Kamis, 22 November 2012

Ketika aku…

Ketika aku iri dengan yang lain
Selalu teringat perkataan ayahku
Jangan jadikan dirimu orang yang penuh dengan rasa iri!

Ketika aku marah dengan yang lain
Selalu teringat perkataan sahabatku
Lihat siapa orang yang kau marahi, pantas atau tidak?

Ketika aku mulai berputus asa dengan sesuatu
Selalu teringat perkataan saudaraku
Pantang pulang sebelum padam, maju terus pantang mundur!

Ketika aku mulai merasa malas akan sesuatu
Selalu teringat perkataan guruku
Sesuatu yang baik jangan ditunggu kehadirannya, tetapi dijemput kedatangannya!

Ketika aku terlalu manja dengan kehidupanku
Selalu teringat perkataan sahabatku
Jangan seperti anak kecil yang belum bisa berfikir dewasa!

Ketika aku selalu merasa sendiri
Ku tanamkan dalam hati
Kamu tak pernah sendiri, disadari atau tidak, begitu banyak orang yang peduli padamu!


Rabu, 21 November 2012

Motivasi

Jangan menunggu termotivasi baru bergerak
Tapi bergeraklah, maka kamu akan termotivasi!

Jangan menunggu contoh baru bergerak mengikuti
Tapi bergeraklah, maka kamu akan menjadi contoh yang diikuti!

Jangan menunggu bisa baru melakukan
Tapi lakukanlah, kamu pasti bisa!

Para pecundang selalu menunggu bukti
Dan para pemenang selalu menjadi bukti..

Seribu kata akan dikalahkan oleh satu aksi nyata!


 
 
From : sahabat terbaik -- Asep

Selasa, 20 November 2012

Ketika emak ga ada

Wokeee sesuai dengan judulnya, el mau cerita tentang serba serbi ketika emak ga ada. Emang emak kemana?? Yang pasti ini cerita ketika emak ga ada dirumah dan entah pergi kemana bersama bapake dan el ga di ajak.
Hal yang paling el sering lakuin ketika emak ga ada dirumah adalah Masak Mie. Kenapa?? Karena el emang doyan banget sama mie. Kalo emak ga ada, pasti el bakalan rajin banget ngubek-ngubek tempat penyimpanan mie dan masak mie sepuasanya. Hohhoohoo... Tapi sayangnya, segala sesuatu yang berlebihan itu emang ga bagus, apalagi el punya sakit lambung makanya pantang banget buat makan mie banyak-banyak sebenernya. Kalo emak pas ada dirumah dan el masak mie terus-terusan, waaaaaaaaaah... pasti acara tipi kalah seru sama ocehannya emak. Hahhahaa.. peace mak!!

Kalo emak ga ada dirumah, el bakalan tambah rajin diem dikamar pantengin PC sama laptop seharian melentung *bahasa apa ini?? ~ abaikan* kalo ga ada kerjaan rumah yang dikerjain. Sebenernya mantengin laptop atau PC juga paling-paling ol facebook, twitter, baca thread di kaskus, sama menjamah mengunjungi blog orang. Paling rajin siih iseng bikin header blog atau download lagu atau yang paling paling rajin siih ngerjain tugas yang bikin puyeng pala *baca : kepala*.

Senin, 19 November 2012

Senin yang bahagia, sabtu yang malang

Apa maksudnya tuh judul??

Okeee akan el jabarkan selengkapnya
Buat kebanyakan orang pasti langsung frustasi pas liat kalender kalo hari selanjutnya itu adalah hari senin. Ada apa dengan hari senin??

Karena dihari senin itu semua orang tumplek dijalanan udah kayak butiran gula dan bikin macet sana sini terlebih lagi kalo pagi-pagi. Hari senin itu hari pertama dimulainya segala aktifitas perkantoran, pemerintahan, ataupun pendidikan. Dan di hari senin itu pula bagi yang yang masih sekolah ataupun pegawai negeri pasti akan melaksanakan upacara bendera. Bagi yang telat biasanya di strap *hukuman disuruh berdiri sama bu guru* tapi ini bagi yang sekolah yaak. Hehhee...

Terus itu kenapa judulnya senin yang bahagia, el??

Minggu, 18 November 2012

Belajar dari pahlawan ala unyun


eeeeeeehh udah tanggal 18 aja yaak.. waktunya posting niih..
kali ini temanya tentang belajar dari pahlawan. Berhubung el bingung mau posting tulisannya kayak gimana bentuknya, akhirnya el memutuskan untuk posting tentang tema kali ini dalam bentuk dialog.
Okee deh ga usah banyak casciscus maning, monggo silahkan dibaca yaaak 
Dialog Unyun dan Emak

Unyun : Maaaak… Kemaren unyun abis belajar sejarah lhooo mak di sekolah.

Emak : Ciyuuuuuss??

Unyun : Ini ciyuuuus lhooo Mak

Emak : Sejarah apa yang unyun pelajarin disekolah?

