Selasa, 06 Mei 2014

Mahasiswa Skrip[sweet] : Part 1

Haloooooooooooooooooo… ah akhirnyaaa el posting lagi setelah sekian lama blog ini terbengkalai. Maaf yaa blogku sayaaaaang *kecup blog*
Ada yang udah jadi mahasiswa tingkat akhir? Ada? Ada? Ada??

Yaaak inilah yang sedang el rasakan. Mahasiswa tingkat akhir. Tingkat 4 alias semester 8, jurusan sistem informasi fakultas ilmu komputer.

Tahun ini el dan semua teman teman yang mulai menjadi mahasiswa tahun 2010 harus sudah keluar dari kampus. Kita semua harus focus supaya bisa lulus tepat waktu tanpa nambah semester, biar ga nambah pengeluaran juga soale emak babe udah ngewanti wanti cepet kelar. Hehehe… Bosen juga mungkin yak kampusnya ngeliat mahasiswa yang kayak gue. Hahahaa…


Mungkin beberapa kampus malah ada yang mahasiswanya udah nyampe pertengahan skripsi atau bahkan ada yang udah siding dan tinggal nunggu wisuda. Aaah senangnya kalau lihat teman teman yang udah pake toga. Mohon bantu do’a nya yaa biar segera menyusul pake toga juga. Aamiin..

Dikampus el, kita masuk semester baru itu awal maret. Terus sekitar pertengahan april, dikasih tau lewat pengumuman di website jurusan tentang nama-nama yang secara otomatis dapet SK langsung tanpa harus mengajukan proposal.

"Gimana caranya el? Kok ga pake proposal?"

Naaah ini banyak banget nih yang nanya begini. 
Jadi begini… dikampus el ada sedikit perbedaan dengan kampus kampus lainnya yang in syaa Allah memudahkan semua. Untuk mahasiswa yang IPK nya lebih dari 3,25 dipastikan dapet SK tanpa perlu proposal. Tapi tiap tahun emang ga selalu 3,25 untuk IPK minimalnya. Untuk yang dapet SK langsung itu, tinggal nunggu info selanjutnya tentang Dosen Pembimbing (DP). Ini dia nih yang sering bikin degdegan mahasiswa. Pada nebak nebak siapa DP nya, terus kalo udah tau langsung kepoin segala media social yang mungkin aja DP nya punya. Dan buat yang SK langsung ga perlu cari cari DP karena udah di tentuin dari kampus siapa DP nya.

Beda lagi dengan IPK yang dibawah 3,25 tapi pengen skripsi, mereka bisa ngajuin proposal dan milih sendiri dosen yang mereka mau. Tapi, belum tentu langsung diterima juga, tergantung si Dosen mau membimbing atau ga. Dan terkadang dari jurusan suka di ubah DP nya kalo SK untuk yang proposal udah turun. But, semua tetap semangaaaaat skrip(sweet). Yeaaaaaaaah…

Ada juga jalur kompre buat mahasiswa yang males buat skripsi atau memang sudah dipastikan ga skripsi dilihat dari nilainya. Jadi mahasiswa harus milih salah satu dari tiga pilihan ujian kompre. Masing-masing pilihan terdiri dari tiga mata kuliah yang harus dipelajari. Dan sidangnya nanti ditanya Tanya seputar mata kuliah itu dan saling dikaitkan. Agak horror emang. Soale kalo siding skripsi yang ditanya pasti ga bakalan jauh jauh dari apa yang kita tulis di skripsi. Sedangkan kompre, kita Cuma bisa nebak nebak kira-kira pertanyaan apa yang bakalan ditanyain sama dosen penguji. Tapi semua itu pasti bisa dilewati demi kelulusan. Ganbatte kudasai…

Pertengahan April pas tau nama-nama yang SK langsung siapa, el sempet syok. Kenapa? Karena dari 1700 sekian mahasiswa jurusan sistem informasi di kampus el, yang dapet SK langsung Cuma 195 orang. Cuma sekitar 10% mahasiswa yang skripsi. Alhamdulillah el salah satu diantaranya, di urutan ke 55. Hehehe.. Tapi yang skripsi dengan ngajuin proposal belum masuk hitungan persen bareng yang SK langsung. Mungkin jadi sekitar 20% sama yang ngajuin proposal. Dan tahun ini kami harus udah keluar dari kampus ’tercinta’.

Dikelas el Cuma 5 orang yang skripsi. Ada Aldiana Permatasari, Frisca Ariesha Ardiellaputri, Intan Bahari, Shinta Ratnasari dan el. Dan kami berlima ketar ketir nunggu nama DP keluar. Hari demi hari kita lewati dengan obrolan seputar tebak-tebakan siapa DP kita, materi apa yang mau diajuin buat skripsi, DP nya gampang ditemuin atau ga, materi diterima atau ditolak, campur campur segala rupa deh. Bahkan sampai minggu ketemu minggu lagi. Sempet ngerasa putus asa gegara di PHP-in sama jurusan. Wkwkwkwk…

Daaaaaaaaaaaaaaaaan… akhirnya awal Mei ini nama DP udah keluar. Kita berlima beda-beda DP nya, dan mulailah kita kepo-in staffsite DP masing-masing.

Yaaaak segini aja dulu curhatan el tentang awal awal masa penantian DP tercinta. Hehehe…
Buat yang lagi jadi mahasiswa akhir juga, semangaaaaaaaaaaaaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^