Sabtu, 24 Mei 2014

Model Pengembangan Standar Profesi

Jenis-jenis + Deskripsi Profesi di Bidang IT

Sistem analis
orang yang bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan. Beberapa job desc dari sistem analis adalah :
# Memperluas atau memodifikasi sistem untuk melayani tujuan baru atau meningkatkan alur kerja.
# Menguji, memelihara, dan memantau program komputer dan sistem, termasuk koordinasi instalasi program komputer dan sistem.
# Mengembangkan, dokumen dan merevisi prosedur desain sistem, prosedur pengujian, dan standar kualitas.
# Menyediakan staf dan pengguna dengan membantu memecahkan masalah komputer terkait, seperti malfungsi dan masalah program.


Programmer
orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program (aplikasi maupun system operasi) sesuai system yang dianalisa sebelumnya. Beberapa job desc dari programmer adalah :
# Memperbaiki kesalahan dengan membuat perubahan yang sesuai dan memeriksa kembali program untuk memastikan bahwa hasil yang diinginkan yang dihasilkan.
# Melakukan percobaan menjalankan program dan aplikasi software untuk memastikan bahwa mereka akan menghasilkan informasi yang dikehendaki dan bahwa instruksi sudah benar.
# Menulis, mengupdate, dan memelihara program komputer atau paket perangkat lunak untuk menangani pekerjaan tertentu seperti pelacakan inventaris, menyimpan atau mengambil data, atau mengontrol peralatan lainnya.

Web designer
orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web

Web programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer yang telah dirancang sebelumnya.

Technical engineer
Atau sering disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat system computer

Networking engineer
orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting

EDP Operator
orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya

System Administrator
orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah system

Standar Profesi ACM dan IEEE

ACM (Association For Computing Machinery) adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan komputer pertama didunia yang pernah mensponsori suatu kegiatan konferensi dan pertandingan catur yang bertujuan untuk memperkenalkan inovasi baru.
ACM lebih fokus pada ilmu komputer teoritis dan aplikasi pengguna akhir. Dan ACM sendiri memiliki empat ‘Boards’, yaitu :
# Publikasi
# SIG Governing Board
# Pendidikan, dan
# Badan Layanan Keangotaan

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah organisasi profesi nilaba yang terdiri dari banyak ahli dibidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industry dan rekayasa yang mencakup telekomunikasi, jaringan computer, kelistrikan, antariksa dan elektronika.
Standar dalam IEEE adalah mengatur fungsi, kemampuan dan interoperabilitas dari berbagai macam produk dan layanan yang mengubah cara orang hidup, bekerja dan berkomunikasi.
Proses pembangunan IEEE standar dapat dipecah melalui tujuh langkah dasar yaitu Mengamankan Sponsor, Meminta Otorisasi Proyek, Perakitan Kelompok Kerja, Penyusunan Standard, Pemungutan suara, Review Komite dan Final Vote.

Standar Profesi di Indonesia dan Regional
Di setiap perusahaan yang bergerak di bidang IT atau memanfaatkan tenaga IT, memiliki standar masing-masing untu profesi yang diperlukan dalam perushaannya. Namun Indonesia telah berusaha untuk menetapkan standar profesi khususnya di bidang ini untuk mempersiapkan diri di era perdagangan global.
Dalam prosesnya, Indonesia menunjuk IPKIN untuk menyelanggarakan workshop dengan harapan bisa memformulasikan standard untuk di Indonesia dengan deskripsi pekerjaan dari klasifikasi suatu pekerjaan.


Sumber terkait :
Staffsite iqbal habibie : http://goo.gl/aUx8Pa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun sudah dibaca postingannya... Monggo dipersilahkan komentarnyaaaa ^_^