Sabtu, 18 Mei 2013

Nyontek? Nih kiat sukses mencontek ala unyun



Di hari Minggu yang sangat cerah, seorang gadis yang (mengaku) kece lagi disibukan dengan coretan-coretannya di kertas.

Unyun   : “ngapain sih cum?? Bukannya belajar, malah urek urekan ga jelas dikertas.”
Encum  : “iye nih nyun. Encum lagi bikin kebetan”
Unyun   : “kebetan apaan?”
Encum  : “pan rebo besok kite ada ujian emteka, nah rumus rumusnye banyak yang encum belon ngarti da tuh. Udah kagak ngarti, banyak juga yang encum belon apal. Berabe pan kalo ujiannye dapet jeblok. Emaknya encum bisa nyap nyap ntar. Makanyaaaaa encum kudu bikin kebetan buat nyontek kalo kepepet. Begituuuuu nyun.”
Unyun   : “ooo jadi encum bikin kebetan buat nyontek.”
Encum  : “laaa iye nyun. Masa buat bungkus gorengan.”
Unyun   : “aaaahh encum norak. Masa mau ujian bikin kebetan.”
Encum  : “Unyun mah enak, unyun pan pinter jadi kagak perlu lagi da tuh yang namanya MENCONTEK. Kagak kayak encum yang otaknya geser tiga kilo sprapat kurang seons. Rada rada oon kalo kata emak.”
Unyun   : “yaaah tapi encum udah ketinggalan jaman banget kalo mau nyontek pake bikin kebetan segala. Kan ribet.”
Encum  : (mikir) “eeehh iyaa juga yak. Ribet pan kalo bikin kebetan pake kertas, bingung naronya ntar dimane. Iiih… unyun pinter da aah.” (cubit unyun)

Mendadak hening seketika… laluuuuu…


Encum  : “eeehh… tapiiii… kalo kagak bikin kebetan, ntar encum nyonteknya pegimane nyun? Apa encum nulis kebetannya di tangan aja yak? Atau dipaha?”
Unyun    : “iiiihhh encum norak banget deh.”
Encum  : “unyun sekali lagi bilang encum norak, dapet piring selusin nih. Gimaneee nih nyun? Terus encum bikin kebetannya pegimane kalo dikertas ribet?”

Hening (lagi)…

Encum   : “AHAAA!!! (ngeluarin handphone) encum kan bisa browsing jawaban di gugel yak. Punya beginian ngapa kagak dimanpaatin. Encum emang pinter da aah kadang kadang.”
Unyun    : “aaaahh pake begituan malah tambah norak cum. Handphone kan buat sms, buat telepon, itu yang penting. Ngapain juga buat browsing nyari kunci jawaban soal ujian.”
Encum  : “handphone jaman sekarang pan udah pada canggih nyun. Manpaatin dooong kecanggihannya.”
Unyun   : “unyun punya cara yang lebih canggih buat nyontek. Ga usah pake bikin kebetan, ga usah pake browsing segala.”
Encum  : “caranyaaaaaa?? Mau dooooooooooong nyuuuuuuun…”

Tiba-tiba emaknya encum, cing lela, nongol dari dalem rumah sambil bawa minum sama makanan buat anak + temen anaknya yang (katanya) belajar.

Cing Lela   : “ini bocah bedua rame amat dari tadi. Gimane belajarnye?? Bisa kagak? Nyun, tolong ajarin si encum noh yaak. Dia pan oon banget sama matematika.”
Encum        : “yaelaaah mak, anak ndiri dibilang oon. Doain ngapaaa biar pinter.”
Cing Lela  : “laaa mang iyaa pan. Belajar yang bener makanye biar pinter. Emak pan doa udah. Tinggal pegimane elu usahanya.”
Encum        : “iyeee dah iyeee…”

Cing Lela masuk lagi kedalem ngelanjutin kerjaan emak rumah tangganya.

