Minggu, 22 Desember 2013

Tentang Lebih dan Kurangnya Multimedia

Halooooooo… sekian lama kita berkutat sama multimedia, kayaknya el belum nyebutin nih kelebihan sama kekurangannya multimedia. Yaudaaaah, yuuuk mari capcuuuuuuuus kita bahas…

>> Kelebihan Multimedia <<

Menarik perhatian

Menurut el pribadi, multimedia itu bisa menarik perhatian orang-orang yang memperhatikan informasi yang disampaikan oleh si multimedia itu sendiri. Walaupun tiap orang pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda dengan menarik atau tidaknya multimedia tersebut. Hal itu dikarenakan manusia memiliki keterbatasan pada daya ingat. Jadi kalo yang menarik pasti bakalan mudah diingat.

Sebagai Media alternatif dalam penyampaian pesan
Ini yang bikin multimedia juga teope banget karena multimedia diperkuat sama teks, suara, gambar, video dan animasi. Jadi orang yang memperhatikan pesan atau informasi yang disampaikan itu ga bakalan ngerasa jenuh dan bosen.

Kamis, 19 Desember 2013

Multimedia - Media Sosial di Mobile

Setelah kemarin posting tentang media social yang memanfaatkan multimedia, kali ini el masih mau menyebutkan tentang media social lagi. Bedanyaaa, kalo yang dipostingan sebelumnya itu merupakan media social yang dibuka via browser di PC, sekarang yang mau el sebutin adalah media social yang sering dipake di mobile.

.Instagram
logo instagram
Aplikasi mobile yang satu ini bener-bener naik daun. Si Instagram ini merupakan salah satu aplikasi multimedia yang ngeksis di mobile untuk berbagi informasi dengan media gambar dan video. Gambar atau video yang kita upload di Instagram ini bisa kita share juga lho ke media social lain kayak facebook ataupun twitter. Di Instagram ini setiap gambar atau video yang kita upload bisa kita kasih kata-kata dengan tag yang kita mau untuk memudahkan juga orang lain yang mau mencari gambar atau video sesuai dengan nama tag yang dicari.

Rabu, 18 Desember 2013

Multimedia - Media Sosial

Haloooow… back to blognya el. Masih seperti kemarin-kemarin, el masih akan membahas tentang multimedia karena bawaan tugas yang dikejar deadline. Hehehee…

Yang mau el tulis kali ini tentang media social yang menggunakan multimedia. Ada apa aja sih??

Cekidooooooooot…

.Facebook
Yaaak, media social bernama Facebook ini pasti udah ga asing banget buat temen-temen semua. Dan hampir orang-orang didunia ini berkutat dengan facebook *termasuk gue* heheheee… facebook ini merupakan salah satu media social yang menggunakan pemanfaatan multimedia juga. Kenapa?? Karena lewat facebook kita bisa upload foto ataupun video. Dan untuk fitur chat nya sendiri juga sekarang udah bisa buat tatap muka lhoooo karena ada fitur …

Jumat, 06 Desember 2013

Petak Umpet

Australia negeri wool… katanya… katanya…
Aborigin sukunya… katanya… katanya…
Bumerang senjatanya… wow… wow…
Kangguru binatangya

Ada yang inget lagu itu?? Hayoooo hayooo… itu lagu zaman kita dahulu lhooo pas masih kecil…

Yak yak gimana?? Gimana??? Silahkan jawab di comment, yang bener dapet cinta dari orang tersayang *lhooo* hahahaha…


Emmmmm kangen deh sama zaman pas masih kecil dulu. Pas el masih suka lompat keluar lewat jendela padahal ada pintu, tiap liburan main dari pagi sampe sore, lari-larian sama temen-temen, susah disuruh makan gegara asyik main, dan segala macemnya… sekarang mah udah gede pan, udah tuwir, udah 21 tauuun *kode minta dinikahin* wkwkwkwkwk… Ga bisa lagi lompat lompat lewat jendela, bisa disangka maling ntar. Hahahaha…

Kamis, 05 Desember 2013

Obrolan seputar Photoshop

Di suatu sore yang dihiasi dengan rintik rintik hujan, seorang Encum seperti biasanya tetep ngerecokin temennya yang bernama Unyun. Mau ngapain sih si Encum??

Check this out…

Encum     : *lari-lari kayak di pilem india* “Unyuuuuun… tolongin encuuuum duuuuuundh…”

Unyun      : “Kenapa sih Cum?? Ujan ujan gini masih aja sempet lari-lari dari rumah kesini.”

Encum     : “Tolongin Encum dooong nyun. Urjen nyun, urjen.”

Unyun      : “hah? Urjen?? Urgent, cum.. “

Encum     : “Iyaa dah.. itu dah namanya yak. Darurat pokoknye…”

Unyun      : “Kenapa sih?? Atur napas dulu. Abis itu baru ngomong!”

