Selasa, 18 Desember 2012

Pokoknya tentang Bulan Menanam Pohon

Emmmmm.. udah masuk bulan desember aja yak.. udah masuk akhir tahun juga yak.. terus bentar lagi tahun depan yak.. Hahhaapasiiih ga jelas banget yak. Wakakakakak...
Jadi begini sodara sodara sekalian, Bulan Desember, bulan gede gedenya sumber alias hujan deras + banjir merajalela. Terutama buat yang tinggal di daerah jakarta, pada dihantui harap harap cemas datengnya banjir yang datang ga dijemput pulang ga dianter *jelangkung kaleee* dan selain banjir, polusi juga merajalela. Mau dapetin udara segar aja syusyaaaah banget. Dan kadang di beberapa daerah di Indonesia juga ada yang mengalami kekeringan, kekurangan air gitu deh di bulan bulan tertentu.

okee lanjuuut.. Nah desember ini selain bulan gede gedenya sumber, ternyata juga jadi Bulan Menanam Pohon Nasional lhooo...

Terus kenapa bulan desember??

Dari informasi yang el dapet yak, penetapan bulan desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional itu merupakan kelanjutan dari program penanaman pohon yang secara serentak dilakukan setiap tanggal 28 November. Tanggal 28 November itu ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia lhooo... Inget inget yaa temaaaan...

Temen-temen pasti pernah denger deh tentang berita berita mengenai penanaman pohon di Indonesia. Pas tahun 2011 lalu, pemerintah melanjutkan program yang namanya program Penanaman 1 Miliar Pohon (One Billion Indonesian Trees) yang udah berlangsung juga pada tahun 2010. Tahun tahun sebelumnya juga udah ada lhooo program penanaman pohon, yaitu tahun 2007 dan 2008 dengan nama programnya itu Aksi Penanaman Serentak Indonesia, dan tahun 2009 dengan nama programnya Gerakan Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree).

Kenapa harus pohon??


Temen-temen pasti udah sering bahkan sering sering sering banget denger berita banjir di Indonesia, atau mungkin ada yang pernah mengalaminya. El pribadi sih pernah ngalamin kebanjiran juga walau Cuma sekali *curcol dikit ya ciiin* tapi ga parah kayak kebanyakan warga jakarta, soalnya tempat tinggal el agak melipir dikit ke daerah Depok, Jawa Barat. Hehhee.. waktu itu sih rumah el kebanjiran Cuma sampe semata kaki doang, tapi tetep aje yee repot mindah mindahin perabotan terutama yang berlistrik listrik gitu. Dan alhasil pas weekend tuh nguras bak rumah gegara banjir #1000pukpukpukUntukeL

Emmm udah gitu nih yak, polusi dimana-mana. Liat aja orang-orang di jalan tuh pada pake masker buat menghindari polusi. Asap asap dari knalpot kendaraan, terus asap asap dari pabrik industri, bikin udara ga seger lagi. Dan karena asap asap itu juga yaak lapisan ozon di bumi itu jadi berlubang. Makanya sekarang bumi tuh panaaaaaas mulu bawaannya, terutama untuk daerah daerah yang minim banget pohon. Malah sampe ada yang kekeringan juga, syusyaah air brooo.

Lanjuuuut...

Sesuai dengan pertanyaannya kenapa harus pohon, dan hubungannya dengan banjir atau polusi atau segala rupa, el bakalan kasih jawabannya. Apa jawabannya?? Ini dia...

Jeng.. Jeng.. Jeng..

Karenaaaaa pohon itu punya banyak manfaat lhooo temen-temen, dari akar sampai ke daunnya..

