Jumat, 04 Oktober 2013

[part 1] Pengantar Telematika - Definisi Telematika

Update blog lagiiiii… halooo halooo… kali ini el mau posting tugas softskill untuk mata kuliah Pengantar Telematika. Kita bakalan ngebahas tentang pengertian dari telematika dan media perantara telematika.

Yuuuk yuuuk langsung cekidoooot aja… mariiiiiiiiiiiiii…

Apa sih telematika itu??

Temen-temen pasti udah ga asing lagi sama kata-kata telematika. Yaaak, apalagi kalo temen-temen lagi nonton berita di tipi *baca : televisi* terus ada Bapak Roy Suryo yang terkenal sebagai pakar telematika. Beliau sering banget diminta untuk mengupas berbagai permasalahan yang berhubungan dengan telematika. Terus, telematika sendiri itu apa yaaaa??? Tau ga?? Tau ga?? Tau ga??

Naaah, ini el dapet pengertian tentang telematika dari berbagai sumber.  


Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

>> Pengantar MK. Hukum Telematika FH UI

Istilah telematika merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai system elektronik berbasiskan digital atau the net.

>> Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia

Teknologi telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media dan informatika. Senada dengan pemerintah, telematika diartikan sebagai singkatan dari TELE = TELEkomunikasi, MA = MultimediA, dan TIKA = informaTIKA.

>> Penggunaan dikalangan Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL)

Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televise dan multimedia.

Nah jadi udah pada tau kan pengertian dari telematika. Kesimpulannya adalah Telematika itu merupakan sarana komunikasi jarak jauh yang menggunakan media elektromagnetik.

Media Perantara Telematika

Oke oke… sekarang kita membahas apa aja sih media perantara telematika.

Telematika itu memiliki kemampuan untuk mentransmisikan informasi dalam jumlah yang besar dalam sekejap, wuuuuuuuuuushh… dan jangkauan seluruh dunia. Hebat kaaaan.

Nah beberapa media yang biasa digunakan sebagai perantara telematika itu ada beberapa macam, diantaranya:
  • suara, contohnya telepon atau musik
  • huruf atau teks, contohnya situs berita online
  • gambar, contohnya MMS
  • video, contohnya video call
  • data atau kombinasi-kombinasi lainnya.

Yap yap yap… segitu dulu yak bahasan tentang telematika buat postingan kali ini. Besok besok kita bakalan bahas hal lain yang masih berhubungan dengan telematika.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^