Jumat, 10 Januari 2014

Kelebihan + Kekurangan E-Learning

Apa aja sih kelebihan e-learning??

>> ngurangin biaya

Dengan hadirnya si e-learning ini ga perlu lagi repot-repot bingung nyari tempat entah itu sewa atau beli untuk ketemu secara langsung sama peserta didik. Terus mengurangi ongkos si pengajar juga. Hehehee...

>> mandiri

Ini yang berasa banget. Karena dengan e-learning ini kita harus belajar sendiri tanpa pengajar yang bisa kita tanyai sesuka hati. Kita harus bisa cari solusi dari pertanyaan dan materi materi yang disampaikan jika memang ada yang masih kurang jelas.

>> belajar jujur

Naaah buat yang demen nyontek atau nyalin atau minta dikerjain tugasnya sama temen, e-learning ini membuat kita juga bisa belajar untuk bersikap jujur brooo~ walaupun kemungkinan curangnya juga masih besar tapi tetep yang namanya boong tetaplah boong. Lama-lama juga ketauan. Yaa gaaa??

>> dimana aja, kapan aja, okeee

Karena e-learning bisa di akses di komputer atau secara mobile, kita bisa belajar kapan aja dan dimana aja. Keren kaaan…

>> ga bosen

Mungkin ada yang bosen ketemu pengajar atau muridnya terus menerus, naaah dengan si e-learning ini bisa sedikit menghilangkan rasa bosan. Refreshing dikit jadinya. Udah gitu tampilan dari e-learning sendiri juga bisa memikat para peserta didik buat semangat ngerjain karena tampilannya yang menarik. Beda sama buku yang monoton Cuma item putih, atau kalaupun ada yang berwarna ga bisa bergerak kayak animasi di komputer.

Kekurangan e-learning

>> bisa jadi bosen

Buat temen-temen yang merasa tampilan e-learningnya biasa-biasa aja, bisa menyebabkan bosen + males juga nih. Jadi ketertarikan buat belajar bisa ilang gitu aja.

>> kurang berinteraksi

Yaaa namanya juga ga secara langsung belajarnya, jadi malah bikin interaksi antara pengajar dan peserta didik berkurang. Dan bisa menyebabkan canggung ketika ketemu.

>> ga semua punya computer atau hape canggih

Naaah yang satu ini biasanya jadi momok yang mengerikan buat yang masih minim sama komputer dan smartphone. Ke warnet pun pasti full sama yang main game online, ga ada yang belajar sama sekali.

>> ga semua paham internet

Udah punya komputer tapi ga bisa pakenya, cape deeeeh~ ini juga momok yang mengerikan. Fasilitas udah ada, tapi sayang pengertian tentang apa yang mau dikerjain itu masih minim. Apalagi internet, ga semua orang paham internet. Bisa juga si empuna ga ada modem untuk koneksi ke internet. Siapa tauu kaaaan…

>> pengajar belajar lagi

Yaaaak sebagai pengajar bukan berarti ga belajar. Tetep belajar dooong sampe akhir hayat. Cumaaaaa… tadinya si pengajar Cuma menguasai teknik secara konvensional, sekarang-sekarang pengajar malah harus bisa menguasai juga teknik pembelajaran yang pake Komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^