Encum     : “jadi gini, Nyun… Poto Encum yang mau Encum kasih ke pacar ntu pan jelek banget dah yak. Nah Encum mau minta tulung sama Unyun buat bagusin potonye Encum. Biar cakepan dikit gitu dah. Biar kayak artis di tipi tipi. Kayak selena gomez dah minimal yee…”

Selasa, 03 Desember 2013

[Perangkat Lunak Multimedia] Media Player

Disuatu sore yang mendung mendung bikin galau gimanaaaaaaa gituuuu, seorang cewek bernama Lela lagi asyik dengerin lagu kesukaannya yang liriknya kayak gini nih

Ku berlari kau terdiam…Ku menangis kau tersenyum…Ku berduka kau bahagia...Ku pergi kau kembali…

Tsaaaaaaaaaaaaaahh~ okelah, lupakan…

Lanjut. Back to topic…

Nah si Lela ini ngedengerin lagu dari laptop tercintanya dengan menggunakan perangkat lunak multimedia. Perangkat lunak multimedia yang biasa di gunain sama si Lela ini namanya winamp, sejenis perangkat lunak multimedia yang biasa disebut dengan media player karena fungsinya yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio maupun video. Informasinya ini isinya macem-macem, bisa jadi tutorial, bisa jadi rekaman suara, dan kayak yang lagi di dengerin si Lela, yaitu lagu.

So, mari kita bahas tentang perangkat lunak multimedia bagian media player.

Cuuuuuuuuuuuuus…

Rabu, 27 November 2013

Obrolan seputar perangkat lunak multimedia

Encum : “Nyun, encum pan abis baca nih yak tentang multimedia. Nah ditulisan itu tuh ada tulisan perangkat lunak multimedia. Minta tolong dong nyun jelasin ke encum maksudnye apaan yak perangkat lunak multimedia ntu…”

Unyun : “Gini cum, dari sumber yang unyun baca sih perangkat lunak multimedia itu adalah perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk mengolah media informasi yang berupa teks, gambar, audio, grafik, video ataupun gabungan dari semuanya cum…”

Encum :”Ooooo gitu nyun… berarti kalo kite mau bikin multimedia ntu pake aplikasi aplikasi itu ye nyun??”

Unyun :”Yoyooooy cum…”

Encum : “Hmmmm berarti banyak dooong ye perangkat lunak buat bikin multimedia... ada apaan aje sih nyun??”

Senin, 18 November 2013

Jenis Jenis Multimedia

Haloooooo… kali ini el bakalan membahas sesuatu yang masih berhubungan dengan multimedia. Ga panjang panjang, singkat aja, yaitu tentang jenis jenis multimedia. Yuuuuuuuk… 

Ada berapa sih jenis jenis multimedia??

Emmmm sampai saat ini dari berbagai sumber yang el baca, jenis jenis multimedia itu ada tiga jenis.

Apa aja el??

Emmmm yang pertama itu ada multimedia interaktif. Yang kedua ada multimedia hiperaktif, dan yang ketiga itu ada multimedia linear.

Ayah Ayah Ayah

Halooooooo~ akhirnyaaa aku kembali lagi membuat tulisan untuk campaign project setelah sekian lama menumpuknya *hiks…hiks…*
 
Yaaaaaaaapp postingan kali ini bakalan membahas tentang sosok yang ada didalam kehidupan kita. Sosok itu begitu dekat bahkan sangat dekat.

Siapa?? Siapa?? Siapa???


Yak, kalo el pribadi manggilnya bapak. Hehehee…

Ayah itu merupakan pasangan dari ibu, bapak dari anak-anaknya, anak dari ibu bapaknya, cucu dari kakek neneknya… dan bla bla bla seterusnya…

O iyaa, tanggal 10 November lalu, Indonesia memperingati hari pahlawan. Dan tanggal 12 November juga diperingati sebagai hari ayah nasional. Nah, jadi ga Cuma ibu aja nih yang punya hari ibu.

Minggu, 17 November 2013

Apa sih multimedia itu?

Multimedia. Pasti temen-temen banyak yang udah sering banget denger kata multimedia. Nah, yang sekarang bakalan kita bahas di postingan ini tuh tentang berbagai definisi dari multimedia.

Yuuuuuuk aaaah…

Multimedia itu berasal dari dua kata lhoooo~ yaitu MULTI = banyak atau lebih dari satu, dan MEDIA = wadah atau alat.

Menurut Wikipedia, multimedia itu adalah penggunaan computer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu atau tools, dan koneksi (link) sehingga si pengguna bisa melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya ataupun berkomunikasi.

Kalo menurut Najjar (1996), multimedia itu adalah penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video dan animasi.

Jumat, 15 November 2013

Ordinary Doodle

Huaaaaaaaaaaaaaahh… sekian  lama berkiprah di dunia persilatan *lhooo* bukan! Bukan! Bukan! Maksudnya di dunia perkomputeran, el jadi mengalami tingkat stress yang meningkat. Hmmmm tapi ada salah satu cara untuk mengurangi tingkat stress lhooo~ yaitu mengerjakan hobi dengan senang hati.

Nah kebetulan el  lagi belajar bikin doodle dan bikin doodle ini bikin el jadi cukup terlepas dengan stress yang ada, makanya postingan kali ini el bakalan ngebahas tentang pengertian doodle dan tutorial cara membuat doodle yang sederhana.

