Kamis, 18 April 2013

Pelecehan Seksual itu ga banget!


Yuhuuuuuuu~ update blog lagi…
Oke buat postingan kali ini el mau ngerjain Blogger Campaign Project yang temanya itu tentang “SEXUAL HARRASMENT ON PUBLIC TRANSPORTATION
Terjemahan : pelecehan seksual di angkutan umum

Yang namanya pelecehan seksual emang ga pernah ada habisnya. Ga peduli tempat ataupun waktu, kejadian itu bisa aja terulang. Dan kebanyakan korbannya itu wanita. Iyaa wanita… *gue kan juga wanita* 

Sebelum berlanjut jauh ke pembahasannya, kita coba artiin dulu nih tentang pelecehan seksual. 

Secara wikipedia pelecehan seksual itu adalah pendekatan-pendekatan yang terkait tentang seks yang tidak diinginkan, termasuk permintaan melakukan seks dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks. Jadi, pelecehan seksual tuh perilaku yang tidak senonoh.

Seperti yang el bilang sebelumnya, kebanyakan korban dari pelaku pelecehan seksual itu adalah wanita. Pria mungkin ada. Cuma agak jarang aja diberitakan. Dan tempat yang sering banget dijadiin tempat pelecehan seksual itu adalah angkutan umum. Entah itu angkot, bus, minibus, atau kereta terutama kereta ekonomi yang penuh sesak banget sama segala macam orang dan bawaan bawaannya termasuk dagangan buat para penjual makanan, minuman atau barang barang lainnya. 
 
Pelecehan sesksual juga ga memandang usia dari korbannya. Dari pemberitaan yang sering el pantengin, dari anak kecil yang masih unyu unyu sampe emak emak bisa jadi korban pelecehan seksual. Bayangin aja kalo anak kecil atau remaja remaja yang seharusnya jadi generasi penerus bangsa yang penuh dengan semangat membara *agak lebay* harus mengalami kejadian seperti itu yang akhirnya malah bikin dia jadi traumatic atau bahkan saking stressnya bisa sampe bunuh diri. Naudzubillah… ga banget kan pelecehan seksual tuh.

Apa aja sih yang memancing terjadinya pelecehan seksual??

  • Niat : ini nih emang yang paling paling paling. Kalo orang udah niat banget buat ngelakuin hal hal yang ga senonoh entah itu ke kaum adam ataupun hawa, pasti bakalan dilaksanain sama orang ini.
  • Nafsu : cowok ataupun cewek pasti sama sama punya nafsu, tinggal gimana dari masing masing orang itu bisa menahan nafsunya untuk ga melakukan hal hal yang ga semestinya. Untuk orang orang yang pikirannya udah berbau pornografi, pasti nafsunya udah tinggi banget deh. Apalagi untuk orang yang hypersex, cowok atau cewek di soto babat juga.
  • Pakaian hot : okeee.. pasti temen temen udah pada ngerti maksud dari hot disini. Tau kaaan kalau sekarang banyak pakaian yang kurang bahan. Ditarik keatas, yang bawah keliatan, diturunin kebawah gentian yang atas yang keliatan. Serba salah deh dikebawahin atau dikeatasin. Dan ini juga berlaku ke cewek ataupun cowok.
  • Suasana, Waktu dan tempat yang mendukung : orang yang tadinya ga ada niatan sama sekali untuk melakukan pelecehan seksual bisa aja terpancing gegara apa apa yang mendukung. Dimulai dari suasana yang dibikin hot sama cewek atau cowok yang pake pakaian ala kadarnya, terus waktu yang pas yaitu lagi ga dalam keadaan rame, daaaan tempat yang mendukung dengan penerangan yang remang remang.

Sedikit cerita nih, pas SMP el pernah mengalami kejadian yang mengarah pada pelecehan seksual.

El inget banget itu kejadiannya pas hari kamis karena el lagi pake seragam batik sekolah. Dan pada saat itu juga el belum pake jilbab. Pas pulang sekolah el naek angkot yang ada beberapa orang didalamnya. Tapi satu persatu orang orang itu sampai ditujuannya masing masing. Tinggalah el sendirian di angkot. Tau tau ada cowok naek nih. Karena posisi angkot yang udah sepi, el kan merapat ke tempat duduk paling ujung yang deket pintu dibagian yang buat 4 orang. Itu cowok yang tadinya duduk di pojokan lama lama makin merapat ke el. Yang tadinya anteng anteng aja, eh dia nyikut nyikut el. Tapi sikutannya itu  ke arah dada. Pencegahan pertama el langsung belakangin dia. Tapi masih aja dia nyikut nyikut punggung. Karena posisi el sendirian di angkot, ngeri makin parah kejadiannya, langsung aja bilang kiri ke abang angkotnya. Padahal gang rumah el masih beberapa puluh meter lagi. Gapapa dah jalan kaki daripada ntar makin jadi tu cowok.

Sejak kejadian itu selama SMP el pulang selalu nyari temen yang pulangnya searah. Kadang pulang sendiri juga, tapi tetep antisipasi takut kayak gitu lagi.

