Selasa, 09 April 2013

Blogger Bicara Komunitas yuuuuk


Yuhuuuuuuuuu~ el hadir kembali diblog tercintaaah… mau cerita cerita nih tentang kegiatan yang el ikutin pas tanggal 7 april 2013 di Demang Restaurant & Coffe Lounge, Sarinah, Thamrin.

Acara apaan sih el??

Itu lhoooo… Blogger Bicara Komunitas yang diadain sama BlogDetik. Masa ga tau sih, atau ga ikutan yaaaa?? Cupcupcup… buat yang ga ikutan yang tabah yaaa. Hihihi… nih el kasih review acaranya yak. Cuuuuuuuuss!

Rabu, 3 Maret 2013

Lagi browsing browsing nih ceritanya, eh pas banget lagi baca BlogDetik ada pengumuman kalo BlogDetik ngadain acara yang namanya Blogger Bicara Komunitas dan mengundang 100 orang untuk hadir dalam acara tersebut. Wuuuuuuuush doong langsung daftar lewat pak mail (baca : email).

Jum’at, 5 Maret 2013

Asiiiiik... dapet undangannya. Surat cinta terbalaskan *eeh* salah salah salah. Maksudnya pak mail yang el daftar terbalaskan dan el udah resmi terdaftar di acara Blogger Bicara Komunitas. Sekali lagi BLOGGER BICARA KOMUNITAS. Hehhehe...

Minggu, 7 Maret 2013

Minggu tlah tiba... minggu tlah tiba... hore hore horeeeee *ala tasya* hari Minggu sudah tiba sodara sodara dan saatnya el goes to jekardah buat datang ke acara Blogger Bicara Komunitas. Berangkat dari cibinong naek APTB jurusan Cibinong-Grogol. Tadinya mau naik bus AC70B Cibinong-Tanah Abang. Tapi ternyata kalau hari libur ga beroperasi. Huaaaaa. Untungnya ada APTB. Dan ini pertama kalinya el pergi sendirian ke ibu kota. Dari rumah bawaannya udah takut aja jadi butiran debu, tersesat dan tak tau arah jalan pulang. Apalagi si emak juga udah parno duluan takut anaknya ngapa ngapa di jalan gegara sendirian kagak ada temennya pas berangkat. Hahahhaa...

Transit pertama el turun di halte semanggi. Dari halte semanggi el sempet salah ambil koridor transjakarta selanjutnya. Udah parno aja tuh. Terus balik lagi dan nanya sama bapak bapak, ”pak kalau yang mau ke arah sarinah yang mana yaaa haltenya??” sambil pasang tampang melas. ”ooo.. yang disana dek” si bapak nunjuk halte transjakarta yang ada di ujung kanan yang ngelewatin balai sarbini. Langsung meluncur lah kesana. Alhamdulillah ga jadi butiran debu.

Transit kedua. Eh bukan ding. Turun. El turun di halte sarinah. O iyaaa, ngelewatin bundaran HI lhoooo. Amazing. Maap yaa rada norak, belom pernah lewat sono sih *abaikan*. Hahahaa...

El janjian sama mas Glen Tripollo di jembatan cinta *eeh* salah salah salah. Di jembatan penyebrangan maksudnya. Tapi sayangnya, el salah ambil jalan. El malah ke arah kanan, seharusnya kan ke kiri. Udah ngelewatin dua jembatan penyebrangan tapi ga nemu nemu juga. Ibuuuuuuuu... asli udah mau nangis itu. Daaan... sekian lamaaa aku mencariii *ala ridho roma* halaah... Alhamdulillah ketemu juga. Cuuuus deh ke demang restaurant.