Langsung cuuuuuus yuk aaaah~

[Tugas] Pin Pin Pin BBM

Halooooooooooow… masih dengan bahasan seputar bbm for android, kali ini el mau bahas tentang pin bbm itu sendiri.

Apa sih pin bbm itu??
Pin (Personal Identifier Number) pada handphone adalah penanda unik yang membedakan kepemilikan handphone dan berguna sebagai ID untuk saling menambahkan kontak dalam aplikasi yang menggunakan pin seperti bbm.

Berapa digit sih pin bbm??
Nah kalo temen-temen perhatiin secara baik-baik, pin bbm itu terdiri dari 8 digit karakter yang isinya ga cuma angka tapi juga huruf.

Karakter awal pin bbm

Buat yang pake aplikasi bbm, coba diliat digit pin-nyaaa~ untuk yang android dan iOS karakter awal digit pin bbm nya itu pasti dimulai dari angka 7. Sedangkan untuk yang pengguna bbm di Blackberry, kepala depannya dimulai dari angka 3 untuk yang operator CDMA dan angka 2 untuk yang operator GSM

E-Business dalam Supply Chain [part 2]

Sistem Fungsi Bisnis

Penerapan E-business pada sistem fungsi bisnis terdiri dari lima komponen utama, yaitu:

  1. Sistem marketing, berhubungan dengan perencanaan, promosi dan penjualan produk-produk yang ada di pasar serta pengembangan berbagai produk baru dan pasar baru agar dapat lebih baik melayani pelanggan. Penggunaan teknologi informasi di bidang mareting, pada walnya diterapkan pada promosi produk maupun jasa dengan menggunakan fasitas internet, yang banyak dikenal dengan sebutan e-commerce. Media  pemasaran  melalui  e-commerce  dengan  pemanfaatan  fasilitas  internet banyak dikembangkan melalui website, jaringan sosial seperti facebook, twitter  dari tahap  promosi  produk  atau  jasa  hingga  pemesanan  produk  atau  jasa  tersebut
  2. Human  resource  management system (Sistem sumber daya manusia), melibatkan perekrutan, penempatan, evaluasi, kompensasi dan pengembangan karyawann dari sebuah organisasi. Sejak  berkembangnya  penggunaan  teknologi  informasi  dalam  perusahaan,  E-business  juga  diterapkan  pada  sistem  SDM  perusahaan-perusahaan  besar  di Indonesia.   Penerapan  E-business  sudah  dilakukan  dari  tahap  recruitment,  proses seleksi  dan  penilaian,  pengarsipan  data  karyawan,  training,  penempatan  hingga carrier  path  telah  dikelola  dengan  sistem  terintegrasi,  dan  setiap  saat  dapat dianalisa  untuk  pengambilan  keputusan  selanjutnya  untuk  pengembangan, repositioning  karyawan  maupun  keputusan  lainnya  yang  berkaitan  dengan karyawan. 
  3. Financial Management System (Sistem Manajemen Keuangan), mendukung manajer bisnis dan para praktisi dalam keputusan yang berkaitan dengan keuangan bisnis serta pengendalian sumber daya keuangan di dalam bisnis.
  4. Accounting System (Sistem Akuntansi), mencatat dan melaporkan arus dana melalui pengaturan dan pembuatan laporan keuangan secara historis seperti neraca dan laporan laba rugi.
  5. Manufacturing System (Sistem Manufaktur), meliputi semua aktifitas yang berkaitan dengan pernecanaan dan pengendalian proses menghasilkan produk atau jasa. Proses ini menggunakan  sejumlah  peralatan  modern  seperti  mesin  industri, program  manajemen  yang  teratur  dan  terukur  untuk  melakukan  transformasi barang  mentah  menjadi  barang  jadi  dan  layak.   Seluruh  tahapan  dalam  industri manufaktur harus terintegrasi dengan baik.

Kamis, 14 November 2013

E-Business dalam Supply Chain [part 1]

Pengertian Supply Chain Management

Suplly chain management adalah sebuah system terkoordinasi yang terdiri atas organisasi, sumber daya manusia, aktivitas, informasi dan sumber-sumber daya lainnya yang terlibat secara bersama-sama dalam memindahkan suatu produk atau jasa baik dalam bentuk fisik maupun virtual dari suatu pemasok kepada pelanggan.

Pengertian E-Business

Electronic Business atau E-business dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan sistem informasi komputer. Sekarang ini E-businesss merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet.

Peran e-business dalam supply chain
  • Mendukung pelaksaan transaksi jarak jauh sehingga dapat menambah pendapatan perusahaan karena transaksi tidak lagi terbatas pada tempat tertentu.
  • E-business dapat di akses dari mana saja dan kapan saja dengan menggunakan internet pada komputer ataupun mobile secara online sehingga memudahkan pelanggan tanpa perlu mendatangi suatu toko atau perusahaan untuk mengetahui harga ataupun jenis barang yang ingin dibeli. Bahkan transaksi pembayaran pun dapat dilakukan secara online.
  • E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel.
  • E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Jumat, 08 November 2013

[Tugas] Kata mereka tentang BBM for Android

Berhubungan dengan tugas softskill tentang bbm for android, el mau menampilkan hasil obrolan-obrolan seputar bbm for android dengan beberapa orang pengguna aplikasi tersebut.
logo bbm for android

Bagaimana tampilan bbm for android?