Naah pas el kuliah, makin marak aja yang namanya pelecehan seksual di kendaraan umum. Dari yang Cuma liat-liat atau siul siul ga jelas, sengaja mepet-mepet, ngeraba-raba atau bahkan sampe pemerkosaan. Emak yang sering banget nonton berita kayak gitu langsung was was dong sama anak perempuan satu satunya ini. Alhasil el dikasih wejangan panjang lebar dari emak, yaitu : 
  • Kalo angkotnya sepi, jangan naek. Terkecuali kalo emang udah buru-buru. Tapi tetep harus memperhatikan gerak gerik supir angkutannya. Liat mata supirnya, kalo mabok biasanya matanya kosong gitu beda sama mata orang yang lagi ngantuk.
  • Pemerintah sekarang kan udah mulai ngasih seragam sama tanda pengenal buat para supir angkutan umum terutama angkot, naah usahakan supirnya yang berseragam dan itu tanda pengenal diliatin sama si supir. Biasanya sih di gantungin di kaca yang tengah tengah itu yang buat ngeliat penumpang dibelakang. Walaupun ga semua supir berseragam itu bener, tapi setidaknya itu salah satu cara untuk mengidentifikasi supir yang nakal.
  • Jangan buka buka gadget di angkutan umum kalau ga lagi dalam keadaan terpaksa. Bisa double niat nanti pelakunya, mencuri dan pelecehan seksual.
  • Baca doa. Itu yang paling penting dari awal berangkat sampe pulang. Bahkan kalau bisa selama perjalanan dzikir supaya dilindungi sama Yang MahaKuasa.
Kalau dari el sendiri, tiap naik angkutan umum el selalu :
  • Duduk di deket pintu atau dibelakang abang supir biar kalau ada apa apa gampang buat keluar atau kalau terpaksa lompat dari angkutan umum terutama angkot.
  • Kalau di bus, el ga mau duduk di bangku yang deket jendela. Walau enak kena AC (Angin Cepoicepoi), tapi lebih aman di pinggir. Kalau lagi kebagian berdiri, el taro tas di depan, dan bagian belakang nyender di pinggir bangku sambil salah satu tangannya di taro di belakang juga. Entah apa maksudnya sebenernya kayak gitu, tapi el selalu gitu dan Alhamdulilah aman.
  • kalau kereta, khusus gerbong yaang perempuan dooongs naiknya. hehehhee...  
Temen el *sebut saja macan* yang anak komunitas motor juga pernah nyaranin supaya el bawa alat kejut listrik dengan voltase yang cukup WOW. Voltase listriknya itu sekitar 10000-20000 volt. Pernah temen el yang lain *sebut saja kecebong* iseng nyalain alat itu, terus dimatiin. Naah padahal itu alat udah dimatiin, tapi pas si kecebong pegang tuh alat reaksi listriknya masih ada walau ga besar. Alhasil dia lemes gegara kesetrum akibat ulahnya sendiri. Hahhahaa…

Okee deeh sekian dulu postingan el kali ini. Maap yak telat banget ngepostingnya. Hehhehe…  

Buat temen temen cowok maupun cewek, berhati-hatilah dan jaga diri baik baik dalam setiap perjalanan kemanapun, kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun. Kalo kata bang napi sih,

WASPADALAH!! WASPADALAH!!




11th Bloggers’ Campaign Project

11 komentar:

  1. bagus dek tipsnya...
    ada lg ni dek, parfum...
    jgn sampe wangi kita menggoda atau mengganggu org dalam angkutan umum... hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. o iyaaa mbak. bener bener... makasiih mbak tambahan infonya. hehhee...
      dan alhamdulillah nya aku emang ga suka pake parfum mbak. padahal temenku pada doyan banget pake parfum, tapi kok aku ga ketularan juga yaak -__- hahhahaa...

      Hapus
  2. waduh smp udah maen sikut-sikutan, berani ya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang maen sikut sikutan bukan el yaaak -__- cowok piktor itu tuh. huhh kalo el punya alat kejut listrik pasti udah el setrum pake voltase tinggi sampe rambutnya berdiri semua tuh kayak di tipi tipi. hahahhaa...

      Hapus
  3. ni tema campaign BSO terkahir yaa el ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terakhir?? -___-
      yang bener tuh ini tema campaign BSO untuk bulan april ini bang :)
      bulan bulan selanjutnya bakalan ada lagi kok..
      abang bisa ikut yang bulan depan

      Hapus
  4. Bagus tuh infonya biar pada lebih waspada dan lebih hati-hati lagi.buat yang pacaran jg hati2 jangan sampe pacarannya cm bkin terjadi pelecehan seksual( hanya dimanfaatkan tubuhnya oleh lawan jenis)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaaap teteh :)
      Makassiih yaaak syudah mengingatkan. Malah ga kepikiran sampe situ tulisannya (ˇ_ˇ'!l)

      Hapus
  5. wooh.. *ceritanya baru ngefollow el gitu* Sekarang mah supirnya udah pada enggak pake seragam lagi el.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seragamnya cuma sesaat doang yaaak um

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^