Rabu, 27 November 2013

Obrolan seputar perangkat lunak multimedia

Encum : “Nyun, encum pan abis baca nih yak tentang multimedia. Nah ditulisan itu tuh ada tulisan perangkat lunak multimedia. Minta tolong dong nyun jelasin ke encum maksudnye apaan yak perangkat lunak multimedia ntu…”

Unyun : “Gini cum, dari sumber yang unyun baca sih perangkat lunak multimedia itu adalah perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk mengolah media informasi yang berupa teks, gambar, audio, grafik, video ataupun gabungan dari semuanya cum…”

Encum :”Ooooo gitu nyun… berarti kalo kite mau bikin multimedia ntu pake aplikasi aplikasi itu ye nyun??”

Unyun :”Yoyooooy cum…”

Encum : “Hmmmm berarti banyak dooong ye perangkat lunak buat bikin multimedia... ada apaan aje sih nyun??”

Unyun : “Gini cum, perangkat lunak buat multimedia itu masih dibagi bagi lagi sesuai dengan bentuk si multimedia itu sendiri cum”

Encum : “Oooo yang ntu yak, yang tadi unyun bilang ke encum kalo multimedia itu ada yang teks, gambar, audio, grafik, video sama ada juga yang gabungan dari kesemuanye. Iye kan nyun??”

Unyun : “Pinteeeeeeeeeeer… Nih unyun jelasin yang unyun tau tentang penjelasan dari masing-masing perangkat lunak sesuai sama bentuk multimedianya”

Encum : “Okeeee…”

Unyun :
“Pertama itu perangkat lunak multimedia yang digunain buat ngeliat gambar secara terorganisasi pada sebuah direktori. Nah, gambar yang diliat ini formatnya bisa berupa bmp, jpeg atau jpg, gif, png, ico dan yang lainnya. Perangkat lunak yang fungsinya begitu tuh biasanya disebut  graphis viewer atau image viewer, cum. Contohnya itu kayak Microsoft picture manager yang biasanya satu kesatuan sama produk office dari Microsoft.

Kedua itu ada media player atau perangkat lunak multimedia yang biasanya dipake buat memainkan ata menampilkan informasi dalam bentuk audio atau video. Naah informasinya itu ga melulu tentang berita atau iklan, bisa juga kayak film atau lagu lagu gitu cum.”

Encum : “Aaaaaa encum tau contohnye. Pokoknya ntu aplikasi yang biasa dipake buat nyetel nyetel gitu pan yaaak… kayak yang ade dilaptop encum, ade windows media player sama gom yang buat nyetel video atau audio yang format filenya itu mp4, mp3, mkv, avi sama format lainnya dah yang buat video video gitu. Terus ada juga winamp yang biasa encum pake buat nyetel lagu lagu galau. Hehehee…”

Unyun : “That’s right, cum… lanjut lagi nih yak…
Tadi kan unyun udah sebutin image viewer, perangkat lunak yang dipake buat ngeliat gambar.. Naaah ada juga nih cum perangkat lunak yang buat ngedit gambar gambar, ngebuat gambar itu sendiri, ataupun memanipulasi gambar cum.. Biasa disebutnya itu graphic editor atau image editor. Terus si image atau graphic editor ini terbagi lagi jadi dua cum. Satu yang berbasis bitmap dan satunya lagi berbasis vector.”

Encum : “Encum tauuu… encum tauuu… yang image editor berbasis vector ntu ada corel draw, naah kalo yang berbasis bitmap ntu ada so…so…sotoooo…soto apaan yak encum lupaaaa…”

Unyun : “Soto?? Photoshop kali cuuuum *tepok jidat*”
Encum : “O iyaaa… encum lupa.. maapin dah yak. Hehehehee…”

Unyun : “Lanjut lagiii yaa cum… Kan udah nyebutin tiga tuh. Nah ada lagi nih perangkat lunak multimedia yang gunanya itu ngedit, membuat, sama manipulasi informasi dalam bentuk 3 dimensi. Biasanya disebut grafik 3D, cum. Contohnya itu ada 3D Studio Max sama blender.”

Encum : “Kalo flash itu masuk ke yang mane ye nyun??”

Unyun : “Flash itu masuk ke dalam perangkat multimedia yang gunanya itu untuk ngebuat, ngedit, sama manipulasi informasi yang bentuknya animasi. Animasi itu sendiri tuh gambar bergerak atau video gitu cum. Isinya juga biasanya gambar-gambar fiktif kayak kartun kartun gitu.

Eeehh iyaaa ada juga nih ga ketinggalan, audio atau video editor. Itu biasa digunain buat ngedit sama manipulasi informasi dlam bentuk video dan audio. Jadi encum bisa gabung gabungin gambar, lagu ataupun ngedit video, bisa juga motong lagu atau video yang diperluin. Contoh perangkat lunak yang bisa kayak gini tuh ada windows movie maker, ulead video editor sama mp3 cutter.”

Encum : “Waaaahh banyak juga ye nyun. Dan ntu tuh ada beberapa juga nyang encum pake di laptop encum. Ga nyangka deh, ternyata nyang kita suka pake itu termasuk perangkat lunak multimedia.”

Unyun :”Naaah, jadi encum udah paham kan tentang perangkat lunak multimedia sama jenis jenis perangkat multimedia berdasarkan bentuknya itu.”

Encum : “Siiiip daaah nyun. Makasih banyak banget da aah… Encum jadi nambah ilmu lagi nih. Kapan-kapan Encum nanya lagi dah yak sama unyun.”

Unyun : “Okeeee…”


sekian obrolan encum dan unyun tentang perangkat lunak multimedia. Semoga bermanfaat yaa teman-teman… see you…


sumber :

7 komentar:

  1. kalau kamu jadi dosen ngajarinnya gini aja, lebih simple dan enak nerangiinnya hehehe, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheee... makasih bellaaaa~ tapi ntar becanda mulu kalo dosennya aku. hahahaha

      Hapus
    2. Aku ntar jadi mahasiswanya kak nih haha

      Hapus
    3. ahahhahaaaa... tobatlah nak.. jangan sampai kau menjadi muridku. akakakakaakak :p

      Hapus
  2. Belajar multimedia itu memang sangat menyenangkan loh...

    follow blog saya ya ..
    http://infoejaman.blogspot.com
    :)

    BalasHapus
  3. Ellll . .
    Betawi lo emang medok banget.
    demen dah gue baca blog lo kalau begini terus. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahahhahaaa udah bawaan lahir itu :D wkwkwkwwk

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^