“Tampilannya kayak Blackberry Z10, cuma belum lengkap fasilitas bbm-nya. Lebih lengkap di Blackberry.” Begitu kata Hermawan, seorang kawan yang udah bekerja dan juga menggunakan aplikasi bbm for android ini. Ia mengaku seperti itu karena sebelumnya sempat menggunakan smartphone Blackberry.

Sama dengan Teteh Amelia, mahasiswi jurusan sistem informasi ini bilang kalo tampilan bbm for android memang kurang lebih sama dengan Blackberry Z10 hanya fasilitasnya cukup jauh berbeda dengan bbm asli di Blackberry.

Sedangkan menurut salah seorang mahasiswa, tampilan bbm for android dengan bbm di Blackberry sama aja. Ga ada perbedaan. Bahkan ia yang sebelumnya hanya melihat bbm di blackberry yang bukan milikinya, kini benar-benar merasa menggunakan Blackberry.

Kamis, 07 November 2013

[Tugas] Apa sih BBM itu?


Apa sih BBM itu?? Apa sih BBM itu?? Apa sih BBM itu??

BBM disini bukan Bahan Bakar Minyak yang beberapa waktu  lalu sempet heboh karena harganya yang naik. Bukan yak! Bukan. Hehehe… 
Tapi BBM yang  mau kita bahas ini adalah BlackBerry Messenger. Menurut Wikipedia, BlackBerry Messenger adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna BlackBerry. Dan si BBM ini jadi salah satu keunggulan di perangkat BlackBerry itu sendiri lhoooooo~

Fitur BBM

Untuk BBM yang versi jadul nih yang versinya 4.5/4.6/4.6.1/4.7, itu tampilannya masih sederhana, cuma terdiri dari nama-nama kontak sama statusnya aja.

Si BBM ini bisa menampilkan kontak + status dari masing-masing pengguna. Nah kalo kita mau liat status teman  kita yang pake BBM juga, bahasanya sih kita harus nge-invite pin BBM si teman kita itu. Tapi selain pin, ternyata bisa juga lhooo pake alamat email. Buat yang udah nge-invite siap siap deh bakalan di accept atau di ignore, karena fitur penerima permintaan pertemanan di BBM ini menyerupai si Facebook.

Senin, 28 Oktober 2013

[Peringatan] Hari Sumpah Pemuda


SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928

Hayoooo hayooo ada yang tau itu teks apa?? Tau?? Tau?? Pasti tau dong yaaa wong ada judulnya kok. Hihhiihii…

Yap Yap Yap… itu adalah teks sumpah pemuda. Itu teks sumpah pemuda ditulis dengan ejaan van Ophuysen, yaitu ejaan yang dimengerti oleh orang Belanda.

Minggu, 27 Oktober 2013

[Peringatan] Hari Blogger Nasional

Blog apaan sih??
Halooooooow halooooooooooow~ hari gini belum tau blog itu apaan?? Capeeee deeeeh *tepok jidat* Oke, mari kita bahas…
Menurut Wikipedia, Blog itu adalah aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Jadi blog itu termasuk kedalam web, tapi web dalam skala kecil. Urutan posting didalam blog juga biasanya dari yang paling terbaru dulu, baru deh yang lama dibawahnya...

Sejarah Blog
Masih menurut sumber yang sama, media blog pertama kali itu dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs. Tapi pada akhir taun 2012 PyraLab diakuisisi oleh Google.Com. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Kamis, 24 Oktober 2013

Cara Rasulullah Menjaga Kesehatan Diri

Halooooooooooooow~ hayooo hayooo udah pada mandi belum nih?? Udah dooong yaaaa~ yang belum mandi ayooo pada mandi~

Kali ini el mau bahas tentang gimana cara Rasulullah menjaga kesehatan diri. Pasti pada mau sehat juga kan yaaa kayak beliau. Okeee mari cuuuus…

[Pertama] Bangun Sebelum Shubuh

Rasulullah itu selalu bangun sebelum shubuh, terus mandi, shalat sunnah, terus kalo udah datang waktunya shalat shubuh, beliau segera shalat shubuh berjamaah.
 
Keutamaan yang kita dapet dengan bangun sebelum shubuh itu tuh kita bisa dapet limpahan pahala karena ibadah yang kita lakukan, terus menguatkan akal pikiran juga, udah gitu udara pagi juga baik untuk tubuh kita.

Rabu, 16 Oktober 2013

[part 2] Keuntungan Dan Kerugian Telematika

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti memiliki dampak positif berupa keuntungan dan dampak negativ berupa kekurangan. Nah, telematika pun seperti itu.

Keuntungan Telematika

Apa aja sih keuntungan yang kita semua dapet dengan adanya perkembangan telematika itu sendiri?? Berikut ini beberapa keuntungannya… cekidooooooooooot…

Jumat, 04 Oktober 2013

[part 1] Pengantar Telematika - Definisi Telematika

Update blog lagiiiii… halooo halooo… kali ini el mau posting tugas softskill untuk mata kuliah Pengantar Telematika. Kita bakalan ngebahas tentang pengertian dari telematika dan media perantara telematika.

