Sabtu, 27 April 2013

Instagram vs Line vs WeChat

Para pengguna smartphone dimanapun berada, entah itu pengguna iPhone, Android, Windows Phone, Symbian OS ataupun Blackberry pasti selalu mengabadikan moment-moment berharga yang terjadi selama hari itu berlangsung dan membagikannya ke social media untuk khalayak ramai entah itu teman atau sanak saudara. Karena hal inilah berbagai macam perusahaan yang bergerak dalam bidang aplikasi smartphone saling berlomba-lomba menghadirkan berbagai inovasi-inovasi aplikasi social media yang dapat digunakan untuk saling berbagi foto, suara, video ataupun teks dengan gambar gambar lucu.


Instagram

Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto yang dapat diterapkan pada smartphone dengan system operasi Android dan iOS. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto secara langsung atau foto didalam file. Kemudian menerapkan filter digital dan dapat dibagikan ke berbagai layanan jejaring social, seperti facebook, twitter, tumblr, flickr dan foursquare.


Nama instagram ini sendiri berasal dari kata insta dan gram. Insta yang berarti instan, memiliki maksud bahwa instagram ini seperti kamera Polaroid yang pada masanya terkenal dengan sebutan foto instan. Sedangkan gram yang berasal dari kata telegram, memliki maksud bahwa instagram memiliki fungsi yang sama dengan telegram untuk mengirimkan informasi ke orang lain hanya saja informasi tersebut dalam bentuk gambar.

Aplikasi Instagram ini dapat memberikan label disetiap foto yang di upload. Label tersebut dapat juga digunakan untuk perlombaan, pubikasi kegiatan social ataupun publikasi organisasi dengan menggunakan hastag (#) dengan nama label yang diinginkan atau yang telah ditetapkan. Dalam aplikasi ini juga teman-teman pengguna dapat me-like foto dan saling memberi komentar sama halnya seperti facebook.


Namun aplikasi instagram ini tidak seperti aplikasi social media lainnya yang mempunyai timeline serta private chat untuk penggunanya. Aplikasi ini benar-benar dikhususkan untuk upload foto.

Line

Line merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. Line adalah aplikasi pengirim pesan instan yang tak hanya mampu mengirimkan pesan berupa teks saja melainkan video, foto, audio, lokasi, kontak, bahkan kartu ucapan. Aplikasi Line ini dapat berjalan pada system operasi pada smartphone Android, Blackberry dan iOS. Dapat pula berjalan pada desktop dengan system operasi Windows 7, Windows 8 dan Mac OS X.


Line menggunakan nomer telepon sebagai ID atau nama tertentu sebagai ID untuk memudahkan dalam pencarian pertemanan. Namun, dapat pula nomer telepon disembunyikan untuk melindungi privacy.

Line memiliki empat tab. Tab yang pertama adalah friends yang berisikan teman-teman sesama Line. Tab yang kedua adalah tab chats yang merupakan tempat dimana pengguna Line dapat melakukan private chat dengan temannya. Tab ketiga merupakan timeline. Pada tab ini pengguna Line dapat menuliskan kata-kata atau yang lebih dikenal dengan status (pada facebook), upload foto atau bahkan mengeditnya dengan menggunakan menu tambahan berupa line camera yang harus diunduh terlebih dahulu, upload video, bahkan lokasi dimana kita berada. Tab keempat adalah tab More yang berisikan menu menu seperti add friends, settings, home, sticker shop, official accounts, notices, dan lainnya.

Kelebihan Line adalah disediakannya Blocked List untuk memblokir userID atau nomer Line yang tidak jelas. Kemudian Line juga dapat diinstall pada desktop seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dapat membentuk suatu grup obrolan juga didalam Line. Dan yang paling menarik adalah adanya stiker stiker lucu yang dapat mewakili perasaan pengguna Line dan dapat digunakan entah untuk pesan teks ataupun untuk mengedit foto. Terutama untuk pengguna yang senang meng-upload foto ke social media, hal ini sangat membantu dalam menampilkan foto dengan tambahan gambar gambar lucu didalamnya.

emoticon Line

Namun kelemahan dari Line itu sendiri adalah stiker yang diunduh secara gratis memiliki masa tenggang dari 30-90 hari. Atau untuk mengunduh stiker tersebut, pengguna diharuskn mengumpulkan poin sesuai dengan yang tertera pada stiker yang diinginkan.

WeChat

WeChat merupakan aplikasi smartphone yang masih terhitung baru yang dikembangkan oleh Tencent di Cina. Aplikasi ini dapat digunakan pada system operasi Android, Blackberry, Window Phone dan Symbian.


Sama seperti Line, WeChat memiliki empat tab kolom. Pertama adalah chats, yang digunakan untuk private chat sesama pengguna Line. Kedua adalah contacs yang berisikan kontak orang-orang yang telah menjadi teman. Ketiga social, berisi moments, add contacs, look around dan shake. Untuk tab yang terakhir yaitu setting, pada wechat ini berisikan my profil, My QR name card, my moments, my account, dan lain sebagainya.

Bagi para pengguna, WeChat tak hanya digunakan untuk mengirimkan pesan berupa teks saja, bisa juga video, audio, lokasi, video call, kartu nama. WeChat juga memiliki emoticon emoticon yang unik yang dapat bergerak.

emoticon WeChat
Untuk berbagi foto dengan menggunakan WeChat, pengguna dapat masuk ke sub-menu My Moments. Pada menu ini, foto atau gambar yang di upload akan dikelompokkan sesuai dengan tanggal upload pada masing-masing foto.

Namun sayangnya, emoticon pada WeChat ada yang tidak dapat digunakan pada versi lama.


Instagram, Line dan WeChat hanya sebagian dari sekian banyak aplikasi yang ditawarkan untuk smartphone, khususnya dalam hal berbagi moment indah melalui foto. Dan ketiga aplikasi ini memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Jadi, yang manakah pilihan anda?? Apakah hanya menggunakan salah satunya saja? Atau mungkin ketiga-tiganya?


Bahasa Indonesia 2

Sumber :

6 komentar:

  1. 3-3nya punya akunnya.. tapi yang lebih sering dipake yang instagram :)

    BalasHapus
  2. ane prefer ke wassap sist hhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pake whatsapp.. hehhehe... cumaaa buat kelemahannya itu yaa mesti tau nomer handphone orang yang pake whatsapp juga

      Hapus
  3. Ini apa kok ada Bahasa Indonesia 2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tugas kuliah akyuuu bang gand :D
      mata kuliah bahasa Indonesia 2, lanjutan bahasa Indonesia 1 semester 5 lalu. hohohooo

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^