--- pohon bisa menahan laju air sehingga akan lebih banyak air yang nyerep (baca : terserap) ke dalam tanah, naaah ini bisa meningkatkan cadangan air tanah lhooo..
--- akar pohon juga akan menahan tanah yang terkikis biar ga masuk ke aliran sungai atau saluran air yang akan menimbulkan endapan, hal ini nih yang bisa mencegah terjadinya kekurangan air di musim kemarau sama banjir di musim hujaaaan..
--- ternyata pohon juga menjaga kesuburan tanah..
--- yang paling penting nih, pohon itu memasok kebutuhan oksigen buat makhluk hidup kayak kita lhooo melalui proses fotosintesisnya, terus menyaring kotoran juga kayak debu jalanan, asap knalpot, asap pabrik industri, dll..
--- terus yang paling kita bisa rasain banget dari manfaat adanya pohon adalah meningkatkan kenyamanan lingkungan karena pohon itu mampu membentuk yang namanya mikroklimat yang sejuk, mengurangi kebisingan, mencegah silaunya sinar matahari, mengurangi bau busuk, dan memperindah lingkungan sekitar
--- ga Cuma sekitar batang, akar dan daunnya aja yang bermanfaat dari pohon, untuk pohon yang memiliki bunga, bunganya berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Selain itu minyak yang dihasilkan dari bungan juga bisa dijadikan parfum lhooo. Bungan juga bisa sebagai tanda cinta *eeeehh*.
--- daun pada pohon juga bisa digunakan sebagai obat lhooo untuk tanaman tanaman tertentu. Dedaunan yang kering juga bisa dimanfaatin buat dijadikan pupuk kompos. Teruuuuus, bisa juga jadi tanda cinta (lagi) lhooo *coba tonton film india yang judulnya mohabbatein* hehhee...

Banjir yang merajalela di Indonesia terutama di wilayah Jakarta, itu karena kurangnya lahan untuk penyerapan air. Coba aja liat bangunan dan gedung tinggi dimana-mana. Ada lahan kosong dibeli, dibangun mall, atau apapun itu. Tanah tanah di aspal, dan ga ada celah sedikit pun untuk penyerapan air terutama air hujan. Terus polusi juga kurang bisa diminimalisasi di daerah perkotaan, karena kurangnya pohon pohon yang bisa menghasilkan oksigen. Lahan kosong berkurang, pohon juga ikut berkurang, mau dimana coba tanam pohonnya kalo ga ada lahannya?? Belum lagi ditambah beberapa daerah di Indonesia yang kadang mengalami kekeringan parah dan berkurangnya pasokan air.

Okee, itu permasalahan luar biasa yang dihadapi oleh pemerintah karena kurangnya lahan untuk menanam pohon atau penghijauan terutama di daerah perkotaan. Tapi pemerintah ga diem aja kok. Pemerintah mulai membangun taman kota yang multifungsi, ga cuma buat penghijauan aja tapi juga bisa dijadiin tempat rekreasi atau jalan jalan sore gitu. Pemerintah juga mulai sedikit sedikit memperbaiki jalan untuk aliran air.

Terus yak, daripada kitanya sibuk protes ke pemerintah karena kurangnya lahan buat penghijauan, protes karena banjir, protes karena kekeringan dimana-mana, kenapa kita ga ikutan tanam pohon dan buat lahan kita sendiri untuk penghijauan. Ya ga?? Iya dooong pastinya. Jadi kita juga ikut berpartisipasi di bulan menanam pohon ini.

Caranyaaaa??

Nah, bagi temen-temen yang punya sedikit lahan atau bahkan ga ada lahan sama sekali yang tersisa disekitar rumah, temen-temen tetep bisa kok melakukan penghijauan dengan menanam pohon di pot. Tapi tanaman yang di tanam di pot jangan pohon yang besar besar kayak pohon mangga atau durian, kasian potnya ntar kalo pohonnya udah besar. Hehheee...

Pot yang udah temen-temen tanemin pohon, bisa temen-temen letakkan disekitar halaman rumah. Selain buat penghijauan, jadi multifungsi tuh buat memperindah halaman rumah juga. Terus jangan lupa yak itu taneman di siram dan di kasih pupuk biar ga mati. Simple kan?? Dan bagi yang masih punya lahan untuk tanam menanam, silahkan temen-temen tanam berbagai jenis pohon kesukaan temen-temen. Kan bisa sebagai penyimpan cadangan air juga lhooo...

Kalo el pribadi, berhubung rumahnya bukan disekitar perkotaan dan belum terlalu padat penduduk, masih ada banyak lahan untuk menanam pohon dan penyerapan air. Dan walaupun pohonnya ga kayak yang di taman kota, tetep kok punya fungsi sebagai paru paru dunia. Hehheehe...

