Jumat, 06 Desember 2013

Petak Umpet

Australia negeri wool… katanya… katanya…
Aborigin sukunya… katanya… katanya…
Bumerang senjatanya… wow… wow…
Kangguru binatangya

Ada yang inget lagu itu?? Hayoooo hayooo… itu lagu zaman kita dahulu lhooo pas masih kecil…

Yak yak gimana?? Gimana??? Silahkan jawab di comment, yang bener dapet cinta dari orang tersayang *lhooo* hahahaha…


Emmmmm kangen deh sama zaman pas masih kecil dulu. Pas el masih suka lompat keluar lewat jendela padahal ada pintu, tiap liburan main dari pagi sampe sore, lari-larian sama temen-temen, susah disuruh makan gegara asyik main, dan segala macemnya… sekarang mah udah gede pan, udah tuwir, udah 21 tauuun *kode minta dinikahin* wkwkwkwkwk… Ga bisa lagi lompat lompat lewat jendela, bisa disangka maling ntar. Hahahaha…


Pas zaman el masih kecil sekitar umur 3 atau 4 taunan kalo ga salah, tiap hari pasti main sama temen-temen disekitar rumah. Dulu juga sekitar rumah el belum banyak rumah. Masih tanah lapang yang ditanemin banyak pohon. Paling banyak tuh pohon rambutan, mangga sama singkong. Kalo ada mangga jatoh pasti pada berebutan siapa yang ngambil duluan. Terus kalo lagi musim rambutan, kalo rambutannya ga terlalu tinggi pasti pada pake senggetan. Itu lhoooo bambu yang ujungnya di belah buat metik rambutan. Kalo rambutannya tinggi, biasanya temen-temen yang cowok pada rela naek-naek sampe digigitin semut merah.

Udah gitu selain kita sering bareng-bareng ngambil buah, kita juga pasti main kejar-kejaran dan keseringan itu kita main petak umpet. Hayoooo siapa yang suka main petak umpet??? Tunjuk kaki… *abaikan*
 
petak umpet
Petak umpet itu permainan yang dimainkan minimal sama 2 orang. Tapi ga seru kalo yang main Cuma 2 orang. Soalnya yang jaga sama yang dicari itu itu aja. hahahahaa… makanya paling seru kalo petak umpet itu dimainin sama banyak orang. Kalo el dulu mainnya sama 10 orang. Gimana cara mainnya??

Yuuuuk capcuuuus… 



  1. Buat milih siapa yang jaga biasanya el sama temen-temen hompimpa. Yang beda sendiri berarti dia yang jaga.
  2. Abis itu yang jaga disuruh tutup mata atau diri menghadap ke pohon atau ke tiang.
  3. Terus temen-temen yang ga jaga berbaris di belakang si orang yang jaga. Dan seorang dari yang ga jaga itu disuruh colek yang jaga. Yang jaga terus berbalik dan nebak siapa yang nyolek. Nah waktu hitungannya itu dihitung pake cara ini. Missal yang nyolek itu temen di baris keempat, ternyata yang jaga bener nebaknya, berarti yang jaga ngitung sebanyak 40 detik. Kalo salah, berarti yang jaga ngitung sesuai jumlah pemain yang ga jaga dikalikan 10. Kalo banyak yaa bisa 100 lebih. Hehehehe…
  4. Yang jaga menghadap ke pohon lagi terus mulai ngitung deh. Dan mari mulai sembunyiiiiii…
  5. Kalo itungannya udah selesai, yang jaga langsung mulai nyari satu persatu temen-temen yang ngumpet. Tiap yang ketemu, langsung bilang inglo sambil nyentuh pohon atau tiang yang dijadiin tempat jaga. Jangan lupa juga nyebut nama temen yang udah ditemuin. Kalo temen-temen suka nonton film Taiwan yang bahasanya bahasa mandarin, pasti kata inglo ga asing deh.
  6. Nah, kalo semua ketemu, berarti yang ketemu pertama kali yang jaga selanjutnya. Kalo ada yang ga ketemu, berarti si yang jaga sebelumnya harus jaga lagi…


Biasanya nih el main petak umpet bisa dari pagi sampe petang. Pas maghrib baru pulang. Itu juga diteriakin dulu sama emak,”Liiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin pulaaaaaaaaaaaaang…” mandi dah. Besoknya yaa gitu lagi. Hahahahaa… atau kalo ga main permainan yang lain.

Seruuuuuuuuuuu pokoknya main petak umpet. Jadi pengen main lagi. Tapi mau main sama sapa coba… wkwkwkwkwk…

Okelaaaah kayaknya segitu aja nostalgila el tentang petak umpet. Ga nyambung banget sih sebenernya sama pembukaannya. Soalnya pembukaannya itu lagu lagu gitu. 
gapapa dah yaaak. hahahahaa… see you di postingan el selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^