Jumat, 15 November 2013

[Tugas] Pin Pin Pin BBM

Halooooooooooow… masih dengan bahasan seputar bbm for android, kali ini el mau bahas tentang pin bbm itu sendiri.

Apa sih pin bbm itu??
Pin (Personal Identifier Number) pada handphone adalah penanda unik yang membedakan kepemilikan handphone dan berguna sebagai ID untuk saling menambahkan kontak dalam aplikasi yang menggunakan pin seperti bbm.

Berapa digit sih pin bbm??
Nah kalo temen-temen perhatiin secara baik-baik, pin bbm itu terdiri dari 8 digit karakter yang isinya ga cuma angka tapi juga huruf.

Karakter awal pin bbm

Buat yang pake aplikasi bbm, coba diliat digit pin-nyaaa~ untuk yang android dan iOS karakter awal digit pin bbm nya itu pasti dimulai dari angka 7. Sedangkan untuk yang pengguna bbm di Blackberry, kepala depannya dimulai dari angka 3 untuk yang operator CDMA dan angka 2 untuk yang operator GSM

Apasih heksadesimal??
Lhoooo kok tau tau nyambung ke heksadesimal?? Hmmmm… yaudah dibahas dulu aja yaaa…

Menurut Wikipedia, Heksadesimal atau sistem bilangan basis 16 adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol dan simbol yang digunakan dari sistem ini adalah angka 0 sampai 9, ditambah dengan 6 simbol lainnya dengan menggunakan huruf A hingga F.

Hubungan heksadesimal dengan pin bbm apa??
Jadi begini lhoooo… pin bbm itu terdiri dari angka 0-9 secara acak, ditambah dengan huruf antara a-f yang juga secara acak. Naaah seperti yang udah disebutkan sebelumnya, angka serta huruf tersebut masuk kedalam kategori heksadesimal. Yang berarti pin bbm itu dibuat dengan menggunakan system bilangan basis 16 tersebut.

Dibawah ini tabel yang isinya si bilangan heksadesimal

Simbol
Nilai
Biner
0
0
0 0 0 0
1
1
0 0 0 1
2
2
0 0 1 0
3
3
0 0 1 1
4
4
0 1 0 0
5
5
0 1 0 1
6
6
0 1 1 0
7
7
0 1 1 1
8
8
1 0 0 0
9
9
1 0 0 1
A
10
1 0 1 0
B
11
1 0 1 1
C
12
1 1 0 0
D
13
1 1 0 1
E
14
1 1 1 0
F
15
1 1 1 1

Nilai yang terdapat dalam bilangan biner untuk mendapatkan nilai heksadesimal :

1 1 1 1 = 23 22 21 20 = 8 4 2 1
Contoh:

9 = 1 0 0 1 = 23 + 0 + 0 + 20 = 8 + 0 + 0 + 1 = 9

Setiap 0 tidak dihitung, sedangkan untuk yang bernilai 1 dihitung sesuai dengan letaknya.

Cara konversi heksadesimal??
Untuk mengkonversi si heksadesimal ini, kita bisa mengkonversinya menjadi desimal ataupun biner.

Pertama, mengkonversi si heksadesimal menjadi bilangan desimal dengan rumus berikut:





Keterangan dari rumus ini adalah:
D merupakan hasil konversi.
h merupakan nilai dari tiap digit, berurutan dari sebelah kiri.
k merupakan pangkat dengan nilai pangkat terkecil jika berada disebelah kanan.

Contoh:
13A16 = …………10

Penyelesaian:
13A16 = (1 x 162)10 + (3 x 161)10 + (10 x 160)10 = 256 + 48 + 10 = 314

Kedua, mengkonversi si heksadesimal langsung menjadi bilangan biner dengan mengubah tiap digit menjadi biner.

Contoh:
13A16= …………2

Penyelesaian:
[a] ubah digit dimulai dari yang paling kiri, yaitu 1 menjadi 116 = 0 0 0 1
[b] ubah digit kedua dari kiri, yaitu 3 menjadi 316 = 0 0 1 1
[c] ubah digit terakhir, yaitu A menjadi A16 = 1016 = 1 0 1 0
[d] gabungkan hasil semuanya 13A16 = 0 0 0 1 0 0 1 1 1 0 1 02

13A16 = 0 0 0 1 0 0 1 1 1 0 1 02

Naaaaah sekarang kita coba mengkonversikan pin bbm yang merupakan heksadesimal menjadi bilangan decimal dan biner.

Contoh mengubah jadi bilangan desimal:
28DB2B5016 = ……………………10

Penyelesaian:
(2 x 167) = (2 x 268435456) = 536870912
(8 x 166) = (8 x 16777216) = 134217728
(D x 165) = (13 x 165) = (13 x 1048576) = 13631488
(B x 164) = (11 x 164) = (11 x 65536) = 720896
(2 x 163) = (2 x 4096) = 8192
(B x 162) = (11 x 162) = (11 x 256) = 2816
(5 x 161) = 80
(0 x 160) = 0

Hasil:
28DB2B5016
= 536870912 + 134217728 + 13631488 + 720896 + 8192 + 2816 + 80 + 0
= 68545211210

Contoh mengubah heksadesimal menjadi bilangan biner:
28DB2B5016 = ……………………2

Penyelesaian:
2 = 0 0 1 0
8 = 1 0 0 0
D = 13 = 1 1 0 1
B = 11 = 1 0 1 1
2 = 0 0 1 0
B = 11 = 1 0 1 1
5 = 0 1 0 1
0 = 0 0 0 0

Hasil:
28DB2B5016
= 0 0 1 0 1 0 0 0 1 1 0 1 1 0 1 1 0 0 1 0 1 0 1 1 0 1 0 1 0 0 0 02

Waaaaah panjang juga yaa ternyata pin bbm yang dikonversikan jadi bilangan decimal ataupun biner. El yakin temen-temen pasti pas ngitung udah keburu males ngitungnya gegara liat angka yang banyak. Hehehehee…
Okedeh, sekian dulu yaaa postingan el kali ini. Semoga bermanfaat… aamiin…

1 komentar:

  1. biasanya kalo angka depan pin bbm . angka nya 5. itu hape apa ya?

    BalasHapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^