Senin, 18 Februari 2013

Menjaga kebersihan? Gampaaaang...

Kebersihan sebagain dari iman

Temen-temen pasti udah ga asing lagi sama kalimat itu. Naaah terus apa hubungannya nih sama postingan el kali ini?? Emmmm kasih tau ga yaaaa?? Hihhihii…
Baiklaaaaaaaaah…
Jadi begini, sesuai dengan kalimat pertama tadi, kita bakalan ngebahas tentang kebersihan. Lebih tepatnya tentang gampangnya menjaga kebersihan. Tapi sebelumnya, apa sih definisi bersih itu sendiri??

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata bersih memiliki arti bebas dari kotoran. Ga cuma bebas dari kotoran,tapi bersih juga bisa berarti rapi.

Gampangnya menjaga kebersihan itu sebenernya bias dimulai dari hal yang paling kecil dari diri kita sendiri lhooo. Mandi… yaaaak, mandi!! Simple kan?? Dengan mandi kita sama aja menjaga kebersihan diri sendiri. Cukup minimal 2x sehari. Tapi buat temen-temen yang emang kegiatannya bener bener ekstrim dan berhadapan terus sama debu, intensitas untuk mandinya harus lebih di tingkatin lagi. Jangan sampe ga mandi. Kenapa?? Karena debu dan kotoran yang menempel di kulit bisa mengakibatkan penyakit apalagi di tambah dengan keringet dan panas matahari yang terik banget. Uuuuhh pokoknya ga banget. Bikin bau badan, gatel gatel, dan bisa terkena penyakit kulit. Ga ngaruh temen-temen punya kulit putih, kuning langsat, atau gelap sekalipun. Apapun warna kulit kita, yang penting bersih pasti tetep enak diliat kayak el yang item manis ini nih. Hahhahaa...

Kalo membereskan kamar??
Naaah, hal itu juga termasuk dari salah satu gampangnya menjaga kebersihan. Kenapa?? Inget kan tadi kalo bersih itu juga berarti rapi. Kalo kamar kita rapi, berarti kita juga udah menerapkan hidup bersih.

Yaaap, mungkin ini adalah cobaan terberat el untuk hidup bersih. Aaaaaak, kamar el itu selalu kedatengan beberapa anak tetangga yang demen banget ngegeratak (baca : ngacak-ngacak) kasur. Dengan sekuat tenaga jiwa dan raga *lebay* el harus ngeberesin itu kasur yang bantal, guling, sama bonekanya tersebar kemana-mana. Sabaaaaar el! Sabaaaaar...

Buang sampah! Yaaak... buang sampah pada tempat yang memang dikhususkan untuk sampah, itu yang paling penting dari segala kebersihan yang ada. Kenapa?? Karena semua hal dapat terjadi karena sampah. Contohnya?? Banjir.

Kadang-kadang suka kasian sama wilayah Bogor yang dibilang pengirim banjir ke Jakarta. Padahal Bogor kan emang udah terkenal sebagai kota hujan. Udah gitu, Bogor itu kan termasuk dataran tinggi dan Jakarta itu dataran rendah, sudah hukum alam kan kalo air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Naah kalo Jakarta banjir, cobaaaa dilihat lagi kebersihan di lingkungan sekitar. Coba di cekcok saluran airnya, penuh sampah apa ga? Cekcok juga apa masih ada lahan untuk peresapan air hujan apa ga? Cekcok sungainya juga, banyak sampah ikut menumpuk apa ga? Jangan menyalahkan Bogor, kasiaaan lhooo ga salah apa apa tapi jadi tersangka penyebab banjir.

sungai yang bersih asik buat main air :)

Emmmm sebenernya el termasuk orang yang sering berkutat sama sampah, tapi el bukan pemulung. Hehhee... kenapa?? Karena dikamar el banyak banget barang-barang yang seharusnya dibuang, tapi ga el buang. Contohnya tuh kayak kardus kardus, kertas, steroform, karton, dan segala rupa lainnya. Kalo el lagi libur nih yaak, pasti el berkutat sama barang-barang bekas itu sampe ibu suka ngomel-ngomel karena el ngereeeem mulu dikamar. Hahhahaa... Daaaaaan, ini lhoooo hasil dari kencan el bersama barang-barang bekas itu...
Taraaaaaaaaaaaaaa...

hasil iseng yang unyu :D
Dilarang merokok!!
Rokok itu bukan cuma ngerusak kesehatan, tapi dengan asapnya yang ga terlalu besar kayak asap dari industri tetep aja bisa bikin lingkungan tercemar. Udara jadi ga bersih.