Yuuuk yuuuk langsung cekidoooot aja… mariiiiiiiiiiiiii…

Rabu, 02 Oktober 2013

Hari Batik Nasional

Haloooo halooo...

SELAMAT HARI BATIK NASIONAL ^_^

Tapi sebenernya beberapa saat yang lalu gue ga tau lhooo kalo sekarang hari batik nasional -_-

La teruuuus itu ngapa ngucapin "selamat hari batik nasional"?

Jadi gini bro, tadi pagi itu si adek kan mau berangkat sekolah, nah gue ngeliat kok dia pake baju batik bebas gitu. Bukan seragam sekolah. Otomatis gue ingetnya kalo sekarang itu hari kamis *padahal sekarang rabu*, karena si adek emang selalu pake seragam batik kalo sekolah hari kamis. Cumaaaaa ya kok pake batiknya bukan batik seragam sekolah. gituuuuu...

Terus kan emak nanya, "kok kamu pake jaket? itu kok pake batik gitu dalemnya?"

Nah si adek ngejawab, "kan hari batik nasional, bu. jadi disuruh pake baju batik sama bu guru."

Jumat, 27 September 2013

Ini ceritaku hari ini

Hari ini bener bener hari yang bikin eL terharuuu banget. EL bener bener ngerasa bersyukur atas segala yang udah Allah kasih. EL juga jadi ngerasa bahwa kita sebagai manusia tuh sebenernya ga ada apa apanya. Ga patut untuk bersombong diri atas apa yang sebenernya bukan milik kita. Mata, hidung, telinga, tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya itu semua milik Allah yang Ia titipkan kepada kita untuk kita jaga baik-baik.

Ya Allah… hari ini aku bener bener terharu melihat kuasaMu. Ketika banyak rumah tangga yang tergoncang karena suatu perbedaan kecil, hari ini aku dihadapkan pada betapa indahnya kehidupan rumah tangga sepasang suami istri yang memiliki kekurangan. Kekurangan tidak menjadikan mereka menjadi putus asa dalam membina rumah tangga. Mereka tetap bisa menjalankan sunnah Rasul dengan baik. Begitu romantis dan saling pengertian. Saling menyayangi dan saling membantu sekalipun mereka sama sama memiliki kekurangan.

Mungkin bagi sebagian orang ngeliat hal kayak gitu biasa aja. Tapi buat eL, entah kenapa rasanya ngiluuuu banget hati eL ketika melihat mereka. Ngilunya itu karena eL sendiri terkadang masih lupa untuk bersyukur atas nikmat yang udah Allah kasih. Sementara mereka masih bisa menikmati segala yang udah Allah kasih sekalipun dengan penglihatan yang berbeda dengan kita orang-orang yang berpenglihatan normal.

Rabu, 25 September 2013

Pelatihan Junior Database Programming part 2

Holaaaaaaaaa~ kembali lagi di blognya eL. Kali ini el mau posting lanjutan dari postingan el tentang pelatihan database beberapa waktu lalu. Yang belum baca silahkan liat postingan el yang ini :

Pelatihan Junior Database Programming part 1


Lanjuuuuuuuut…

Selasa, 10 September 2013

Mulai terbiasa dengan keadaan di asrama, el mulai akrab sama temen sekamar dan beberapa temen lainnya. Berbagai daerah nongol semua lhoooo di pelatihan ini. Ada yang dari kebumen, cengkareng, jogjakarta, dari depok juga ada, bahkan ada juga yang dari Palembang dan Samarinda. Wuiiih jauh kan yaa sampe nyebrang pulau gitu. Tapi demi menuntut ilmu, halangan apapun pasti sanggup dilalui. Yaa ga?? Hehhehee…

Selasa, 10 September 2013

Pelatihan Junior Database Programming part 1

Holaaaaaaaaaa~ dududuuuu~ lama banget ga update blog. Sampe bulukan nih blog. hahhahaa.. Maap yaaak...

Kali ini el mau posting tentang kegiatan yang lagi el jalanin selama seminggu ini. Tapi ini part satunya aja yaak. wakakakakak...

Jadi begini, beberapa waktu yang lalu el ikutan daftar pelatihan dan sertifikasi junior database programming dari Balai Pelatihan & Pengembangan Teknologi Informasi & Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. Alhamdulillah el lolos seleksi bareng sama 59 orang lainnya dari berbagai daerah.

Minggu, 8 September 2013

Setelah ngeh keterima di seleksi pelatihan junior database programming, el langsung siapin apa apa yang mau dibawa selama pelatihan. Secaraaa el bakalan asrama selama lima hari disana. Baju yang dibawa itu udah pasti kemeja buat praktikum selama pelatihannya, terus baju buat sehari-sehari sebelum sama selesai pelatihan, cemilan, laptop dan lain sebagainya. Tadinya el itu mau pake ransel. Tapi akhirnya el harus bawa koper. Awalnya ga mau bawa koper takutnya ntar el sendiri yang bawa koper. Tapi ternyataaaaaaaaa~

Kamis, 25 Juli 2013

Stiker Line, Mirip gaaaa??