Tapi sayangnya sodara sodara, kita berdua jadi butiran debu sekarang. Agak seneng sih karena kali ini el ga sendirian jadi butiran debu. Hahhaha... lagi lagi *buat el* salah ambil jalur. Harusnya kita ke arah kiri yang sebenernya dekeeeet banget ke demang, malah ambil kanan yang kita ga tau akan membawa kita kemana tu arah jalan. Tanya tanya tanya. ”ooo demang ya?? Tadi juga ada yang nanya demang restaurant” kita berdua sempet bersyukur karena ternyata ada satu orang yang senasib sama kita berdua. Harap maklum yaa, namanya juga orang bogor dan depok yang bertualang ke jakarta. Hehheehe...

Eng ing eng... sampailah di Demang Restaurant. Kita dateng udah jam 1.45 dan untungnya masih dibukakan pintu tobat *eeh* salah salah salah. Pintu restaurant-nya maksudnya. Maap yaak. Absen, terus dapet souvenir pembuka berupa pulpen yang berbentuk kapsul dan ada huruf hurufnya. Duduk. Dan ternyata itu baru pada selesai makan siang. Karena telat jadi kita ambil makan siangnya belakangan. Gapapa yang penting makan *efek laper tingkat dewa*.

Acara bener bener dimulai setelah makan siang. Buat pembukaannya kita ada nyanyi nyanyi nih. Dan el paling menghayati lagu rumor-butiran debu. Secaraaaa karena gue bener bener jadi butiran debu dari depok ke jakarta. Wakakakak.

Komunitas. Apa sih komunitas itu?? Inilah pertanyaan pertama yang dilontarkan sama MC kece, kak Marwan dan kak Karel Anderson. Sebelum temen temen dari para komunitas ngejawab, sempet dikasih liat nih video tentang jawaban dari orang orang. Dari suami setia, penggemar mamah dedeh, pencari cinta, sampe yang alay alay pada berkomentar.


Terus kalo jawaban dari temen temen yang hadir??

Tenang! Tenang! Sabar bro!

Jawaban dari temen temen yang hadir itu memiliki kesimpulan yang sama. Intinya adalah suatu komunitas itu merupakan perkumpulan, wadah, persatuan dari berbagai macam latar belakang orang yang memiliki hobi atau minat yang sama dan suka ngumpul ngumpul bareng. Dan menurut Kak Haerul, komunitas itu berbeda sama ormas. Kalo ormas itu lebih ke arah politik.

O iyaa asal terbentuknya komunitas mereka juga rupa rupa lhooo. Ada yang awalnya karena iseng dan bertujuan menjadi unik. Ada juga yang tadinya bukan komunitas, jadi berupa perkumpulan gitu yang akhirnya menjadikan perkumpulan itu sebagai suatu komunitas.

Teruuuuuuus, penting ga sih komunitas itu??

Kalo menurut el pribadi sih penting, karena menambah temen dan ilmu. Jadi saling berbagi pengetahuan. Gimana jawaban temen temen yang hadir?? Check this out...

Menurut bang Dimas dari Kopdar Jakarta, komunitas itu yang penting have fun aja. Kalo menurut Kurniawan, komunitas itu ada ga pentingnya juga karena terlalu ngabisin waktu dan banyak aturan.

Dan penting ga pentingnya suatu komunitas tergantung dari masing-masing orang. Nah bahasan selanjutnya nih, dalam setiap komunitas itu pasti ada percekcokan yaa. Ada permasalahan entah itu masalah pribadi antar anggota atauuuu permasalahan yang biang keroknya malah dari pengurus komunitas itu sendiri.

Lalu, gimana tuh cara penyelesaiannya??

Versi Om Dian bilang kalo diam bisa jadi cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan di komunitas, tapi perlu saling mengingatkan juga. Versi Om Bradley, jangan mentang mentang founder dari suatu komunitas terus belagak dewa, ga boleh itu. Versinya Om Julev, harus ada yang jadi penengah kalo terjadi permasalahan dalam suatu komunitas. Terus versinya Mbak Swastika, kalo ada suatu permasalah di komunitas lebih baik dipertemukan, misalnya dengan nonton bareng biar saling mengetahui diri masing-masing. Malahan kalo udah ketemu bisa biasa aja kayak ga ada konflik. Dan alangkah lebih baik emang kalo ada masalah pribadi antar anggota diselesaikan antar pribadi orang itu aja, ga usah bawa bawa komunitasnya kalo kata Om Dimas.

