Minggu, 17 November 2013

Apa sih multimedia itu?

Multimedia. Pasti temen-temen banyak yang udah sering banget denger kata multimedia. Nah, yang sekarang bakalan kita bahas di postingan ini tuh tentang berbagai definisi dari multimedia.

Yuuuuuuk aaaah…

Multimedia itu berasal dari dua kata lhoooo~ yaitu MULTI = banyak atau lebih dari satu, dan MEDIA = wadah atau alat.

Menurut Wikipedia, multimedia itu adalah penggunaan computer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu atau tools, dan koneksi (link) sehingga si pengguna bisa melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya ataupun berkomunikasi.

Kalo menurut Najjar (1996), multimedia itu adalah penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video dan animasi.

Menurut si Rosch (1996), multimedia itu tuh kombinasi dari tiga elemen. Apa aja? yaitu suara, gambar dan teks.

Kalo menurut Mc Cormick (1996), multimedia juga kombinasi, tapi kombinasi dari dua atau lebih media input atau output dari data di mana si media tersebut bisa berupa suara atau music, animasi, video, teks, grafik, dan gambar.

Sedangkan menurut Robin dan Linda (2001), multimedia itu merupakan alat yang menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video.

Kalo yang didapat dari blognya Oshigita, multimedia itu adalah sebuah media dan konten yang menggunakan kombinasi bentuk konten yang berbeda. Emmmm jadi multimedia itu termasuk kombinasi bentuk dari konten teks, audio, gambar diam, animasi, video dan interaktivitas.

Nah di webnya pengertian ahli, multimedia bisa diartikan sebagia transmisi data dan manipulasi semua bentuk informasi, baik berbentuk kata, gambar, video, music atau angka.

Ada lagi nih di blognya Hartina, kalo multimedia itu adalah suatu sarana atau media yang didalamnya terdapat perpaduan berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, grafik, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi penikmatnya.

Jadi dari semua definisi ini, apa yang bisa kita simpulkan?? Hmmmmm…

Menurut el, dari semua definisi tentang multimedia, kita bisa ambil kesimpulan bahwa multimedia itu merupakan kombinasi atau perpaduan antara teks, grafis, audio, video, animasi dan gambar dengan menggunakan alat bantu dan koneksi, yang digunakan sebagai suatu karya, penyampai informasi ataupun hiburan.

Oke deeeh, segini aja dulu yak postingannya… dilanjut lagi di postingan berikutnya yang masih ada keterkaitannya dengan multimedia. Semoga bermanfaat... Daaaaaaaah~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^