Holaaaaaaaa \(´▽`)/
Ga berasa deh udah hari ke-16 aja puasanya.. ehh bener kan yaak?? 「(゚ペ) mungkin ada juga yang udah hari ke-17. Hari keberapapun itu pokok e yang penting tetap semangaaaaaat!! Yeaaaaahh (งˆヮˆ)ง

Betewe betewe.. ini sebenernya lagi bosen banget dirumah. Kagak jelas mau ngapain. Laper, tapi kagak mungkin makan yaa kaaan. Puasa gituuu. Mau tidur juga kagak bisa, ga pernah tidur siang. Alhasil cuma guling gulingan doang dikasur sampe puyeng. Hahhahaa..

Tapi tapi tapiiiiiiii... tadi tuh el lagi iseng ngecek line dan ternyataaaaa... SEPI. okeee, semuanya serba sepi. Iseng browsing dah tuh tentang line. Sambil browsing el juga liat instagram. Banyak yang pada posting foto dari yang alay sampe yang unyu unyu. Hahhahaa..

AHAAAA!!! *nongol lampu*
El kepikiran buat mirip miripin ekspresi sama tokoh tokoh yang ada di stikernya line. Orang orang di Jepang juga banyak yang niru lhooo. Coba aaaaah...

Nyalain laptop, nyalain kameranya, terus action dah. Eehh tapi sebelumnya el tentuin dulu ekspresi di stiker mana yang mau el tiru. Setelah sempet bertapa selama beberapa menit lamanya, el memutuskan ngikutin gayanya si MOON. itu lhoooo yang putih, bulet ga ada rambutnya. Ada juga sih yang ngikutin gaya si CONY, kelinci unyu yang ganjen *menurut el* hahhahaa..

Yaudah dah yaaa, mending langsung cekidoooot aja deh.. ini dia penampakannyaaaaaa...



Gimanaaa gimanaaa?? Mirip ga sama emoticonnya?? Mirip yaa?? Mirip yaa?? Bilang aja iya. Hahhaha maksa. Yaudah deh, sekian dulu postingan singkat yang rada ga jelas ini. Hehhee..

Selamat berpuasaaaa \(´▽`)/

posted from Bloggeroid

Rabu, 24 Juli 2013

'Monster'

Kita menjadi sahabat bukan karena kita sepaham dan sama dalam segala hal..
Bukan..
Kita menjadi sahabat justru karena kita berbeda..
Bahkan sangat berbeda..
Aku berbahagia ketika dapat mengetahui bagaimana sahabatku diwaktu marah, sedih, bahagia ataupun kecewa..
Tapi yang aku takutkan adalah ketika sahabatku mengetahui bagaimana aku ketika marah, sedih, bahagia ataupun kecewa..
Aku yang menjadi takut ketika mereka akan meninggalkanku ketika mengetahui 'monster' yang ada dalam diriku..
Ketika 'monster' itu telah hadir dan muncul kepermukaan, aku takut ia akan merusak segalanya termasuk persahabatan kita..
Bahkan ketika ia benar benar telah berhadapan dengan sahabatku, aku takut ia akan semakin menghilangkan persahabatan kita..
Dan benar..
'Monster' itu kini berhasil muncul..
Menjadi bagian dari diriku yang dilanda keterpurukan..
Mengancam menghilangkan persahabatan kita dengan perkataannya yang kasar..
Musnahkan ia tak mungkin, namun memeliharanya pun aku tak mau..
Berhadapan dengan dunia dengan 'monster' seperti itu sangat tidak mungkin, karena aku akan merusak segalanya..
Bersembunyi pun aku tak mau terlalu lama..
Tapi ia 'monster' yang mengerikan..
Melebihi apa yang dibayangkan oleh orang lain bahkan sahabatku sendiri..
Ia lebih marah dari yang terbiasa marah..
Lebih jahat dari yang terbiasa jahat..
Lebih arogan dari yang terbiasa arogan..
Bahkan lebih kasar dari yang terbiasa kasar..
Jika aku menghilang tiba-tiba ketika ia datang, tunggulah aku wahai sahabatku..
Aku sedang menjinakkan 'monster' itu semampuku..
Tunggu aku..
Tunggu aku..

posted from Bloggeroid

Kamis, 18 Juli 2013

Demo Damai BBM ala Emak dan Encum

Dihari senin yang ceraaaaaaaaaaaaaaaaaaaah banget, Babenya Encum lagi serba sibuuuuk banget. Yang bikin Encum heran juga itu kenapa si Babe pake segala iket kepala. Mau ngapain coba??

Encum : widiiiiiih Babe ude kayak pejuang jaman dulu aje be pake iket kepala segala. Mau ngapain dah??

Babe : Babe mau ikutan demo cum..

Encum : demo?? Demo apaan be?

Babe : Babe mau ikutan demo karena kenaekan harga BBM cum.

Encum : laaah?? Babe ngapain daaah ikut ikutan begonoan? Emang Babe dapet duit ikutan demo demo segala?

Babe : kagak sih cum.

