Minggu, 18 Mei 2014

IT Forensics - IT Audit Trail - Real Time Audit

IT Forensics

IT Forensics?? Apaan tuh??

IT forensics itu penggunaan sekumpulan prosedur untuk melakukan pengujian secara menyeluruh suatu sistem komputer dengan mempergunakan software dan tool untuk memelihara barang bukti tindakan kriminal. Ada lagi pengertiannya menurut Noblett, yaitu berperan untuk mengambil, menjaga, mengembalikan, dan menyajikan data yang telah diproses secara elektronik dan disimpan di media komputer. Ada juga menurut Judd Robin, bahwa IT forensics yaitu penerapan secara sederhana dari penyidikan komputer dan teknik analisisnya untuk menentukan bukti-bukti hukum yang mungkin.

Tujuannya apaan sih??
Tujuannya itu untuk mengamankan dan menganalisa bukti-bukti digital dari suatu kejahatan berupa computer fraud atau computer crime.


Terus elemen-elemen utama dari IT Forensics itu apa aja yaa??
[Satu] Identifikasi dari bukti digital
[Dua] Penyimpanan bukti digital
[Tiga] Analisa bukti digital
[Empat] Presentasi bukti digital

IT Audit Trail

Pengertian audit IT itu apa yaa??

Kalo secara umum, audit It itu adalah suatu proses kontrol pengujian terhadap infrastruktur teknologi informasi dimana berhubungan dengan masalah audit finansial dan audit internal. Jadi si audit trail ini secara default akan mencatat waktu, user, data yang diakses dan berbagai jenis kegiaran. Naaaah karena si IT Audit trail inilah kegiatan dalam program yang bersangkutan diharapkan bisa dicatat dengan baik.

Metodologi audit IT itu apa aja yak tahapan-tahapannya??

[Satu] Tahapan perencanaan
[Dua] Mengidentifikasi resiko dan kendali
[Tiga] Mengevaluasi kendali dan mengumpulkan bukti-bukti
[Empat] Mendokumentasikan
[Lima] Menyusun Laporan

Real Time Audit

Real time audit?? Apalagi itu??

Real time audit atau yang biasa disebut RTA merupakan sebuah sistem manajemen kegiatan online yang menggabungkan sistem kegiatan manajemen dengan sistem monitoring dan evaluasi.


Sumber terkait :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^