Minggu, 18 Mei 2014

Ancaman melalui IT - Kasus kasus cybercrime


Jenis jenis ancaman melalui IT

Oke, menurut sumber yang el baca ada beberapa jenis-jenis ancaman yang mungkin bakalan kita alami. Tapi jangan sampe yaaak. Apa aja ancamannya?? Cekidooot…

Data Forgery
Nah, ini tuh ancaman yang kejahatannya itu dilakukan dengan cara memalsukan data pada dokumen penting yang tersimpan di scripless di internet. Jadi ceritanya tuh dokumennya dibuat seolah-olah terjadi salah ketik, terus akhirnya si pelaku kejahaan bisa memasukkan data palsu deh ke dokumen itu.

Infrigements Of Privacy
Kalo yang ini kejahatannya itu biasa ditujukkan buat data pribadi seseorang yang udah ersimpan rapi secara computerized. Misalnya data kartu kredit atau pin atm.

Cyber Espionage
Kejahatan yang satu ini biasanya sih kebanyakan dilakukan karena persaingan bisnis. Jadi si pelaku memata-matai program computer atau data dikomputer si korban yang terhubung dengan internet.

Cyber Sabotage and Extortion
Yang ini tuh kejahatannya dengan menyabotase segala data atau program yang ada di computer korban. Biasanya itu dengan memasukkan virus ke computer korban untuk mengganggu, merusak atau menghancurkan data atau program di computer korban.

Offense Against Intellectual Property
Kejahatan yang ini tuh ngambil kekayaan intelektual yang dimiliki sama suatu pihak di internet. Contohnya itu kayak tiru tiru tampilan web orang tanpa izin dari si yang empunya web.

Cyberstalking
Yang suka stalking stalking, tau tau tau?? Cyberstalking ini kejahatan yang dilakukan dengan cara menteror korban. Terornya bisa dengan email yang dikirim berulang-ulang.

Hijacking
Kejahatan yang ini tuh kerjaannya adalah ngebajak-bajak hasil karya orang lain, misalnya pembajakan perangkat lunak.

Cyber terrorism
Ancaman kejahatan yang ini sering banget kita denger. Kenapa? Karena kejahatannya itu berupa ancaman terhadap situs pemerintah atau militer.

Nah kalo tadi jenis-jenis ancamannya, sekarang cuuus ke bagian yang udah terjadi atau kasus-kasus cybercrime atau kejahatan komputer.

Membajak situs web
Ini nih sering terjadi kasus kayak gini. Jadi halaman web orang dibajak seenaknya sama si pelaku. Istilah pengubahan halaman web dikenal dengan istilah deface. Pembajakan itu bisa dilakukan dengan mengeksploitasi lubang keamanan. Dan setiap harinya pasti ada satu situs web yang dibajak oleh orang orang tak bertanggung jawab.

Probing dan port scanning
Kasus yang ini adalah si cracker mengintai targetnya. Cara mengintainya itu dengan melakukan port scanning atau probing untuk melihat servis-servis apa saja yang tersedia di server target. Jadi apa yang lagi dilakukan si target bisa diketahui sama si pelaku, misal hasil scanning menunjukkan bahwa server target menjalankan program web server Apache, mail server Sendmail, dan seterusnya.

Virus
Ga asing banget deh kalo kasus yang ini. Yak virus, virus ini paling umum penyebarannya itu lewat pak mail alias email. Nah si virus ini lanjut dikirim ke tempat lain melalui email.

Denial of Service (DoS) dan Distributed DoS (DDos) attack
Emmm kalo yang ini merupakan serangan yang bertujuan untuk melumpuhkan target (hang, crash). Jadi si target ga bisa memberikan layanan. Serangan ini tuh bikin si target mengalami kerugian finansial karena ga bisa memberikan servis.

Pencurian dan penggunaan account internet milik orang lain
O ow… yang ini pernah ga sih kalian alami?? Biasanya sering banget menyerang media social yang kalian punya. Jadi kasus yang ini tuh Cuma butuh userid sama password aja. Cuma itu aja. tapi akibatnya adalah si yang empunya account sebenarnya jadi ga bisa akses akunnya sendiri atau malah kena beban biaya penggunaan akun tersebut.


Sumber terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^