Jumat, 12 Juli 2013

Ramadhan pas zaman sekolah

Pas masih sekolah, bulan Ramadhan selalu dapet buku agenda. Selama bulan Ramadhan wajib diisi. Ada halaman buat catatan ceramah, halaman buat catatan shalat lima waktu, halaman catatan buat tilawah qur'an, halaman catatan buat shalat tarawih, halaman catatan pas idul fitri juga ada.

Tiap selesai tarawih, imam shalat tarawih jadi artis dadakan karena dimintain tanda tangan buat buku agenda Ramadhan. Hohhooho..

Tiap hari juga mendadak rajin dengerin ceramah pas mau berbuka atau sebelum adzan subuh. Kalau lagi males nyatet ceramah, pasti ngambil catatan ceramah dari buku agenda Ramadhan taun lalu. Hahhahaa..

Catatan buat shalat yang selalu penuh tanda ceklis itu shalat subuh, maghrib sama isya. Subuh karena barengan sama waktu mulainya puasa dan ga biasa tidur. Kalau maghrib karena barengan sama waktu berbuka, kalau isya karena sekalian tarawih. Dzuhur sama ashar? Kalau ga ketiduran, udah pasti males. Hahahhaa..

Catatan tilawah selalu diisi sama surat surat pendek, paling panjang cuma surat yasiin. Kadang buku agenda Ramadhan juga suka dicontek temen. Kalau lagi idul fitri, kadang dibukunya ada yang minta tanda tangan imamnya juga tapi karena keburu maap maapan alhasil ngarang sendiri aja tanda tangannya. Hahhahaa...

Itu cerita Ramadhanku pas masih sekolah. Gimana dengan ceritamu?? (∩_∩)

posted from Bloggeroid

Selasa, 09 Juli 2013

Selamat Datang Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan \(´▽`)/ Alhamdulillah masih dikasih kesempatan sama Allah untuk menjalankan ibadah puasa di tahun ini. Emang udah dari awal tahun, degdegan banget nungguin bulan Ramadhan dateng. Kalo bisa dijemput pasti el jemput dah. Sayangnya kagak bisa. hehheehee..
Betewe betewe nih.. el jadi keingetan gimana masa masa Ramadhan pas jaman el masih bocah. emmmm sekitar lima taunan umurnya, pas tahun 97 yaak kalo ga salah inget.

* Belajar puasa pas umur empat taun (kata ibu). Puasanya setengah hari terus tuh tiap Ramadhan. Pas kelas dua SD udah mulai full puasanya.

* Pas tarawih el ratunya tidur. hahhahaa.. kenapa?? karena tiap abis shalat isya, el tidur tiduran di mushalla eeh malah kebablasan tidur. Pas mau mulai tarawih dibangunin sama ustadzah Lalah. duhduhduh.. jangan ditiru yaa nak. hahhaahaa..

* Udah mulai beranjak gede sekitar kelas tiga atau empat SD, kegiatan tidur abis shalat isya mulai berkurang. Maluuu coy udah gede. hahahaa.. Tapi shalat tarawihnya masih bolong bolong. Kan 23 raka'at di wilayah rumah el, naah el cuma ngerjain beberapa doang. Dan yang paling rajin el kerjain adalah shalat witir yang satu raka'at. Yang itu ga pernah absen. wakakakakakk..

* Udah mulai lebih gede lagi, malu dooong yaaa shalat bolong bolong. Alhasil el sama fitri sama lia yang merupakan temen el dari kecil, bersaing siapa yang paling banyak raka'at tarawihnya. Barang siapa yang paling sedikit raka'atnya, dia disuruh traktir bakso tusuknya pak brewok. Dan sayangnya ga pernah ada yang traktir karena pada full shalatnya. Jadinya jajan sendiri sendiri deh. hahhahaa..

emmmm apalagi yaaak 「(゚ペ) o iyaaa kadang juga saingan siapa yang baca Aamiin paling kenceng. Terus kalo lagi heboh ngobrol suka di omelin sama ibu ibu, terus malah disuruh pulang biar ga berisik. Tapi ga ada yang mau pulang. Malah betah. Hahhahahaa..
duuuuh jadi kangen masa masa itu.. Kenangan manis, eehh lebih tepatnya lucu, yang ga mau terlupakan sama el. Biar nanti punya kisah yang bisa diceritain ke anak cucu. Ahahhahaa..

Semoga tahun depan Allah masih menghendaki el untuk menikmati bulan Ramadhan. Aamiin.. Semangaaaaat yaaa puasanyaaaa kawan kawan semua (งˆヮˆ)ง

posted from Bloggeroid

Rabu, 26 Juni 2013

Kisah Panjang kala PI part 1

Lama banget kayaknya ga update blog.. sekalinya bisa update ini aja lewat si pince (baca : handphone) tercinta. Campaign project aja sampe sekarang belom kena diposting juga gegara ga bisa kebuka draftnya kalo pake henpon. Huaaahh.. sediiiiih (╥_╥)

Dari pertengahan maret, el mulai dibikin puyeng sama yang namanya PI (Penulisan Ilmiah). Dikampus el, PI ini bakalan ada sidangnya. Dan sidangnya itu mirip sama skripsi. Jadi bisa dibilang ini kayak pre-skripsi gitu. Ketemu DP *Dosen Pembimbing, bukan dewi persik yaak* , nyusun penulisan, repisi, bikin aplikasi juga. Huhuhhuuhuu...

