Senin, 28 Oktober 2013

[Peringatan] Hari Sumpah Pemuda


SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928

Hayoooo hayooo ada yang tau itu teks apa?? Tau?? Tau?? Pasti tau dong yaaa wong ada judulnya kok. Hihhiihii…

Yap Yap Yap… itu adalah teks sumpah pemuda. Itu teks sumpah pemuda ditulis dengan ejaan van Ophuysen, yaitu ejaan yang dimengerti oleh orang Belanda.

Flashback…
Kongres pemuda diadakan di Waltervreden atau Batavia atau Jakarta pada tanggal 27-28 Oktober 1928.

Nah menurut sumber Wikipedia, rumusan kongres sumpah pemuda itu ditulis oleh M. Yamin di secarik kertas. Nah kertas itu disodorkan atau diberikan ke Soegondo yang merupakan ketua dari kongres tersebut. Dan beliau menyetujuinya lhooo dan langsung mentandatangani kertas tersebut sebagai tanda persetujuannya. Ga cuma Soegondo aja yang setuju dengan usulan dari M. Yamin, karena yang lain pun ikut setuju. Kemudian sumpah itu dibacakan oleh sang ketua, kemudian dijelaskan oleh si empunya kertas yaitu M. Yamin.

Teks sumpah pemuda tersebut dibaca pada tanggal 28 Oktober bertempat di Jalan Kramat Raya nomor 106 Jakarta Pusat sekarang menjadi Museum Sumpah Pemuda, pada waktu itu adalah milik dari seorang Tionghoa yang bernama Sie Kong Liong.

Fakta sekarang…

Bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Tawuran, lempar lemparan batu, kayu dan bawa senjata tajam terus berdarah darah gitu el??

NO NO NO!!! bukan itu guys maksudnya… Maksudnya kalimat sumpah pemuda yang pertama ini adalah agar kita berjuang untuk Indonesia. Berjuang disini dengan cara kebaikan, bukan dengan cara yang brutal dan malah merusak harga diri tanah air tercinta. Emang sih tawuran itu bertumpah darah, tapi bertumpah darah yang bukan merupakan berjuang untuk Indonesia. Bertumpah darahnya itu tuh kita melakukan segala kegiatan yang menjaga, melestarikan, mempertahankan dan mengolah dengan baik apa yang ada di tanah air kita ini bersama-sama. Supaya ga ada wilayah Indonesia yang lepas jadi Negara sendiri juga.

Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Wikipedia - Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideology, budaya, dan atau sejarah. Dan dianggap juga punya asal usul keturunan yang sama.

Di Indonesia sendiri, budaya ada banyak banget, bahasa daerah juga ada banyak banget, agama juga ga cuma satu yang berkembang, tapi kita sebagai orang-orang yang mendiami Negara Indonesia termasuk dalam Bangsa Indonesia. Dengan semua perbedaan yang dimiliki, justru kita malah jadi satu kesatuan dengan bahasa Indonesia lhooo~ menarik yaaa…

Bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Bukan berarti yang belajar bahasa asing itu ga cinta bahasa Indonesia. Karena kalo kita liat sejarah sejarah Indonesia dulu, para pejuang pejuang kita justru pintar berbahasa asing. Satu orang bisa menguasai 5 bahasa asing atau bahkan lebih. WOW… tapi kita tetap dipersatukan oleh bahasa Indonesia.

Kalo kita ingin Negara Negara luar mengenal Indonesia, sudah pasti kita juga harus mengenal bahasa mereka. Setelah kita mengerti bagaimana bahasa mereka, kita bisa mengenalkan bahasa Indonesia agar mereka juga mengenal bahasa nasional kita. Jadi jangan berfikir kalo belajar bahasa asing itu ga cinta produk sendiri.

So, untuk pemuda pemudi zaman sekarang *termasuk el* yang ga perlu lagi berjuang untuk Indonesia dengan peperangan, kita tetap harus berjuang dengan hal-hal positif. Contohnya kayak ikut olimpiade pelajaran atau olah raga yang bisa mengharumkan nama Indonesia. Tapi bukan berarti yang ga ikut kayak gitu ga berjuang buat Indonesia. Kita tetep berjuang kok dengan belajar sungguh sungguh supaya bisa memajukkan Indonesia, minimal kita bisa membiasakan diri kita terlebih dahulu untuk jadi lebih baik.

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA



Sumber lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^