012

Tos tos mitos..


Pasti udah pada ga asing kan sama mitos mitos yang beredar di sekitar kita. Naaah, kali ini el mau ngebahas 7 mitos yang sering banget di ungkit ungkit sama si emak atau orang-orang di sekitar kalo el lagi begini atau lagi begitu, plus fakta sebenarnya.

Mariii capcuuuuus…
-Jangan makan pisang dempet!!
Ngomong-ngomong pisang, el itu emang paling doyan banget sama yang namanya pisang. Tapi ga semua pisang itu berbentuk normal, karena ternyata ada juga lhooo pisang yang kembar siam alias dempet. Buat para gadis ataupun wanita yang sedang hamil, konon katanya dilarang banget niih buat makan pisang yang dempet begini. Si emak nih suka nyapnyap kalo el nyaris makan pisang dempet. Kenapaaaa??? Mitosnya nih yak nanti anaknya bakalan terlahir kembar siam atau dempet kayak si pisang yang kita makan. Padahal, faktanya adalah kembar siam itu terjadi karena tidak sempurnanya pembelahan sel dan pembentukan organ tubuh pada masa organogenesis.


-Jangan kebanyakan makan nanas!
Kata si emak, anak gadis itu ga boleh banyak banyak makan nanas karena ntar jadi keputihan banyak banget. Terus bagi yang hamil bisa menyebabkan keguguran. Gitu katanyaaaa..

Faktanya adalah Keputihan adalah keluarnya cairan berlebihan dari vagina yang kadang disertai rasa gatal, nyeri, rasa terbakar di bibir kemaluan, bahkan ada juga yang disertai bau busuk, dan menimbulkan rasa nyeri sewaktu berkemih. Warna cairan keputihan bervariasi, mulai dari putih, kekuningan, abu-abu, dengan konsistensi cair hingga kental atau bahkan berbentuk seperti susu. Bau dari keputihan juga beragam, ada yang tanpa bau, berbau telur busuk, bahkan anyir seperti daging ikan mentah.

naah si Keputihan ini bisa disebabkan oleh jamur maupun bakteri yang bersemayam dalam vagina atau disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh. Untuk menghindari keputihan itu temen-temen wanita wajib menjaga daerah kewanitaannya. Diantaranya dengan mengguyur air dari bagian vagina dari atas ke bawah,  sering mengganti celana dalam, dan sangat dianjurkan setelah buang air besar atau kecil daerah vagina langsung di lap dengan handuk kecil yang kering. Hal ini bertujuan untuk menghindari kondisi daerah kewanitaan kita terlalu lembab, karena kondisi lembab sangat bagus untuk perkembangan jamur.

Niihh yak, Justru faktanyaaa nanas itu sangat baik karena mengandung vitamin dan serat yang baik untuk pencernaan. Kandungan asam amino triptophan juga berfungsi merelaksasikan otak dan mengurangi depresi, selain itu kandungan antioksidan dan beta karoten yang ada pada nanas juga mampu menyeimbangkan konsentrasi glutation tereduksi sehingga dapat mencegah reaksi oksidasi lipid yang menyebabkan katarak.


- anak gadis gak boleh duduk di depan pintu
Hayoooo yang pada sering duduk di depan pintu katanya pamali lhoooo… kenapaaa?? Mitosnya niih yak, kalo anak gadis suka duduk di depan pintu ntar bakalan jauh jodoh. Nah lhooo…
Faktanya adalaaaah… kalo kita duduk di depan pintu itu bias menghalangi jalan keluar masuk rumah. Betul ga?? Dan kalo yang masalah jauh jodoh, bukan sang pintu penyebabnya. Jauh atau dekat jodohnya seseorang itu kan sudah ditetapkan sama Tuhan Yang Maha Kuasa, bukan pintu.


