Sabtu, 08 Desember 2012

Ketika UTS datang




Pasti udah pada tau kan UTS itu apaaaaaa… yang belom tau, el kasih tau yaaak
UTS = Ujian Tengah Semester
Atau yang lebih trend disapa dengan sebutan midtes atau mid semester.
Nah kali ini el bakalan bahas hiruk pikuk yang melanda para mahasiswa dikampus, termasuk el sendiri ketika sang UTS datang. Hahhahaa...

Begini ceritanya...
Mungkin atau memang dibeberapa kampus lain UTS dimulai setelah 7 minggu perkuliahan, karena satu semester itu terdiri dari 14 minggu perkuliahan. Kalo di kampus tempat el menimba air ilmu, UTS dilaksanakan setelah 10 minggu perkuliahan. Kenapa?? Karena emang udah kebijakan dari kampus *simple* Waktu UTS itu selama empat minggu atau sebulan, wow lama beneeeer...

eiiiiitss, tunggu dulu!!

Bukan berarti UTS-nya full selama sebulan itu lhooo yaaa. Pasti pada mabok kalo bener-bener full sebulan. Ntar para mahasiswanya malah kayak salah satu acara di tipi yang kalo menyerah disuruh melambaikan tangan ke kamera. Hihiihhi.. ga nyampe segitunya ya. Lagian juga mata kuliahnya kan ga banyak. Jadi selama sebulan itu ga setiap hari ada jadwal.

Biasanya nih yak kelas dan jurusan yang seangkatan pasti kompakan di satu hari dan jam yang sama UTS-nya. Tapiiiiii... walaupun hari dan jam sama, dosennya kan berbeda jadi soal ujiannya juga syudah pasti berbeda. Jadi ga ada tuh yang namanya nanya nanya ke kelas lain.

Terus kalo UTS udah dateng, ngapain dooong??

Pertanyaan yang baguuuuuuus, karena sudah pasti jawabannya adalah belajar. Iya kan?? Hahhahaa...

Menjelang UTS kayak gini, ada sebagian dosen yang ngasih kisi-kisi buat soal ujiannya. Itu karena soal UTS dibuat sendiri sama sang dosen yang pegang masing-masing satu mata kuliah. Daaan... yang amazing lagi adalah ada juga sebagian dosen yang UTS-nya itu boleh open book. Horeeeee... *prokprokprok*

Terus kalo yang ga open book?? Takdir!! *lhoooo ~ abaikan* hahhaaa... Sebenernya mau open book ataupun ga open book, tetep aja mahasiswa harus belajar. Iya ga?? Iyaa dooong. Yaaah namanya juga mahasiswa, selama 10 minggu perkuliahan santai santai, giliran mau ujian grasak grusuk kesana kemari. Wakakakakak..

Naaaaaaah ini dia niih yang sebenernya dari tadi mau el jabarin setelah berbasa basi ga jelas. Hahhahaa... langsung aja deh, cekidoooot!!
Yang biasa dilakukan mahasiswa saat UTS datang :

Nyari temen yang bisa ngajarin
Bagi sebagian mahasiswa yang bisa dikatakan ’wah’ dalam belajar, UTS adalah masa yang tidak terlalu sulit.  Why?? Karena mereka sudah siap. Lain lagi kalo buat el dan sebagian mahasiswa yang sedang sedang saja ketekunan belajarnya, kita bakalan rusuh kesana kemari nyari temen yang bisa ngajarin materi yang belum kita paham terus belajar bareng deh. Entah itu face to face berdua doang sama yang ngajarin, atau keroyokan bareng bareng sama temen-temen yang lain. Atau kalo yang berani sih, nyamperin dosennya langsung. Tapi ada juga sebagian lagi mahasiswa yang santainya kebangetan. Entah itu udah paham banget, atau emang cuek beibeh dan ga peduli sama ujian.

SKS = Sistem Kebut Semalam
Yang ini sebenernya ga baik. Kenapa? Karena fisik dan otak di forsir buat belajar selama semalam suntuk. Kan kita juga perlu istirahat coy. Ya ga??