Ini nih foto foto yang berhasil di dokumentasikan dengan pohon pohon atau tanaman tanaman di sekitar el dari waktu ke waktu. Hohhohoo... maap yaa kalo kelewat narsis *nyengir lebar*

2012-12-14145027_zpsffd51967
Tanam Pohon Gelombang Cinta di pot sekalian dirapiin biar ga di ceker-ceker ayam

2012-12-14150859_zps5636c7c0
Lahan terbatas ga jadi masyalaaah, tetep bisa tanam pohon kok di pot

Photobucket
Pohon Sawo ^.^

Photobucket
Belakang rumah eL pas tengahari bolong, cantik kaaan

Photobucket
Eeeehh ada mbek ikutan mejeng XD wakakakakak...

Photobucket
Serba ijo biar kompak sama pohonnya sekalian numpang mejeng di kampus, hihiihhi...

Photobucket
Latar belakang fotonya selalu aja pohon *jember punyaaa*

Photobucket
Narsis bareng keponakan dan lihatlaaah belakangnyaaa itu pohon padi lhooo

Photobucket
Ini didepan rumah lhoooooo sama anak tetangga *hahhahaa*

Photobucket
Di Taman Matahari daaan backgroundnya pohon, baguuus kaaaan :D


Alhamdulillah yaa *ala syahrini* kelar juga tulisan el tentang bulan menanam pohon. Hehhee.. yuuuk, el ajakin sekali lagi buat ngelakuin penghijauan dengan menanam pohon. Jangan jadiin keterbatasan lahan sebagai alasan untuk ga ngelakuin penghijauan. Hal besar itu dimulai dari hal yang paling kecil lhooo... Kalo ga kita mulai dari diri sendiri, siapa lagi yang mau memulai?? SEMANGAAAAAT!!


Bloggers’ Shout Out – 8th Bloggers’ Campaign Project

16 komentar:

  1. kunjungan pertama nihh..keren blognya.. :)
    selamat bulan memanam pohon yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiih yaa :)
      selamat bulan menanam pohon juga :) ikutan yaaa

      Hapus
  2. bener banget tuh..
    sesuatu yang besar harus dimulai dari melakukan sesuatu yang kecil dulu..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. syiiiiip kakaknyaaah :D
      yuuuk kita mulai hal yang keci dari sekarang untuk mewujudkan sesuatu yang besar nantinya :)
      SEMANGAAAAT

      Hapus
  3. salam dari gua rinem anak asuh blogger energi

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam balik mas rinem :)
      makasiih yaa udah blogwalking kesini :)

      Hapus
  4. asli ruameeee yak tulisannya, bener" seru yak postingannya, keren bener artikelnya yak... sueger bacanya, saya kasih 2 jempol buat yg nulis yak yak yak hehe..
    salam kampanye ngeblog solid yak :)

    BalasHapus
  5. hohhoohhoo makasiih yaaak :)
    salam solid :) yeaaaahh!!

    BalasHapus
  6. Waaaaa, background blognya daun, warnana ijo. Adeeeemmmmm.
    Tulisannya lucu ditambahin emoticon unyu-unyu.

    ngebacanya seru, dan isinya mantapp.

    Yah, mari kita mulai menanam, menjaga dan melestarikan pohon di sekitar kita demi masa depan dunia.

    Salam solid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiih bang :)
      iyaa yak aku malah baru sadar kalo blog aku serba pohon serba ijo :D

      Hapus
  7. ckckckck pohon Gelombang Cinta,seumur2 tumben denger, he he
    besarnya kayak gimana ya,,penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahahaa katanya sih ntar gede bang pohonnya tapi aku juga ga tau segede apa
      wkakakakak :D

      Hapus
  8. Pohon itu makhluk keren loh. Klo manusia pengen berubah mesti bergerak. Tapi pohon bisa mengubah lingkungan sekitar hanya dengan berdiri diem di tempatnya. Keren kan? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeehh iyaa juga yaaak.. bru sadar aku bang, hahhahaa..
      berarti pohon itu juga pahlawan yaak, pahlawan penyelamat dunia. kereeen :)

      Hapus
  9. Kunjungan Pertama...
    Rajin-rajin menanam Pohon agar udara tambah sejukkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. syiiiiipp...
      makasiih yaa udah blogwalking kesini :)

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^