Sabtu, 08 Juni 2013

Whatsapp

Hayooooo ada yang tau logo apa itu?? Ada yang tau?? Ada yang tau?? Pasti udah pada tau deh. Yaaap, itu adalah logo dari aplikasi smartphone yang bernama Whatsapp. Pasti temen-temen banyak yang pakai aplikasi ini juga nih di handphone.

Whatsapp ini merupakan salah satu aplikasi untuk smartphone yang memiliki basic mirip dengan BlackBerry Messenger. Bedanya adalah Whatsapp ini aplikasi pesan yang bisa digunakan antar lintas platform tanpa biaya sms. BlackBerry Messenger sebenernya juga ga pake biaya sms, tapi memakai paket data internet yang digunakan khusus untuk BBM itu sendiri yang ga bisa dipake untuk browsing, email atau yang lainnya. Sementara Whatsapp menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing atau yang lainnya. Jadi paket datanya ga beda-beda, disama ratakan.

Whatsapp ini bisa menggunakan koneksi 3G dari kartu operator yang kalian pake atau bagi yang seneng gratisan bisa juga aplikasi ini dijalankan dengan menggunakan WiFi untuk komunikasi datanya. Aplikasi ini selain untuk percakapan atau ngobrol-ngobrol ibarat sms tapi secara online, si Whatsapp ini juga bisa buat bertukar foto, video atau audio lhooo.

Kalau di BlackBerry Messenger pake PIN unik untuk menambah daftar temen, di Whatsapp kita cukup menggunakan nomer handphone sebagai PIN-nya. Dan ga perlu invite invite, cukup kita simpen nomer handphone temen kita di kontak maka secara otomatis akan tersinkronisasi ke Whatsapp bagi yang nomer handphone-nya di daftarkan untuk Whatsapp. Terus, kalau di BlackBerry Messenger kan tanda pesan sudah terkirim itu ada huruf R sebagai tanda kalau si pesan udah di Read (baca) sama yang empunya. Nah kalau di Whatsapp, tanda pesan terkirim itu pake tanda centang. Inget, centang lhooo yaa bukan centong. Hehehe...

Centang 1 kali di Whatsapp artinya pesan kita udah terkirim ke server, tapi belum terbaca oleh si penerima pesan alias delay. Nah kalau centangnya udah jadi 2 kali itu artinya udah nyampe ke si penerima pesan kita. Di Whatsapp juga ada tulisan last seen today at (jam) atau last seen yesterday ata (jam), nah itu bisa jadi indikator kita jam berapa si penerima pesan udah menerima pesan dari kita. Dan kalau si penerima pesan ngebalas pesan kita, bisa kelihatan juga lhooo karena ada tulisan typing... di bagian atas.

O iya, terus gimana nih cara daftar nomer handphone yang mau dipake buat Whatsapp??

Buat temen-temen yang mau daftar Whatsapp, pertama-tama itu harus download aplikasi tersebut dari websitenya. Terus install di smartphone yang temen-temen pake. Setelah diinstall, pas kita buka aplikasinya masukkan deh nomer handphone yang aktif. Inget, yang aktif lhooo ya! Karena setelah memasukkan nomer handphone, aplikasi akan ngirim kode konfirmasi via sms ke nomer yang kita daftarin itu. Makanya harus yang aktif ya nomer handphone-nya. Setelah dapet kode konfirmasi, kode tersebut kita masukkan ke aplikasi Whatsapp. Dan, taraaaaaaaaa... selamaaaaaaat aplikasi Whatsapp udah bisa dipake. Temen-temen juga bisa bikin status kayak di media sosial lhooo, profil Whatsapp juga bisa diganti–ganti fotonya. Bikin grup di Whatsapp juga bisa.

Jadi buat temen-temen yang ga pake BlackBerry ga perlu khawatir nih. Kalian tetep bisa ngobrol ala BBM dengan aplikasi Whatsapp ini karena si Whatsapp ini bisa dipake di berbagai smartphone seperti iPhone, Symbian, Android, Windows Phone, Nokia Series, bahkan si yang empunya BBM pun juga bisa pake Whatsapp. Pengguna smartphone apapun asalkan sama-sama memiliki aplikasi Whatsapp di handphone-nya tetep bisa saling komunikasi. Entah itu dari BlackBerry ke Android, iPhone ke Blackberry, Android ke Windows Phone, dan lain sebagainya.

5 komentar:

  1. ane mah udah beberapa kali donwload hapus, donwload hapus whatsapp, ga betah soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. laaah kasian amat tuh whatsapp bolak balik di apus gitu -_-

      Hapus
  2. karena BBM naik, gue udah sering pake whatsapp mbak :)

    BalasHapus
  3. whatsapp, alternatif buat yang gk punya BB :D

    BalasHapus
  4. whatsApp itu bisa dioperasikan di komputer gak ya?

    BalasHapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^