-kalo nyapu ga bersih, ntar dapet suami yang brewokan lhoo
Haduuuuhh… mitos yang satu ini kadang suka bikin el ketawa ngakak. Kalo emang ternyata suami el nanti brewokan udah dari sono-nya, masa mau di sangkut pautin sama nyapu yang ga bersih. Hahhahaa…

Lagian faktanya adalah, kalo kita nyapu ga bersih itu pasti ngeres. Lantainya jadi masih ada kotoran atau debu yang ga baik juga buat kesehatan. Terus bikin rumah jadi ga nyaman karena masih kotor. Makanya kalo nyapu kudu bersih. Masalah suami brewokan atau ga justru lebih bagus pria yang brewokan. kenapa?? Karena itu merupak ciri khas pria yang juga di sunnat-kan oleh Rasulullah SAW. Jadi ngapain juga sangkut pautin nyapu sama brewokan. Iyaa ga???

-anak gadis ga boleh bangun tidur siang siang ntar rezekinya di patok ayam
Apaaaa coba maksud dari mitos ini *geleng geleng kepala*

Faktanyaa adalah emang ga bagus kalo anak gadis bangunnya siang. Malu sama ayam, ayam aja bias bangun pagi. Udah gitu anak gadis kan harus bantu bantu pekerjaan rumah sang ibu, masa mau bangun siang sih? Ga bantuin ibunya dooong.. kan membantu pekerjaan orang tua dirumah juga termasuk berbakti kepada orang tua. Apalagi kalo ntar udah punya suami dan anak, kan harus menyiapkan segala keperluan suami dan anak pagi-pagi buta.

Masalah rezekinya di patok ayam kalo bangun siang, kita kembalikan lagi sama Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena segalanya sudah di atur dimulai dari jodoh, rezeki, dan mautnya seseorang. Rezekinya ayam yaa buat ayam, rezekinya manusia yaa buat manusia. Masa rezekinya manusia buat ayam.. hehheehe…

-jangan duduk diatas meja atau bantal, nanti banyak hutang
Ini apaaaaa cobaaa hubungannya antara duduk diatas meja atau bantal sama punya banyak hutang??? *geleng geleng kepala*

Bantal itu kan buat tidur, sebagai alas kepala biar nyaman tidurnya. Terus kalo meja itu kan buat meletakan benda atau buat nulis atau bias juga sebagai tempat kita makan pas lagi berkumpul sama keluarga. Pertanyaannyaaaa, ngapain juga duduk di atas bantal atau meja?? Bantal buat alas kepala, masa iya buat alas duduk. Meja juga, ngapain juga buat tempat duduk, kan udah ada kursi.

Faktanyaaaa, duduk diatas bantal atau meja itu gak sopan dan kurang kerjaan. Apa gunanya kursi kalo kedua benda itu yang dipake buat tempat duduk. Iyaa kaaaan??


-masakan asin berarti pengen nikah
Walaaaaaaaaaaah…. Ini kalo yang masak ibu ibu yang udah nikah masa dibilang mau nikah siih *garuk garuk kepala* apalagi kalo nenek nenek yang masak. Yaampuuuun ga kebayang deh el.
Buat mitos yang satu ini, katanya ada sejarahnya lhooo. Jadi begini sejarahnya yang el dapet, tiap anak gadis yang mau nikah pasti gugup atau grogi menjelang hari pernikahan. Saking groginya, pas masak jadi panic atau ga perhatiin sekitarnya. Naaah karena itulah si anak gadis yang jadi calon pengantin itu jadi kebolak balik gitu nentuin yang mana garam, yang mana gula dan seberapa banyak itu gula atau garam yang diperluin buat masakan. Gituuuu…

Eeemm mungkin ada benernya juga siih. Tapi kayak yang el bilang sebelumnya, kalo ibu ibu atau nenek nenek yang masak keasinan masa dibilang mau nikah. Jadi faktanyaaaa, masakan asin atau ga-nya itu tergantung dari ketelitian si yang masak dan jenis masakan itu sendiri yang emang dibikin asin atau ga. Emang yang pria pada mau nikah sama nenek nenek atau ibu ibu kalo ngikutin mitos itu?? *hihhiiihiii*

Wokeeee deeh sekian dulu 7 mitos yang el bahas beserta faktanya. See you di postingan selanjutnya yaaak.. *dadah dadah ala miss universe*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^