Minggu, 18 November 2012

Belajar dari pahlawan ala unyun


eeeeeeehh udah tanggal 18 aja yaak.. waktunya posting niih..
kali ini temanya tentang belajar dari pahlawan. Berhubung el bingung mau posting tulisannya kayak gimana bentuknya, akhirnya el memutuskan untuk posting tentang tema kali ini dalam bentuk dialog.
Okee deh ga usah banyak casciscus maning, monggo silahkan dibaca yaaak 
Dialog Unyun dan Emak

Unyun : Maaaak… Kemaren unyun abis belajar sejarah lhooo mak di sekolah.

Emak : Ciyuuuuuss??

Unyun : Ini ciyuuuus lhooo Mak

Emak : Sejarah apa yang unyun pelajarin disekolah?

Unyun : Gini, mak.. Kemaren bu guru ngebahas tentang pahlawan, mak, kan 10 November lalu itu hari pahlawan. Kata bu gurunya unyun, pahlawan di Indonesia itu ada banyak, mak. Dan saking banyaknya, unyun sama temen-temen yang lain dipesenin sama bu guru sejarah supaya ngejaga dan mempertahankan apa yang udah diraih sama para pahlawan kita.

Emak : Ga cuma itu aja sayang, tapi unyun juga harus melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Unyun : Lhooo?? Kita kan udah merdeka, mak. Emangnya mau ada perang lagi kok unyun disuruh melanjutkan perjuangan pahlawan??

Emak : Gini lhooooo unyun, anak emak yang cakep, melanjutkan perjuangan para pahlawan itu ga harus dengan perang.

Unyun : Teruuuuuuuus?? Ngelanjutinnya gimana mak??

Emak : Kasiih tau ga yaaa?? Hihihiii...

Unyun : Maaaaaaaaaak..

Emak : hihiihii... Gini sayang.. Ngelanjutinnya itu dengan cara belajar dari para pahlawan kita, nyun. Emmmm, coba sekarang emak tanya sama unyun, unyun tau Raden Ajeng Kartini??

Unyun : Tau mak. Beliau kan pahlawan yang memperjuangkan banget emansipasi buat para perempuan. Beliau juga bener bener berjuang gigih supaya perempuan juga bisa menuntut ilmu kayak kaum lelaki.

Emak : Pinteeeer... Terus unyun tau Ki Hajar Dewantara?

Unyun : Tau juga mak. Ki Hajar Dewantara itu kan yang mendirikan perguruan taman siswa, padahal beliau keturunan keraton tapi beliau bersahaja dan sederhana banget. Teruuuus tanggal kelahiran beliau juga diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional yaitu tiap tanggal 2 Mei. Dan yang paling unyun inget dari Ki Hajar Dewantara itu ajarannya yang tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, ing ngarsa sungtulada, yang artinya dibelakang memberi dorongan, ditengah menciptakan peluang untuk berprakarsa, didepan memberi teladan.

Emak : Kalau Ir. Soekarno??

Unyun : Naaah beliau kan presiden pertama kita, mak. Beliau hebat ya mak bisa menguasai berbagai macam bahasa asing. Dan yang paling amazing banget adalah beliau itu kalo pidato selalu tanpa teks.

Emak : Kalau ayam jantan dari timur??

Unyun : Waaah itu kan sebutan untuk Sultan Hasanuddin, pahlawan dari Makassar, mak.

Emak : Kalau bu guru sejarahnya unyun dan para TKI??

Unyun : Tau banget kalo itu, mak. Eeehh tapi, bu guru kan bukan pahlawan, mak. Itu kan pekerjaan. TKI juga kan pekerjaan, mak.

Emak : Apapun pekerjaan dan hal baik yang kita lakukan, itu bisa dibilang pahlawan meskipun ga berperang pake bambu runcing atau senjata lain kayak zaman dulu. Guru salah satunya karena guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Kalau ga ada guru, unyun belajar dari mana coba?? Terus kalau TKI, mereka itu pahlawan devisa bagi negara kita, sayang.

Unyun : Oooooooo gituuuuu...

Emak : Naaah balik lagi ke yang emak bilang sebelumnya, kita harus ngelanjutin perjuangan para pahlawan dengan belajar dari mereka. Apa yang kita ketahui tentang bagaimana perjuangan pahlawan kita, harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Perang di zaman sekarang ini adalah berlomba-lomba untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara yang baik juga. Jadi kita ga harus perang besar besaran kok, kebaikan kecil yang kita lakukan untuk diri sendiri dan orang lain juga bisa dianggap sebagai pahlawan. Apalagi kalau sampai mengharumkan bangsa dan negara kita.

Unyun : Berarti unyun bisa jadi pahlawan juga dong mak?

Emak : Bisa dooong. Asal unyun jadi anak baik dan rajin belajar biar bisa jadi orang hebat kayak Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara, dan pahlawan lainnya. Tapi inget, ga boleh sombong dengan apa yang kita punya, harus tetap bersahaja kayak para pahlawan kita yang ga pernah pamer. Dan yang paling penting adalah harus tetap bersyukur.

Unyun : *manggut-manggut* Berarti kita bisa jadi pahlawan meskipun ga ikut perang kayak zaman dulu ya mak. Yang wanita bisa berkarya dan bekerja kayak Raden Ajeng Kartini, selalu bersemangat dan berbicara apa adanya kayak Ir. Soekarno, rajin belajar biar kayak Ki Hajar Dewantara dan berbagi ilmu kayak bu gurunya unyun. Pokoknya segala kebaikan pahlawan bisa jadi sumber inspirasi bagi hidup kita ya mak.

Emak : Pinteeeeeeer anak emak yang cakep...

Unyun : Waaaah berarti emak pahlawan juga dooong, kan emak udah ngurusin unyun dari dalam kandungan sampe segede ini. Asiiiiik emak unyun pahlawan.




Wokeeee sekian dulu yaak postingan el kali ini.  
O iyaaa, el inget pesen guru sejarah pas sekolah :

JASMERAH

JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH!! 

    MERDEKA!!!   




Bloggers’ shout out – 7th bloggers’ campaign project




10 komentar:

  1. wahahah.
    dialog yang unik.
    emang emak nya kayak gitu ya gaya bicaranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya siih lebih nyablak lagi bang oi,,
      hehhehee

      Hapus
  2. Balasan
    1. wohohooohhoo emak emak kece itu.. hehhehee :D

      Hapus
  3. wah tulisan kali ini bagus bgt, unyu'' kaya yg punya blog O,O

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiih bang amir :)
      tapi itu unyun lhooo not unyu..
      hihiiihii

      Hapus
  4. Emaknya gahoel.. hahah si unyun kalah gaul ama emaknya.
    Kasih emak kepada unyun..
    tak terhingga sepanjang masa..
    hanya memberi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yohaaaaa kan emak emak kece..
      hehhheehee :)
      makasiih yaaak :)

      Hapus
  5. Wwkwkwkkkw... kocak!
    Penyajiannya menarik, and Gue sampe kaget, itu emaknya gaul banget sampe tau "Ciyuuus?" LOL... keep spirit... pertahankan kreatifitasnya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mkasiih bang glen :)
      kan ga cuma anaknya doang yang gahoel, emaknya juga pengen ikutan gahoel :p
      hehhehee

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^