Jumat, 15 November 2013

Ordinary Doodle

Huaaaaaaaaaaaaaahh… sekian  lama berkiprah di dunia persilatan *lhooo* bukan! Bukan! Bukan! Maksudnya di dunia perkomputeran, el jadi mengalami tingkat stress yang meningkat. Hmmmm tapi ada salah satu cara untuk mengurangi tingkat stress lhooo~ yaitu mengerjakan hobi dengan senang hati.

Nah kebetulan el  lagi belajar bikin doodle dan bikin doodle ini bikin el jadi cukup terlepas dengan stress yang ada, makanya postingan kali ini el bakalan ngebahas tentang pengertian doodle dan tutorial cara membuat doodle yang sederhana.

Langsung cuuuuuus yuk aaaah~

Doodle apaan sih??

Banyak pasti yang udah sering denger istilah doodle. Itu lhooo yang ada di perut.

“Itu udel el!! Udel!! Bukan doodle!!”

Wahahhahaaa… maap sodara sodara… Oke deh, jadi apa itu doodle?? Doodle adalah mencoret, yap itu adalah arti doodle secara harfiah. Doodle itu merupakan gaya menggambar yang terlihat abstrak, ada yang bermakna ada juga yang ga punya makna. Makanya terkadang doodle lebih sering dibilang sebagai gambar yang dibuat secara ga sadar keluar dari pikiran kita karena bentuknya yang abstrak.

Doodle itu biasanya ngegambarin gimana perasaan si penggambarnya. Nah kayak yang el bilang sebelumnya, dengan doodle el jadi terlepas dai rasa stress. Kenapa??? Karena si doodle ini mampu menenangkan hati si pembuatnya, semakin sepenuh jiwa pas bikin, semakin menarik, unik dan bermakna dalam si doodle ini. Jadi ga cuma sekedar corat-corat aja.

Contoh doodle yang sering temen-temen liat itu adalah gambar-gambar pada dinding gua zaman baheula *baca : dulu*. Terus ada juga gambar-gambar yang temen-temen suka liat di kaki jembatan. Itu keren-keren lhoooo doodle-nyaaaaa~

Peralatan tempur doodle…

O, iyaaa peralatan yang digunakan untuk membuat doodle ga susah kok. Yang penting ada kertas dan alat tulis. Alat tulisnya temen-temen bisa pake pensil, pulpen biasa yang buat nulis, atau pulpen khusus untuk gambar, atau temen-temen juga bisa pake spidol.

Ordinary doodle…

Naaaah jadi udah pada tau kan arti dari doodle. Mungkin tanpa temen-temen sadari, temen-temen sering bikin doodle walaupun cuma urek urekan ga jelas kayak benang kusut.

Emmmmm… gimana kalo kita coba bikin doodle. Yang sederhana aja dulu yaaak, karena el sendiri masih pemula di dunia per-doodle-an ini. Hehehhee… baiklaaaah, mari siapkan kertas dan spidol. Spidolnya ga perlu warna-warni, cukup satu warna aja. Disini el pakenya spidol warna hitam.
kertas + spidol
[Pertama]
Temen-temen buat gambar setengah lingkaran. Satu dulu. Terus buat lagi setengah lingkaran di bagian setengah lingkaran yang pertama tadi. Lakuin kayak gitu terus sampe beberapa tumpuk. Kemudian temen-temen bisa ulangin lagi ke sebelahnya dan tempat tempat lainnya dikertas.
tahap 1
[Kedua]
Digambar el bikin 6 gambar tumpukan setengah lingkaran. Terus di atas gambar setengah lingkaran itu el bikin gambar agak lonjong gitu. Gambar lonjong ini mau kita kasih poni, mata, mulut dan sebagainya. Jadi kita bikin karakter gitu. Kita bikin dua lonjong yaaa..
tahap 2
[Ketiga]
Selesai bikin karakter di bagian gambar lonjong, saatnya kita isi bagian bagian yang masih putih di gambar tumpukan setengah lingkaran. Pola yang mau kita buat pertama adalah pola rumah keong. Emmmm, kayak gini nih bentuknya…
tahap 3
[Keempat]
Setelah pola pertama selesai, kita lanjut ke pola yang kedua. Entah el ga tau ini pola namanya apa. Tapi temen-temen bisa liat gambarnya kok…
tahap 4
[Kelima] 
Naaaah pola yang di gambar 4 udah jadi, sekarang di tambahin titik titik di tengah pola itu. Dan beginilah hasilnyaaa…
tahap 5
[Keenam]
Buat dasar setengah lingkaran yang berada dibawah, itu kita bikin pola garis aja. boleh vertical ataupun horizontal sesuai dengan keinginan temen-temen. Coba kita liat yang udah aku bikin
tahap 6
[Ketujuh]
Bikin lagi nih pola berikutnya. Pola yang ini simple kok, Cuma bikin segitiga aja di bagian yang masih kosong.
tahap 7
[Kedelapan]
Naaah buat tahap terakhirnya, temen-temen bisa warnain sesuka hati temen-temen. Tapi kalo el sih segitiganya dikasih garis dibagian ujung, terus sela sela yang masih sepi el isi dengan coretan asal asalan. Hehheee…
tahap akhir
Jadikaaaaan doodle sederhananyaaaa~ ga terlalu sulit kaaaan?? Maap yak kalo kurang jelas banget. Hehehhee… sekian dulu post kali ini, semoga bermanfaat yaaa…
ordinary doodle~

6 komentar:

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^