Encum  : “lanjut lagi nyun.. pegimane tuh tadi caranya??”
Unyun   : “cara apaan??”
Encum  : “yang tadi unyun bilang kagak usah bikin kebetan sama browsing di gugel kalo mau nyontek. Pegimana nyun caranya??”
Unyun   : “mau tau banget apa mau tau ajah?”
Encum  : “laaaaaaah nyun, seriusan pan ini. Buru ngapa…”
Unyun   : “nih yak, perhatiin baek baek… kiat sukses mencontek ala Unyun. Catet! Catet!”
Encum  : “iyee iyee… udah siap dari tadi pan”
Unyun   : “pertama, menconteklah ke papan tulis pas pelajaran berlangsung.”
Encum  : “maksudnya??”
Unyun  : “kalo guru lagi nerangin, misalnya matematika terus nulis dipapan tulis, kita contek deh tulisannya bu guru yang dipapan tulis. Nah kita salin dah dibuku dan harus sama persis. Cara nyontek yang kedua… menconteklah catatan temen yang lebih lengkap.”
Encum  : “maksudnyaaa??”
Unyun  : “misalnya kita ketinggalan nih nyontek tulisannya bu guru dipapan tulis, kita pinjem catetan temen. Kita contek dah tuh catetannya temen kita yang lebih lengkap. Paham?”
Encum  : (ngangguk)
Unyun   : “cara mencontek yang ketiga, kalo ada yang msih ga kita ngerti kita mencontek dari perkataannya temen kita yang ngerti sama pelajaran itu. Maksudnya, kita minta temen kita jelasin apa yang ga kita ngerti dari pelajaran yang dikasih sama guru. Pas si temen kita itu ngomong, kita contek dah tuh perkataannya, apa yang dia jelasin kita salin dibuku dan yang paling bagus lagi kita salin juga di otak.”
Encum  : “kalo masih gagal juga pegimane nyun?”
Unyun   : “pake kiat sukses mencontek ala unyun yang terakhir.”
Encum  : “apaan tuh?”
Unyun   : “kalo ada waktu luang, atau sebelum tidur, kita pelajarin hasil contekan yang udah kita dapet. Naah pas ujiannya itu kita pake cara mencontek yang terakhir, yaitu nyontek ke pikiran kita sendiri”
Encum  : “hah?? Emang bisa?”
Unyun   : “bisa dooong… malah lebih enak kan, ga usah ribet bikin kebetan, ga usah browsing, tapi contekannya udah ada langsung dipikiran kita. Iyaa kan??”
Encum  : “laaaa iyaa yak. Kalo contekannya udah ada didalem pikiran kita sendiri kagak usah repot repot pan mikirin kebetan mau diumpetin dimane. Kagak perlu nyari di gugel juga. Encum juga kagak perlu lagi da tuh sssstt sssstt nanya ke temen laen kalo kepepet. Jadi kunci jawaban soal ujiannya udah ada di otak kite. Iiiihh canggih bener da aahh kiat sukses mencontek ala unyun. Encum coba aaah…”

-sekian-


Semoga “Kiat Sukses Mencontek Ala Unyun” yang super absurd ini bisa jadi inspirasi buat temen temen untuk menghindari yang namanya bikin kebetan, terus gak lagi nyari kunci jawaban soal ujian via internet atau tengok kanan kiri atau ssstt ssstt pas lagi ujian. Karena sebenernya, kunci jawaban dari soal ujian kita itu ada pada pikiran kita sendiri alias ingatan dari hasil belajar kita yang sungguh sungguh…

Kalo temen-temen perhatiin sebenernya tuh si unyun nyuruh encum buat belajar, tapi dengan cara mengkambinghitamkan kata MENCONTEK. Hahahaa… Jadi, masih percaya sama kiat sukses menconteknya unyun?? Hihhiihii…

Yaudah deh sekian dulu postingannya… Semoga sukses yak mempraktekan kiat sukses mencontek ala unyun…




13th Bloggers’ Campaign Project – Bloggers’ Shout Out

36 komentar:

  1. Hahahaha... Berasa nonton pilm aja.
    Nyontek yang harus dilestarikan.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilem apaan -__-
      hahhahaa iyaaa dooong.. itu kiat sukses mencontek ala unyun yang patut di contoh :D

      Hapus
  2. coba ah, kalo gak berhasil si el tanggung jawab :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan inyong yang tanggung jawab... salahkan si unyun :D hahahhaa

      Hapus
  3. Wkwowkowkow... ini postingannya ala skenario film. Kreatif El~ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhahahaa skenario film absurd :D
      makasiih mas glen...

