Rabu, 02 Oktober 2013

Hari Batik Nasional

Haloooo halooo...

SELAMAT HARI BATIK NASIONAL ^_^

Tapi sebenernya beberapa saat yang lalu gue ga tau lhooo kalo sekarang hari batik nasional -_-

La teruuuus itu ngapa ngucapin "selamat hari batik nasional"?

Jadi gini bro, tadi pagi itu si adek kan mau berangkat sekolah, nah gue ngeliat kok dia pake baju batik bebas gitu. Bukan seragam sekolah. Otomatis gue ingetnya kalo sekarang itu hari kamis *padahal sekarang rabu*, karena si adek emang selalu pake seragam batik kalo sekolah hari kamis. Cumaaaaa ya kok pake batiknya bukan batik seragam sekolah. gituuuuu...

Terus kan emak nanya, "kok kamu pake jaket? itu kok pake batik gitu dalemnya?"

Nah si adek ngejawab, "kan hari batik nasional, bu. jadi disuruh pake baju batik sama bu guru."

Gue yang lagi nyapu dan secara sengaja nguping pembicaraan itu, akhirnya tau kalo sekarang adalah hari batik nasional. Hehhehee... Miris juga sih gue sebenernya, karena gue baru tau :3 *capedeeeeeh*


Akhirnya gue memutuskan untuk searching di mbah gugel buat cari tau tentang hari batik nasional. Dan inilah hasil reportase gue dari berbagai sumber :

[pertama] Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 : tanggal 2 Oktober dinyatakan sebagai Hari Batik Nasional.

[kedua] Pemilihan 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO (Badan PBB bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Batik masuk dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia.

[ketigaPenetapan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.

[keempat] Tahun 2013 ini sudah tahun keempat hari batik nasional lhoooo~ Tahun pertama dimulai pada tanggal 2 Oktober 2009.

O iyaaa, pas dulu dulu banget yaaak, gue ngeliat orang pake batik itu selalu pas kondangan aja. Tapi sekarang, TIDAK.

hah? tidak? tidak pake batik lagi gitu maksudnya?

Bukaaaaan... Bukan gitu maksudnya -_- Maksudnya adalah kalo sekarang sekarang TIDAK cuma pas kondangan aja orang orang pake batik, tapi diberbagai acara sekarang udah pada pake batik lhoooo~

kayak gue sendiri, kuliah pake batik. Kadang roknya yang batik atau kadang bajunya yang batik atau pernah baju sama roknya samasama batik. Terus sekarang tuh tiap satu hari dalam seminggu, misal hari jum'at atau sabtu, beberapa tempat kerja mewajibkan karyawannya pake baju batik. Pas lebaran juga gue sekeluarga kompakan pake batik.

So, batik itu bukan sesuatu yang jadul meskipun sudah ada sejak zaman dahuluuuuu... Karena batik itu merupakan warisan budaya Indonesia yang bikin kita punya suatu kebanggaan dimata dunia ^_^


Gue BANGGA pake batik ^^

Sudahkah kamu pake batik hari ini??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^