Tapi yaaa namanya juga mahasiswa, tetep aja ada yang kayak gitu termasuk el sendiri. Hehhee.. tapi ga sering kok. Bisa makin kurus merana badan el kalo ga tidur terus terusan.

Pinjem catetan
Emang ga nyatet?? Jawabannya ada dua, yang pertama itu emang mahasiswanya ga pernah nyatet jadi pinjem ke temennya yang rajin nyatet materi, terus di fotocopy atau kalo rajin ya dicatet ulang. Yang kedua itu mahasiswanya nyatet tapi catetannya dirasa ga lengkap makanya pinjem catetan temennya buat ngelengkapin. Kalo kamu yang mana??

Puasa
Kalo yang ini sering banget dah dilakuin sama sebagian orang. Entah kenapa setiap ada ujian dalam perkuliahan, mesti deh ada aja yang puasa. Padahal mah ujung-ujungnya ada yang nyontek juga. Kan sayang puasanya malah jadi ga berkah. Tapi ga semua yang puasa kayak gitu yaaa. Yang emang bener bener niat lillahita’ala mah pasti no nyontek, no kebetan. MERDEKA!! *lhooo*

Bikin kebetan
Apaan siih kebetan?? Jadi... kebetan itu adalah catatan kecil semacam notes yang isinya itu materi materi yang diajarin sama dosen, yang dibikin sendiri khusus oleh mahasiswa.
Terus kenapa bikin kebetan?? Jadi... kebetan ini biasanya digunakan buat curang, alias buat nyontek. Biasanya diselipin di tempat pensil atau dimanapun, pinter pinter yang bawa kebetan mau nyembunyiinnya dimana. Tapi ini contoh yang ga baik, jangan ditiru yaaa sodara-sodara!!

El pribadi sih pernah nih bikin beginian sekali, dan langsung ke gep sama pengawas. Kebetannya langsung di ambil dan masuk laporan deh. Hahhaaa... Tapi Alhamdulillah yaaa *ala syahrini* el langsung dapet pencerahan alias ga lagi lagi bikin kebetan. Tobaaaaaat...

Berdoa dan minta didoakan sama orang tua
Yang ini mah el banget. Hahhaaa... biasanya nih kalo lagi ujian gitu mesti deh el bilang sama emak bapak ”doain el yaak biar ujiannya lancar, terus ipk-nya naik... aamiin...”. kalo si emak biasanya senyum senyum aja el bilang begini, karena udah pasti yaak orang tua bakalan doain yang baik baik buat anaknya. Naaah kalo si bapak?? Bapak juga pasti doain, ga mungkin ga, Cuma biasanya ditambahin nasehat nih, ”Belajar! Kalo ga belajar yaa sama aja di doain juga, ga ada gunanya wong ga ada usahanya.” hohooohhoo... wokeee pak.
Eeehh tapi jangan lupa, diri sendiri juga harus berdoa, ga Cuma buat kesuksesan sendiri yaa! Buat temen-temen yang lain juga harus didoain biar ujiannya lancar. Terus buat orang tua yang udah doain kita, jangan lupa ucapin terima kasih plus ikut di doain juga yaaa.

Wokeeeeee sekian dulu yaa basa basi el kali ini. Hehheee.. sampe ketemu di postingan selanjutnyaa. Doain yaaak temen-temen biar UTS el lancar, dimudahkan dalam menjawab dan IPK naik. Aamiin.. makasiih yaaa. Hehhee..
Daaaaaaaaaah *dadah dadah ala miss universe*

4 komentar:

  1. haha :)
    banyak belom gue terapin nih, ntr di coba deh...
    semoga hasilnya bagus yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin :)
      eeehh itu ada contoh yang ga baik -__-
      jangan ditiru yaa nak :D

      Hapus
  2. jadi inget UAS sebentar lagi... Ada 20 paket yg berbeda.. Huffft...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaaaahh udah UAS aja kakaknyaaah, aku malah belum selesai utsnyaa :D
      SEMANGAAAAT kak :)

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^