O iyaa, sambil diskusi, kita juga main main ke meja dari komunitas lain lhooo. Yang paling depan ada dari komunitas Emak Blogger, ada juga Asean Blogger,  Fiksiana Community, terus ada KARTUNET (Karya Tuna Netra), Fotodroid, Kopdar Jakarta, Komunitas Pecinta Google Indonesia, Komunitas Blogger Anging Mamiri dari Makasar, SoneID, Komunitas Bloggers’ Shout Out. Eeemm apa lagi yaaak?? *mikir keras* naaaaah ada juga satu komunitas yang bawa hewan hewan reptil gitu, Sugar Glider Fun & Crazy atau singkatnya SGFC. Ini komunitas bawaannya ular, landak mini, kura-kura *apa penyu??*, sugar glider, ayam, biawak, sama si monyet kecil yang demen banget ngumpet dibalik jaket yang punya. Unyuuu banget monyetnya.

Selain diskusi tentang komunitas, di acara ini juga ada gamesnya lhooo. Dari berbagai komunitas disuruh bikin kelompok yang terdiri dari 10 orang. Ada 8 kelompok dan el masuk ke kelompok 5. Anggota dari kelompok 5 itu ada el dan mas Glen dari Bloggers’ Shout Out, mas Ilham dari Fotodroid, mas Haerul dan mbak Intan dari Anging Mamiri, mas Jo sama mas Yudi *maap yaak el lupa dari mana, hiks*, kak Fikri dari Kopdar Jakarta, mbak Eno dariiiii *el juga lupa, maap yaa*, dan kak Ananda dari SGFC. O iyaa, kak Ananda ini kalo diliat liat agak mirip sama Desta yaak. Hihihi...

Awal games kita disuruh bikin yel yel. Ternyata kelompok 4 yel yel-nya hampir sama kayak kelompok 5, ada gebrak gebrak mejanya. Huhuhu... tapi gapapa, kan kita buat have fun. Yel yel kelompok 5 tuh sederhana tapi berisyiiiik. Hahaha... o iyaa kelompok kita dinamain wedang jahe dan kak Fikri ketuanya. Kayak gini nih yel yel-nya :

Eaeooooo
Wacaca *pukul meja*
Eaeooooo
Wacaca *pukul meja*
Wedang jahe
Yes *pukul meja*
Wedang jahe
Yes *pukul meja*
Wedang jahe
Yes yes yes **pukul pukul pukul meja*
Wedang jaheeeee
Hoooot bangeeeeet *gebrak gebrak meja*

Hahhahaa... seru kaaaaaaan… abis yel yel, games selanjutnya itu permainan sedang apa. Jadi kakak kakak MC yang kece nyanyiin lagu sedang apa, terus di jawab sama kelompok 1, dibales lagi sama kelompok 2, dibales lagi sama kelompok 3, begitu seterusnya. Nah pas putaran yang keberapa gituuu, kelompok 5 salah denger. Kelompok 4 kan nyebutnya harta karun, naah kita kelompok 5 dengernya karung, makanya kita jawabnya karung goni…karung goni… wooooooooooooo… langsung dah tuh disorakin gegara salah. Wakakakak…

Naaah karena udah sempet salah, kelompok 5 ga masuk ke final gamesnya deh. Yang masuk itu kelompok 2, 4 sama 8. kelompok 2 kebagian games saling mengingat gitu. Kelompok 4 kebagian bisik bisik kalimat, dan hasilnya kalimatnya jadi ngaco. Beda sama kalimat pas instruksi awalnya. Hihihii… Kelompok 8 kebagian games joget joget di atas kertas yang lama lama dilipat jadi makin kecil. Dari ketiga kelompok itu yang menang adalaaaaaaaaaaaaahh… kelompok 2. Yeeeyy… selamat yaaa kakak kakak di kelompok 2. Hadiahnya voucher belanja buat ber-10. Terus ada juga hadiah voucher  makan di Demang Restaurant buat kelompok 4. Selamaaaaaaaaat...

