Minggu, 22 Desember 2013

Tentang Lebih dan Kurangnya Multimedia

Halooooooo… sekian lama kita berkutat sama multimedia, kayaknya el belum nyebutin nih kelebihan sama kekurangannya multimedia. Yaudaaaah, yuuuk mari capcuuuuuuuus kita bahas…

>> Kelebihan Multimedia <<

Menarik perhatian

Menurut el pribadi, multimedia itu bisa menarik perhatian orang-orang yang memperhatikan informasi yang disampaikan oleh si multimedia itu sendiri. Walaupun tiap orang pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda dengan menarik atau tidaknya multimedia tersebut. Hal itu dikarenakan manusia memiliki keterbatasan pada daya ingat. Jadi kalo yang menarik pasti bakalan mudah diingat.

Sebagai Media alternatif dalam penyampaian pesan
Ini yang bikin multimedia juga teope banget karena multimedia diperkuat sama teks, suara, gambar, video dan animasi. Jadi orang yang memperhatikan pesan atau informasi yang disampaikan itu ga bakalan ngerasa jenuh dan bosen.

Meningkatkan kualitas penyampaian informasi

Nah yang tadinya informasi yang kita dapet itu biasa biasa aja, dengan multimedia sebuah informasi bisa memiliki kualitas yang lebih baik dengan ditambah efek efek tertentu.

Interaktif

Multimedia bisa menjadi media informasi yang interaktif dengan si penerima informasi. Jadi ga gitu gitu aja si penerima informasi menerima informasi.

>> Kelemahan Multimedia <<

Bisa menyebabkan kebingungan
Multimedia yang terlalu banyak efek ataupun gambar malah bisa bikin penyampaian informasi jadi membingungkan bagi penerima informasi.

Bisa menyebabkan kebosanan

Sekalipun pake multimedia, kalo efek yang dipake cuma itu itu aja bisa berefek mem-bosan-kan buat si penerima informasi.

Pesan jadi tidak tersampaikan dengan baik

Nah buat ngegunain multimedia tetep kudu ati-ati, karena design yang amburadul atau sembarangan bisa bikin pesan atau informasi yang mau kita sampein jadi ga tersampaikan dengan baik ke si penerima pesan kita itu.

Kendala bagi orang yang memiliki terbatas seperti cacat fisik.

Untuk orang-orang dengan kekurangan tertentu, multimedia juga bisa menjadi kelemahan karena keterbatasan orang-orang tersebut buat nangkep atau ngejalanin si multimedia itu sendiri.

Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai.
Ini nih yang kadang suka bikin pc jadi lemotnyaaaaa ya ampyuuuuun… karena penggunaan multimedia itu cukup bikin berat kerja dari pc kita lhooo. Jadi gunakanlah dengan bijak yak!! Kalo mau si multimedia berjalan dengan lancer, yaaa spesifikasi pc kita harus memadai untuk multimedia tingkat tinggi. Hohohooo…

Naaah sekian dulu yak pembahasannya… semoga bermanfaat… see you…

2 komentar:

  1. wueeehh :D manfaatnya wow juga yaa, mungkin lain kali bisa posting aturan-aturan dalam membuat multimedia *uhuk :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa duuuundh... bisa menarik hati sang pujaan hati juga lhoooo *eehh* hahahaha...
      hayoooo wani piroooo :p

      Hapus

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^