Apalagi yaaak??? *mikir keras*

O iyaaaa... nyuci piring, nyuci baju, nyapu, ngepel itu juga beberapa contoh dari gampangnya ngejaga kebersihan. Apalagi itu kegiatan yang pasti salah satu diantaranya tuh sering atau setiap hari temen-temen lakuin. Khususnya buat perempuan, pasti sering tuh... kan buat jadi calon istri yang baik *eeehh* hahhaha...

Masih banyak lagi sebenernya hal-hal lain yang bisa temen-temen lakuin buat menjaga kebersihan. Tapi yang pasti, harus dimulai dari diri kita sendiri. Ingeeeet, hal besar dimulai dari sesuatu yang kecil. SEMANGAAAAAAT!!!

18 komentar:

  1. asli, emang beneran item manis El? atau jangan-jangan item tp gak manis hehehehe... *damai*
    Jadi berat ya jadi perempuan, kerjanya ngepel, nyapu, nyuci piring dan teman-temannya. Kasihan ya ngeliatnya hehehe *damai part 2*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku aseliiii item manis lhooooo :D
      unyu unyu gituuuu deh.. hahhahaa...
      makanya baaang sekali kali jadi perempuan biar tau repotnya jadi perempuan *eeehh :p

      Hapus
  2. Keren keren , Setuju tuh yang tentang rokok :)

    BalasHapus
  3. ya ya yaaa
    kita harus bisa menjaga kebersihan diri, lingkungan dan sekitar

    itu tetanggamu namanya siapa ya? usil bgt?
    hehehehe

    oya, yg barang2 bekas itu hasil kreasimu sndr el? wow kereeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang di foto itu namanya caca, tapi biasa di panggil kudel :D kerjaannya emang gulang guling di kasur aku terus, untungnya masih anak anak >.<

      iyaa kak mei, itu buatan aku sendiri lhoooo. jadi pajangan dirumah :)

      Hapus
  4. Hiiaa ternyata aku nyasar di blognya Al El Dul, :p
    Kreasinya cerdas... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku elyna, kakaknyaaaah -__-
      al el dul anaknya ahmad dhani.. hihiihhii..
      makasiiih kakaknyaaa :)

      Hapus
  5. kalau soal bersih bersih rumah cewek jagonya kan.
    Kalau soal tanggung jawab kebersihan baru diri sendiri ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeeehh cowok juga harus bisa bersih bersih rumah lhoooo :p

      Hapus
  6. ini nih baru bener-bener keliatan ya yang masih berantakan dan yang udah rapi. btw kreatif ya bikin barang-barang keren dari barang bekas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhehee iyaaa, itu supeeeer berantakan banget. butuh waktu lama dan mood yang bagus buat ngerapiinya :D
      makasiih yaa annisaaa :)

      Hapus
  7. wew.. ngeliat kamarnya jadi teringat adikku yang cewe'.. suka banget iseng manfaatin barang bekas... :D ada aja,, kreatif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang dirimu kost yaak??
      hehheee.. makasiih :) itu kebetulan pas lagi ada ide, langsung deh buru buru bikin.. :D

      Hapus
  8. menjaga kebersihan memang gampang ... tapii... itu hanya terkadang aja (terkadang gampang) soalnya sering males buat bersih2 sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bener banget bang.. ngejaganya mah gampang, tapi kalo udah berantakan lagi mesti males yang jadi problematika utama -__-

      Hapus
  9. Nice post.
    Terkadang hal-hal kecil seperti ini yang sering di sepele kan. Pengennya bersih, tapi aksi nya gak ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaaaapz... padahal kan hal kecil itu punya dampak yang besar nantinya. yee gaa bang?? :D

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^