      Hapus
  4. Keren kakaa , aku sukaaa :D baca nya bisa sambil ngopi wahahaha

    BalasHapus
  5. Kata yang di salah-penggunaankan menjadi contek ini merupakan budaya yang sulit untuk dipisahkan dari masyarakat, khususnya pelajar di Indonesia. Layaknya pandangan yang telah secara ekstrim menyatakan korupsi sebagai budaya Indonesia, sontek untuk ukuran calon koruptor pun rasanya tidak lebih berbahaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa itu benar, karena tindak lanjut untuk orang yang mencontek masih saja kurang. biasanya hanya berupa teguran teguran semata yang suatu saat nanti hanya akan di abaikan oleh orang yang tak bertanggung jawab...

      Hapus
  6. betawi banget si enyun, wkwkwk

    sungkem buat emaknye yak, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu encum sayang.. bukan enyun -_-

      Hapus
  7. namanya unyu.
    Unyum dan Encun.
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuuuhh itu namanya kece jangan di balik balik bang oi.. hahhahaha...
      yang bener tuh unyun sama encum. kasian ntar maknya encum kudu bikin bubur merah putih lagi klo ganti nama :D

      Hapus
  8. dulu waktu sekolah terkadang saya juga suka buat kebetan... tapi pas waktu ujian biasanya tidak saya gunakan karena apa yang saya tulis di kebetan, biasanya saya hafal dan terekam di kepala... hehe... intinya bikin kebetan/contekan boleh tapi untuk dihafal, bukan untuk dicontek pas saat ujian .... :) salam solid....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mungkin lebih tepatnya bisa dibilang rangkuman x yaa kang.. wong ga dipakai buat nyontek, tapi buat menghafal. hehehehe...
      salam solid~

      Hapus
  9. Dialog yang menarik nyun.
    apa kebetan itu seperti jimat/kunci jwaban kah..
    Di kampus aku raja yg bikin kebetan itu adalah teman2 cewek, pas ujian kebetan t di rolling ke semua pelanggan, n yg gak dapat kebetan baru di kasih contekan.
    Katanya itu sih Kerja Sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiih dwiki :)
      di tempatku kebetan itu contekan yang ditaro di kertas kecil. cewek cowok ada aja yang pake kebetan. aku pernah pake sekali dan langsung ketauan, makanya ga lagi lagi pake gitu. hahhahaa...
      kerja sama boleh tp hal yg postif seharusnya -_-

      Hapus
  10. cum.. cuuum.. maen ama abang aja yuk, ngapain belajar kan udah ada presiden *tepok jidat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa hubungannya sama presiden daaaah?? -_-

      Hapus
    2. itu bentuk sindiran halus kepada pemimpin negeri kakaknyahh :D

      Hapus
    3. ga ngerti akunyaaaa -_-
      lagi agak agak geser otaknya jadi lemot.. hahhahaa

      Hapus
  11. Kreatif :D

    apapun namanya mencontek tetep ga baik untuk diri sendiri... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiih ade :)

      hu.umhh... benar itu benar... sama aja kayak berbohong. right?? hehehhee

      Hapus
  12. Marilah kita mencotek bersama-sama. demi mendapatkan nilai yang di inginkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan lebih baik jujur sekalipun nilai tinggi tak selalu di dapat :)

      Hapus
  13. Itu namanya bukan menyontek.... -_-...
    BSO campaign yang ini memang nge-twist.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhahahaa... kasian si mencontek di jadiin kambing hitam :D
      yohaaaa... BSO gituuuu

      Hapus
  14. Terima kasih atas artikel dan gambar menariknya. Semoga menjadi inspirasi buat kita semuanya. Salam kunjungan dari blog
    http://dengandemikian.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Kebetan ---> contekan yg ditulis dikertas dgn huruf yg relatif lebih kecil,

    kalau didaerahku namanya "kepek'an"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ealaaaah contekan ae beda beda yaa namanya di tiap daerah. hihihi...

      Hapus
  16. Jadi inget jama SMA dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuuh jadi inget masa SMP *lhooo*
      hahahaa

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^