Unyun : Gini, mak.. Kemaren bu guru ngebahas tentang pahlawan, mak, kan 10 November lalu itu hari pahlawan. Kata bu gurunya unyun, pahlawan di Indonesia itu ada banyak, mak. Dan saking banyaknya, unyun sama temen-temen yang lain dipesenin sama bu guru sejarah supaya ngejaga dan mempertahankan apa yang udah diraih sama para pahlawan kita.

Emak : Ga cuma itu aja sayang, tapi unyun juga harus melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Unyun : Lhooo?? Kita kan udah merdeka, mak. Emangnya mau ada perang lagi kok unyun disuruh melanjutkan perjuangan pahlawan??

Emak : Gini lhooooo unyun, anak emak yang cakep, melanjutkan perjuangan para pahlawan itu ga harus dengan perang.

Unyun : Teruuuuuuuus?? Ngelanjutinnya gimana mak??

Emak : Kasiih tau ga yaaa?? Hihihiii...

Unyun : Maaaaaaaaaak..

Emak : hihiihii... Gini sayang.. Ngelanjutinnya itu dengan cara belajar dari para pahlawan kita, nyun. Emmmm, coba sekarang emak tanya sama unyun, unyun tau Raden Ajeng Kartini??

Unyun : Tau mak. Beliau kan pahlawan yang memperjuangkan banget emansipasi buat para perempuan. Beliau juga bener bener berjuang gigih supaya perempuan juga bisa menuntut ilmu kayak kaum lelaki.

Emak : Pinteeeer... Terus unyun tau Ki Hajar Dewantara?

Unyun : Tau juga mak. Ki Hajar Dewantara itu kan yang mendirikan perguruan taman siswa, padahal beliau keturunan keraton tapi beliau bersahaja dan sederhana banget. Teruuuus tanggal kelahiran beliau juga diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional yaitu tiap tanggal 2 Mei. Dan yang paling unyun inget dari Ki Hajar Dewantara itu ajarannya yang tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, ing ngarsa sungtulada, yang artinya dibelakang memberi dorongan, ditengah menciptakan peluang untuk berprakarsa, didepan memberi teladan.

Emak : Kalau Ir. Soekarno??

Unyun : Naaah beliau kan presiden pertama kita, mak. Beliau hebat ya mak bisa menguasai berbagai macam bahasa asing. Dan yang paling amazing banget adalah beliau itu kalo pidato selalu tanpa teks.

Emak : Kalau ayam jantan dari timur??

Unyun : Waaah itu kan sebutan untuk Sultan Hasanuddin, pahlawan dari Makassar, mak.

Emak : Kalau bu guru sejarahnya unyun dan para TKI??

Unyun : Tau banget kalo itu, mak. Eeehh tapi, bu guru kan bukan pahlawan, mak. Itu kan pekerjaan. TKI juga kan pekerjaan, mak.

Emak : Apapun pekerjaan dan hal baik yang kita lakukan, itu bisa dibilang pahlawan meskipun ga berperang pake bambu runcing atau senjata lain kayak zaman dulu. Guru salah satunya karena guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Kalau ga ada guru, unyun belajar dari mana coba?? Terus kalau TKI, mereka itu pahlawan devisa bagi negara kita, sayang.

Unyun : Oooooooo gituuuuu...

Emak : Naaah balik lagi ke yang emak bilang sebelumnya, kita harus ngelanjutin perjuangan para pahlawan dengan belajar dari mereka. Apa yang kita ketahui tentang bagaimana perjuangan pahlawan kita, harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Perang di zaman sekarang ini adalah berlomba-lomba untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara yang baik juga. Jadi kita ga harus perang besar besaran kok, kebaikan kecil yang kita lakukan untuk diri sendiri dan orang lain juga bisa dianggap sebagai pahlawan. Apalagi kalau sampai mengharumkan bangsa dan negara kita.

Unyun : Berarti unyun bisa jadi pahlawan juga dong mak?

Emak : Bisa dooong. Asal unyun jadi anak baik dan rajin belajar biar bisa jadi orang hebat kayak Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara, dan pahlawan lainnya. Tapi inget, ga boleh sombong dengan apa yang kita punya, harus tetap bersahaja kayak para pahlawan kita yang ga pernah pamer. Dan yang paling penting adalah harus tetap bersyukur.

Unyun : *manggut-manggut* Berarti kita bisa jadi pahlawan meskipun ga ikut perang kayak zaman dulu ya mak. Yang wanita bisa berkarya dan bekerja kayak Raden Ajeng Kartini, selalu bersemangat dan berbicara apa adanya kayak Ir. Soekarno, rajin belajar biar kayak Ki Hajar Dewantara dan berbagi ilmu kayak bu gurunya unyun. Pokoknya segala kebaikan pahlawan bisa jadi sumber inspirasi bagi hidup kita ya mak.

Emak : Pinteeeeeeer anak emak yang cakep...

Unyun : Waaaah berarti emak pahlawan juga dooong, kan emak udah ngurusin unyun dari dalam kandungan sampe segede ini. Asiiiiik emak unyun pahlawan.




Wokeeee sekian dulu yaak postingan el kali ini.  
O iyaaa, el inget pesen guru sejarah pas sekolah :

JASMERAH

JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH!! 

    MERDEKA!!!   




Bloggers’ shout out – 7th bloggers’ campaign project