PI ini meskipun cuma 2 sks, tapi jadi salah satu syarat utama buat bisa sidang skripsi selain ipk diatas 3,25. Dan bonusnya dari PI ini, kita juga bakalan dapet ijazah setara D3. Tapiiii.. ya Allah... aku beneran dilanda stress beraaaat (╥_╥)

Untuk mahasiswa yang berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, kita wajib bikin penulisan ilmiah beserta satu aplikasi. Aplikasinya dibebaskan. Ehh ga juga diing. Tergantung dosen pembimbingnya. Ada yang boleh buat aplikasi berbasis android, web atau game. Tergantung keinginan DP masing-masing. Kalo el bikin website untuk ujian pake framework yii.

Awalnya el mau bikin web buat komunitas, tapi ga jadi karena sebelumnya udah terlalu banyak yang bikin web hampir menyerupai kayak gitu. Alhasil yaa kayak yang el bilang tadi, el bikin web ujian online pake framework yii.

Minggu, 09 Juni 2013

Laporan

Arti laporan :
Kata lapor dibentuk dari kata dasar lapor dan mendapat akhiran (sufiks)-an, yang dapat diberi arti sebagai segala sesuatu yang dilaporkan atau pemberitahuan tentang sesuatu.

Ciri-ciri laporan :

  • Laporan penelitian melaporkan suatu penelitian yang mengikuti kaidah penulisan karya ilmiah yang terdiri dari pendahuluan, kajian pustaka, metodologi, hasil dan analisis, serta simpulan. Laporan ini dapat pula berisi anggota tim peneliti, biaya, alat, dll.
  • Laporan kegiatan melaporkan suatu kegiatan, yang biasanya diharapkan dari laporan semacam ini adalah rencana dan realisasi tujuan, hasil, jadwal, anggaran, dan hal-hal lain yang terkait dengan suatu kegiatan.
  • Laporan perjalanan adalah bentuk khusus dari laporan kegiatan yang melaporkan kegiatan perjalanan ke suatu tempat.
  • Laporan pengamatan adalah bentuk khusus dari laporan penelitian yang dilakukan dengan pengamatan atau observasi.
  • Laporan kunjungan merupakan nama lain dari laporan perjalanan.

Tipe Jaringan Komunikasi Data

Berhubung di semester ini el dapet mata kuliah jaringan komputer, daripada arsipnya tercecer ke antah brantah mungkin alangkah lebih baik di share aja. hehehee...
setelah sebelumnya ngebahas tentang pengertian Jaringan Komputer, kali ini el mau share materi yang el dapet tentang tipe jaringan komunikasi data. Ada apa aja?? yuuuk cekidoooooooot...

 

SWITCHED-NETWORK merupakan sebuah alat jaringan komputer yang menghubungkan network segments atau network devices. 

LOCAL-NETWORK merupakan jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil. contoh : jaringan komputer kantor, dalam rumah, atau sekolah. 

Sabtu, 08 Juni 2013

Penulisan Ilmiah dan Metode Ilmiah


Encum : Nyun, apa sih pengertian dari penulisan ilmiah atau karya ilmiah??

Unyun : emmmm pengertiannya yaak?? Jadi gini cum, banyak orang yang mendefinisikan penulisan ilmiah atau karya ilmiah berbeda-beda. Nah, unyun bakalan sebutin pengertian dari beberapa sumber yang unyun dapet.
Pertama, Penulisan ilmiah merupakan satu penulisan bersifat akademik seperti Projek Sarjana Muda atau Laporan Projek Sarjana atau Tesis atau Disertasi Penyelidikan sebagai memenuhi keperluan kurikulum bagi pengajian secara kerja kursus maupun penyelidikan. (UTM, 2001)
Kedua, Penulisan ilmiah merupakan satu bentuk penulisan akademik untuk mempersembahkan sesuatu ide atau konsep atau kajian melibatkan penulis merujuk kepada sesuatu sumber yang ada autoriti seperti buku-buku ilmiah, jurnal, majalah dll dalam penulisannya. (APA, 2001)
Ketiga, Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. (Wikipedia)

Whatsapp

Hayooooo ada yang tau logo apa itu?? Ada yang tau?? Ada yang tau?? Pasti udah pada tau deh. Yaaap, itu adalah logo dari aplikasi smartphone yang bernama Whatsapp. Pasti temen-temen banyak yang pakai aplikasi ini juga nih di handphone.

Whatsapp ini merupakan salah satu aplikasi untuk smartphone yang memiliki basic mirip dengan BlackBerry Messenger. Bedanya adalah Whatsapp ini aplikasi pesan yang bisa digunakan antar lintas platform tanpa biaya sms. BlackBerry Messenger sebenernya juga ga pake biaya sms, tapi memakai paket data internet yang digunakan khusus untuk BBM itu sendiri yang ga bisa dipake untuk browsing, email atau yang lainnya. Sementara Whatsapp menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing atau yang lainnya. Jadi paket datanya ga beda-beda, disama ratakan.