Sabtu, 24 Mei 2014

Aspek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi


Prosedur pendirian bisnis

Menurut Wikipedia, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Bisnis itu sendiri dijalankan dalam bentuk suatu badan usaha, entah itu badan usaha milik Negara ataupun swasta. Lalu bagaimana prosedur untuk pendirian bisnis atau sebuah usaha??
# Mengadakan rapat antar pemegang saham (jika terdiri dari beberapa orang)
# Dibuatkan akte notaris dan ditandatangani
# Didaftarkan di pengadilan negeri beserta berkas-berkas yang diperlukan
# Diberitahukan dalam lembaran Negara
Untuk perusahaan perseorangan, cukup dengan meminta surat usaha dan surat tempat usaha kepada pemda setempat.

Kontrak kerja
Kontrak kerja adalah suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan/atau tulisan, baik untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban. Setiap perusahaan wajib memberikan kontrak kerja di hari pertama anda bekerja. Dalam KONTRAK KERJA biasanya terpapar dengan jelas pekerja memiliki hak mendapat kebijakan perusahaan yang sesuai dengan Undang- undang ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia. Di dalamnya juga memuat mengenai prosedur kerja dan kode disiplin yang ditetapkan perusahaan. 

Prosedur pengadaan
Prosedur pengadaan tenaga kerja antara lain :

# Perencanaan Tenaga Kerja
Merupakan penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya. Penentuan kuantitas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu time motion study dan peramalan tenaga kerja. Sedangkan penentuan kualitas dapat dilakukan dengan Job Analysis.
# Penarikan Tenaga Kerja
Dapat diperoleh melalui dua sumber, yaitu internal dan eksternal. Sumber internal berarti menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama, nepotisme bahkan kekeluargaan. Sedangkan sumber eksternal berarti menarik tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga pendidikan ataupun melalui advertising.

# Seleksi Tenaga Kerja
Lima tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan). Terdapat dua pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu Succecive Selection  Process (seleksi yang dilaksanakan secara bertahap atau sistem  gugur) dan  Compensatory  Selection  Process (seleksi dengan memberikan kesempatan  yang sama pada semua calon untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.

# Penempatan Tenaga Kerja
Merupakan proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara kualifikasi yang bersangkutan dengan job specificationnya.

Kontak bisnis
Kontak bisnis adalah seseorang dalam sebuah perusahaan klien atau organisasi lainnya yang lebih sering dihubungi dalam rangka keperluan bisnis.

Pakta integritas
Pakta Integritas adalah surat pernyataan yang ditandatangani oleh pengguna barang atau jasa atau panitia pengadaan/pejabat pengadaan/penyedia barang/jasa yang berisi ikrar untuk mencegah dan tidak melakukan KKN dalam pelaksanaan  pengadaan barang/jasa [Keppres No.80/2003 pasal 1]

Tujuan Pakta Integritas :
# mendukung sektor publik untuk dapat menghasilkan barang dan jasa pada harga bersaing tanpa adanya korupsi yang menyebabkan penyimpangan harga dalam pengadaan barang dan jasa barang dan jasa.
# mendukung pihak penyedia pelayanan dari swasta agardapat diperlakukan secara transparan, dapat diperkirakan,dan dengan cara yang adil agar dapat terhindar dari adanya upaya "suap" untuk mendapatkan kontrak dan hal ini pada akhirnya akan dapat mengurangi biaya-biaya dan meningkatkan daya saing.


Sumber terkait :
Staffsite iqbal habibie : http://goo.gl/aUx8Pa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^