Sabtu, 30 Maret 2013

Induktif

Yuhuuuuuuuuu~ tugas terakhir untuk bulan ini masih seputar Bahasa Indonesia dan berhubungan pula dengan tugas sebelumnya yang membahas tentang penalaran dan deduktif. Jadiiii… kali ini el mau ngebahas temennya si deduktif, yaitu induktif. Cuuuuuuuuuuus…

Induktif

Induksi atau induktif adalah suatu proses berpikir yang bertolak dari sejumlah fenomena individual untuk menurunkan suatu kesimpulan atau inferensi.

Analogi
>> Analogi adalah proses penyimpulan berdasarkan kesamaan data atau fakta. Analogi juga dapat dikatakan sebagai proses membandingkan dari dua hal yang berlainan berdasarkan kesamaannya, kemudia berdasarkan kesamannya itu ditarik suatu kesimpulan.

Generalisasi
>> Generalisasi adalah proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menuju kesimpulan umum.
>> Macam-macam generalisasi :
.generalisasi sempurna – merupakan generalisasi dimana seluruh fenomena yang menjadi dasar penyimpulan diselidiki. Contoh : sensus penduduk.
.generalisasi tidak sempurna – merupakan generalisasi dimana kesimpulan fenomena yang diselidiki diterapkan juga untuk semua fenomena yang belum diselidiki. Contoh : hampir seluruh pria dewasa di Indonesia senang memakai celana pantalon.

Hubungan Kausal
>> Hubungan kausal merupakan proses penalaran yang dimulai dengan menggunakan fakta yang berupa sebab dan sampai pada simpulan yang merupakan suatu akibat atau sebaliknya.
>> Macam-macam hubungan kausal :
.sebab-akibat
.akibat-sebab
.akibat-akibat

Hipotesa dan teori
Hipotesa diambil dara kata hypo = bawah, dan tithenai = menempatkan. Hipotesa merupakan semacam teori atau kesimpulan yang diterima sementara waktu untuk menerangkan fakta-fakta tertentu sebagai penuntun dalam meneliti fakta-fakta lain secara lebih lanjut.
Naaah kalau teori itu sendiri, merupakan hipotesa yang secara relatif lebih kuat sifatnya bila dibandingkan dengan hipotesa


Wokeeee.. sekian tugas el untuk bulan ini. Alhamdulillah... Sampai ketemu lagi di postingan tugas el untuk bulan depan.


Sumber :
>> Gorys Keraf, Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia.



                                                                                      Bahasa Indonesia 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^