Terus yang ditunggu tunggu tuh doorprize-nya sodara sodara. Doorprize pertama itu adalah handphone dari Lenovo. Pulpen berbentuk kapsul yang kita dapet di awal itu ternyata kunci buat dapet doorprize-nya. Yang ada huruf L, E, N, O, dan V disuruh maju kedepan. Dan mas Glen maju lhooo karena pulpennya ada huruf L. Tapi sayangnya belum rezeki. Yang dapet itu mas... mas siapa yaak namanya *lupaaa*. Selamaaaat yaa mas.

Hampir memasuki penghujung acara, dari KARTUNET ada yang nyanyi sambil main gitar, namanya Mas Riko. Asliiii merinding el denger lagunya. Baguuus lhoooo. Enak banget di denger. Pelajaran yang el dapet dari orang orang di KARTUNET, dibalik keterbatasan ada suatu kehebatan yang luar biasa.

Naaah acara diakhiri dengan foto bersama nih. Hayoooo mana yang posenya paling okeeee???


Pas keluar dari Demang Restaurant, kita dapet souvenir lagi nih berupa kaos dari BlogDetik. Mungkin besok besok kalo BlogDetik ngadain acara lagi, bisa request dapet sertifikat juga ga? Hehehe...

Senin, 8 Maret 2013

El pamer ke temen el yang ga bisa ikut. Hehehehe... maap yaak...

Okeeee deeh... sekian yaak review el yang panjang tentang kisah di hari minggu yang menceriakan dan menghilangkan kegalauan selama hari itu walau malamnya sempet kumat galau lagi *eeh* hahahhaa...


AKU BLOGGER INDONESIA



Sumber foto

-      arsip pribadi

12 komentar:

  1. Tulisannya keren en segar yaa..kayak oren jus :D
    Ternyata byk artis yg dtg yaa.. ada Ariel Noah (si mas XL), ada Edwin 'Trio Libels' (mas Marwan) en ada Desta jugaaa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee.. makasih mbak dewi :)
      Iyaaa niih banyak artis. Bikin seruuuuuu :D

      Hapus
  2. kayanya even blogger detik ini banyak banget ya, sayangnya aku beda pulau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaaaahh :(
      Eeehh tapi ada juga yg terbang langsung dari surabaya ke jakarta.
      Memang mas andank dimana??
      Semoga lain x bisa ikut yaaa :)

      Hapus
  3. Senengnya dapat berkumpul bersama dengan Blogger lainnya di acara Blogdetik sayannya aku gak bisa ikut kesana untuk mendapatkan kaosnyan yang keren hehehehee -___-
    Niche blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaahh sayang banget yaak. Semoga acara berikutnya bisa ikut hadir yaaa..
      O iyaa itu ga cuma komunitas blogger aja kok. Macem macem.. sampe pecinta binatang kayak yg aku sebutin di postingan :)

      Hapus
  4. Loh rasanya udah ninggalin komen di sini deh. Kok gak ada ya? XD
    Next time wajib ikutan lagi nih yg beginian... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin nyangkut kali yaaak -_-"
      hahhahaa...
      wokeeeee.. next time harus ikutan dan bawa pasukan lebih banyak :D

      Hapus
  5. Ya allah El dateng gak ngajak2 jahat banget -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebalik kali git.. dikau yg ngajak malah ga dateng -_-

      Hapus
  6. Balasan
    1. Oleh olehnya t-shirt yang aku pke itu bang jaeee :D
      Mau?? Mau?? Mau??? :p

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^